Adu Strategi Indosat, XLSmart, dan Telkomsel Hadapi Lonjakan Trafik Libur Nataru
Operator seluler Telkom, XLSmart, dan Indosat Ooredoo Hutchison, bersiap menghadapi potensi lonjakan trafik komunikasi pada periode Natal dan Tahun Baru 2026. Kesiapan mencakup peningkatan kapasitas, optimasi, dan penempatan tim siaga di lokasi-lokasi strategis yang diprediksi sebagai pusat aktivitas masyarakat.
Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) memastikan kesiapan jaringan untuk menghadapi peningkatan kebutuhan komunikasi menjelang periode Nataru 2026. Indosat meningkatkan kapasitas jaringan hingga 20% dibandingkan rata-rata harian.
Penguatan jaringan tersebut didukung lebih dari 210.000 BTS 4G dan 5G. Selain itu sejumlah Mobile BTS (MBTS) juga disiagakan di berbagai wilayah guna mengantisipasi lonjakan trafik data di akhir tahun.
President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, mengatakan periode akhir tahun merupakan momen penting bagi masyarakat untuk tetap terhubung.
“Di tengah meningkatnya kebutuhan komunikasi, kami berupaya menghadirkan layanan yang andal dengan dukungan teknologi berbasis AI, sehingga pelanggan dapat tetap terhubung dengan aman dan nyaman,” ujarnya dalam pernyataan resmi yang dikutip Rabu (24/12).
Optimalisasi jaringan juga dilakukan di lebih dari 500 titik aktivitas utama, termasuk bandara, pelabuhan, pusat perbelanjaan, tempat ibadah, dan destinasi wisata. Selain itu, Indosat memperkuat jaringan di 55 rute perjalanan seperti jalan tol, jalan dalam kota, dan jalur kereta api untuk menjaga kualitas konektivitas selama mobilitas masyarakat meningkat.
Pada periode ini, Vikram mengungkap Indosat mengimplementasikan teknologi AIvolusi5G, yang mengombinasikan kecerdasan artifisial dan jaringan 5G. Teknologi tersebut memungkinkan layanan yang lebih aman, cerdas, dan responsif. Indosat juga memperkuat perlindungan pelanggan melalui fitur anti-spam dan sistem penyaring ancaman digital.
Strategi XLSmart
PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART) menyiapkan jaringan terintegrasi untuk menghadapi lonjakan trafik selama periode Natal dan Tahun Baru 2026. Perusahaan memprediksi peningkatan trafik data sebesar 20–30% dibandingkan hari normal.
Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, XLSMART meningkatkan kapasitas jaringan hingga dua sampai tiga kali lipat dari kondisi biasa. Penguatan dilakukan di 138 jalur utama perjalanan di seluruh Indonesia, termasuk di sepanjang jalur tol baru Yogyakarta–Solo.
Direktur & Chief Technology Officer XLSMART, Shurish Subbramaniam, mengatakan kesiapan jaringan dilakukan untuk menjaga kenyamanan pelanggan selama libur akhir tahun. Ia menyebut lonjakan trafik dipicu meningkatnya mobilitas masyarakat serta penggunaan layanan digital seperti streaming, gim, dan media sosial.
XLSMART juga menyiagakan 101 unit Mobile BTS di jalan tol, destinasi wisata, dan pusat keramaian untuk menjaga kualitas jaringan. Selain itu, penguatan dilakukan di jalur mudik utama di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.
Pemantauan jaringan dilakukan selama 24 jam melalui pusat operasi XLSMART, dengan dukungan lebih dari 209 ribu BTS secara nasional. Perusahaan memastikan layanan komunikasi dan data tetap andal bagi pelanggan selama periode Natal dan Tahun Baru 2026.
Upaya Telkomsel
Telkomsel menyiapkan jaringan dan layanan untuk menghadapi lonjakan trafik komunikasi selama periode Nataru 2026. Perusahaan memprediksi peningkatan penggunaan layanan data, terutama video streaming, media sosial, dan gim daring.
Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, Telkomsel mengoptimalkan jaringan 4G dan 5G di 437 titik keramaian, termasuk pusat perbelanjaan, jalur mudik, bandara, pelabuhan, kawasan permukiman, dan rumah ibadah. Telkomsel juga mengoperasikan 15 Posko Siaga Network untuk memantau kualitas jaringan selama periode NARU.
Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna, mengatakan penguatan jaringan dilakukan untuk menjaga kualitas layanan di momen dengan trafik tertinggi.
“Kami memastikan jaringan Telkomsel tetap andal agar pelanggan dapat menikmati layanan komunikasi dan digital selama Natal dan Tahun Baru,” ujarnya dalam siaran pers, pada November (28/11) lalu.
Jaringan 5G Telkomsel tetap tersedia di kota-kota prioritas dan akan didukung lebih dari 5.000 BTS 5G hingga akhir 2025. Telkomsel juga memperkuat jaringan dengan teknologi AI Autonomous Network serta melakukan modernisasi perangkat dan perbaikan proaktif untuk menjaga kualitas layanan internet rumah.
Selain kesiapan jaringan, Telkomsel menyiapkan layanan pelanggan melalui 17 Posko Utama, 13 Posko Reguler, serta satu Posko Digital di TikTok. Layanan yang tersedia meliputi migrasi kartu SIM dan eSIM, bantuan MyTelkomsel, serta penukaran Telkomsel POIN.
Pelanggan juga dapat mengakses layanan Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel, situs telkomsel.com, GraPARI, Call Center 188, media sosial @Telkomsel, dan mitra Outlet Siaga di seluruh Indonesia.