Media Promosi Online, Pengertian, dan Jenis-jenisnya

pixabay.com/377053
Ilustrasi, mesin pencari atau search engine Google, yang memiliki fitur layanan media promosi online, yakni Google Ads.
Penulis: Agung Jatmiko
11/12/2023, 13.50 WIB

Media promosi online saat ini merupakan kanal pemasaran yang paling diminati, baik oleh pelaku usaha kecil, menengah, hingga perusahaan yang sudah berskala besar. Jangkauan yang luas, serta efektivitasnya, membuat strategi promosi ini menjadi pilihan utama, dibandingkan kanal pemasaran konvensional.

Secara harafiah, media promosi online berasal dari gabungan tiga kata, yakni "media", "promosi", dan "online". Kata media dapat diartikan sebagai perantara, yaitu sarana yang digunakan seseorang untuk menyampaikan suatu pesan kepada publik.

Sementara, kata promosi dapat diartikan sebagai sarana yang digunakan dalam mendukung kegiatan pengenalan produk atau jasa kepada masyarakat. Lalu, kata "online" mengacu pada infrastruktur, dalam hal ini adalah internet.

Pengertian Media Promosi Online

Berdasarkan paduan dari kata-kata "media", "promosi", dan "online", media promosi online merupakan aktivitas promosi untuk memperkenalkan suatu produk dan/atau jasa. Proses pemasaran yang dimaksud, dilakukan secara online menggunakan media internet dan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Aktivitas pemasaran menggunakan media promosi online ini mencakup seluruh rangkaian, mulai dari perencanaan, tindakan, pelayanan hingga pengiriman produk. Sesuai dengan namanya, sebagian besar aktivitasnya menggunakan internet.

Salah satu faktor yang menjadikan promosi online lebih sering digunakan adalah karena jumlah pengguna internet yang semakin hari memang semakin banyak. Hal ini jelas sangat menguntungkan, karena memudahkan proses pemasaran dan penjualan.

Ada banyak alasan mengapa sebagian besar pelaku usaha memilih menggunakan media promosi online sebagai sarana pemasaran produk. Selain memiliki jangkauan yang luas, kanal pemasaran ini menyimpan sejumlah keunggulan, antara lain:

  • Mempermudah penargetan konsumen.
  • Media promosi online mampu membantu pelaku usaha membangun brand awareness lebih efektif.
  • Membantu pelaku usaha menjalin komunikasi dengan konsumen.
  • Melalui media promosi online, pelaku usaha mampu mendapat masukan atau saran langsung dari konsumen.
  • Meningkatkan daya saing pelaku usaha.
  • Biaya pemanfaatan media promosi online lebih kompetitif dibandingkan kanal pemasaran konvensional.

Jenis-jenis Media Promosi Online yang Efektif

Saat ini terdapat berbagai macam media promosi online yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha, untuk memperkenalkan produk barang dan/atau jasa kepada publik, sebagai calon konsumen.

Di antara banyak media promosi online yang ada, terdapat delapan jenis yang tergolong populer digunakan oleh pelaku usaha. Dilansir dari majoo.id, delapan media promosi tersebut adalah sebagai berikut.

1. Google Shopping

Google Ads merupakan media promosi online yang memiliki beragam pilihan campaign yang bisa dipilih. Jika pelaku usaha memiliki tujuan meningkatkan penjualan, layanan atau fitur Google Shopping bisa menjadi campaign yang relevan untuk dipilih.

Media promosi online dalam bentuk Google Shooping ini berisi gambar produk, harga, dan link atau tautan langsung ke toko online pelaku usaha. Informasi spesifik ini, sangat cocok untuk audiens yang memang siap berbelanja.

Untuk menggunakan media promosi online ini, pelaku usaha harus terlebih dahulu membuat akun Google Ads dan Google Merchant Center. Saat ada orang yang memasukkan suatu keyword di Google dan memilih bagian "Shopping" di halaman hasil pencarian, di sana lah iklan akan muncul.

2. Facebook Ads

Salah satu media sosial paling populer di dunia ini, juga memiliki fitur atau layanan untuk pemasaran. Dengan status Indonesia sebagai salah satu dari 5 besar negara dengan pengguna Facebook terbanyak, Facebook Ads menjadi salah satu media promosi online paling efektif.

Facebook Ads dinilai sebagai media promosi online yang efektif, karena pengguna Facebook di Indonesia yang sangat beragam, mencakup berbagai kalangan kelas, dan usia. Ini memudahkan pelaku usaha untuk menentukan target iklan dengan spesifik.

Keuntungan lain Facebook Ads sebagai media promosi online adalah, iklan yang dibuat tidak hanya ditampilkan di Facebook. Melainkan juga di situs lain yang telah bekerja sama dengan Facebook.

3. Instagram Ads

Instagram merupakan media sosial yang berada dalam naungan Facebook, yang saat ini berada di bawah Meta Platforms Inc. Untuk melakukan media promosi online melalui Instagram Ads, caranya cukup mudah, yakni langsung dapat dipasang lewat aplikasi Instagram. Biaya pemasangan iklan di Instagram Ads ini, adalah sebesar Rp 20.000.

4. Twitter Ads

Media promosi online paling efektif lainnya adalah Twitter. Salah satu media sosial yang populer di dunia ini, tidak hanya menyediakan satu fitur untuk mempromosikan produk dan/atau jasa. Melainkan ada beberapa, yaitu "promoted tweet", "promoted accounts", hingga "promoted trends".

5. TikTok Ads

TikTok merupakan media sosial yang tergolong baru, dibandingkan Facebook, maupun Instagram. Namun, seiring berjalannya waktu, media sosial asal Tiongkok ini menjelma sebagai salah satu yang populer. Media sosial yang kerap digunakan untuk berekspresi ini, saat ini juga dapat digunakan sebagai media promosi online.

Layanan media promosi online dari TikTok adalah TikTok Ads, yang merupakan salah satu media promosi yang efektif, menguntungkan, dan tidak memerlukan biaya iklan.

Selain fitur iklan, media promosi online berbentuk TikTok Ads juga memampukan pelaku usaha bisa mudah meningkatkan orang yang melihat video secara organik. Di TikTok terdapat fitur For You Page (FYP), di situ pelaku usaha dapat melihat postingan dari akun yang relevan meskipun tidak mengikuti (follow) akun lain.

Menggunakan TikTok Ads sebagai media promosi online dapat dilakukan dengan beberapa cara, utamanya agar konten yang dibuat masuk FYP. Beberapa cara yang dimaksud, misalnya dengan mengikuti tren, menggunakan hashtag yang relevan, serta mengikuti "challenge".

6. YouTube Ads

Media promosi online paling efektif berikutnya yang bisa dimanfaatkan adalah YouTube Ads, yang dinilai sangat efektif memasarkan produk berkat jangkauannya yang luas.

7. Marketplace

Marketplace tidak hanya berfungsi sebagai media atau kanal berjualan, tapi juga dapat membantu bisnis agar semakin dikenal. Masing-masing marketplace biasanya telah menyediakan fitur iklan yang bisa dimanfaatkan sebagai media promosi online.

Memanfaatkan marketplace sebagai media promosi online bisa dilakukan dengan mudah. Misalnya, dengan membuat katalog yang bagus dan rapi, sehingga informasi terkait produk bisa disalurkan dengan baik.

8. Endorsement

Selain menggunakan fitur ads di media sosial seperti Instagram, YouTube, TikTok, hingga Twitter sebagai media promosi online, pelaku usaha juga bisa menggunakan jasa endorsement untuk memasarkan produk.

Endorsement dilakukan oleh para influencer yang telah memiliki jumlah follower yang banyak. Untuk menjadikan endorsement sebagai media promosi online yang efektif, pelaku usaha harus cermat memilih influencer, yakni sesuai dengan target pasar.