Packing Adalah Pengemasan Barang, Ini Fungsi dan Tujuannya

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.
Ilustrasi, seorang pekerja menyelesaikan kemasan produk kuliner di Rumah Kemasan, Bandung.
Editor: Agung
22/8/2022, 18.07 WIB

Packing berasal dari bahasa Inggris yang artinya pengepakan. Packing dibutuhkan untuk memuat barang-barang dalam suatu wadah. Fungsi packing untuk membungkus suatu barang supaya awet, rapi, dan tidak mudah rusak.

Dalam teknik teknologi pangan ada beberapa proses seperti pengawetan, pengemasan, dan penyimpanan. Pengemasan atau pengepakan berfungsi menjaga makanan supaya awet. Ada juga kedap udara yang dibutuhkan dalam pengemasan barang-barang supaya tidak mudah rusak. Berikut penjelasan tentang packing dan kedap udara.

Pengertian Packing

Packing adalah proses pengemasan barang dengan cara membungkus. Pengemasan suatu produk dapat menentukan daya tahan barang seperti makanan, minuman, dan lainnya. Tujuan packing ini supaya barang tidak rusak, kondisinya tidak berubah, dan tidak mudah pecah.

Selain itu packing berfungsi untuk melindungi barang. Pengemasan dapat melindungi barang dari kerusakan luar. Contohnya saja gelas kaca yang dibungkus dalam wadah tidak mudah pecah. Pemilihan kemasan ini juga berfungsi mempromosikan penjualan barang.

Misalnya kemasan berperan dalam pengelompokan barang. Barang yang dikemas berukuran kecil dan besar akan dipisahkan dan ditempatkan berbeda. Pengelompokan packing kecil ini membantu penjual untuk membedakan barang lainnya.

Definisi Kedap Udara

Dalam buku Mandiri Belajar Tematik SD/MI Kelas 3 Semester 2, pengemasan kedap udara artinya proses packing yang tidak dapat dimasuki oleh udara. Sehingga barang kedap udara untuk menjaga kualitas. Pengemasan kedap udara ini misalnya membantu menjaga makanan lebih tahan lama. Makanan yang dibungkus lebih awet dibanding kemasan biasa.

Menurut KBBI, kedap udara adalah tidak mudah dimasuki atau ditembus oleh udara. Pengemasan kedap udara berfungsi menjaga makanan untuk segi rasa, aroma, dan penampilan. Contohnya saja penggunaan mesin vacuum packaging untuk mengemas ikan mentah dalam plastik kedap udara.

Fungsi Kedap Udara dalam Makanan

Udara akan mempengaruhi rasa, penampilan, dan aroma dalam makanan. Pengemasan kedap udara baik mentah atau matang dapat mengurangi mikroorganisme yang berkembang. Mikroorganisme ini berkembang dalam udara yang menyebabkan kerusakan pada makanan.

Pengemasan kedap udara berguna memperpanjang masa penyimpanan. Sehingga makanan bisa bertahan selama beberapa hari hingga tahunan. Pengemasan kedap udara ini membantu penjual untuk mengirimkan makanan ke lokasi yang jauh.

Dalam buku Tematik 6E Kewirausahaan Kurikulum 2013, berikut cara kerja pengemasan kedap udara:

  • Siapkan bahan makanan
  • Pakai mesin kedap udara
  • Masukkan makanan yang akan disimpan lalu dibungkus
  • Bungkus makanan sampai tepian menggunakan kantong plastik transparan
  • Kemasan lalu diletakkan dalam mesin
  • Pompa mesin sampai mengeluarkan udara dari kemasan
  • Tunggu hingga mesin pemanas membuat tepian segel kantong plastik
  • Panas dan tekanan mesin membuat kantong plastik kedap udara sehingga melindungi makanan.