Apa Itu Sustainability? Ini Pengertian dan Cara Mencapainya

Freepik
Sustainability
Editor: Agung
20/9/2023, 13.09 WIB

Bagi pecinta lingkungan, istilah sustainability tentunya sudah bukan hal asing lagi. Pasalnya, istilah ini kerap dijumpai dalam penerapan metode ramah lingkungan yang ada di kehidupan sehari-hari.

Meskipun demikian, sustainability tidak hanya digunakan untuk sesuatu yang berkaitan dengan lingkungan saja. Hal ini dikarenakan sustainability juga dapat diterapkan saat menjalankan suatu bisnis atau usaha. 

Lantas, apa itu sebenarnya sustainbilty? Berikut di bawah ini informasinya mulai dari pengertian hingga cara mencapainya dalam bidang bisnis. 

Apa Itu Sustainability? (Freepik)

Apa Itu Sustainability?

Sustainability berasal dari sebuah kata dalam bahasa Inggris yang memiliki arti 'keberlanjutan'. Istilah ini banyak dipakai oleh pecinta lingkungan untuk menjelaskan gagasan bahwa sumber daya alam yang kita miliki sebenarnya terbatas karena ada beberapa sumber daya yang tak dapat diperbarui.

Oleh karena itu, penggunaannya harus diperhatikan agar sumber daya tersebut tidak cepat habis dan manfaatnya dapat dinikmati terus-menerus.

Sebagai sebuah konsep, sustainability bisa diterapkan di berbagai bidang untuk melakukan aktivitas secara terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun dengan catatan bahwa penggunaan sumber daya apa pun yang dibutuhkan tidak dilakukan secara berlebihan sehingga kegiatan-kegiatan yang membutuhkan sumber daya tersebut pun dapat dijalankan secara berkelanjutan.

Dalam bidang bisnis, konsep semacam ini bisa dilakukan dengan bisnis berkelanjutan atau business sustainability.

Setiap pebisnis tentu memiliki keinginan supaya bisnis yang dimiliki mampu bertahan lama dan menghasilkan keuntungan terus menerus. Bahkan, banyak juga diantara mereka yang berekspektasi tinggi bahwa bisnis yang dijalankan juga harus maju dan berkembang.

Ekspektasi itulah yang nantinya bisa diwujudkan dengan menerapkan bisnis berkelanjutan ini. Maka dari itu, pemilik usaha harus paham tentang konsep bisnis berkelanjutan supaya bisa mengambil keputusan yang tepat.

Selain untuk mendapatkan keuntungan, tujuan lain dalam menjalankan bisnis ini juga meliputi berbagai aspek lain terutama aspek lingkungan dan sosial.

Dengan mengusung konsep bisnis ini, pebisnis  juga akan berusaha lebih keras dalam melestarikan lingkungan supaya sumber daya bisnis yang ada bisa dimanfaatkan untuk jangka waktu lebih lama.

Cara yang Tepat untuk Mencapai Business Sustainability

Seorang pebisnis yang telah memahami tentang sustainability, pastinya sudah mampu menyusun strategi tepat agar bisnis yang dijalankan sesuai dengan konsep bisnis berkelanjutan.

Terdapat beberapa cara yang bisa dicoba agar bisnis yang dikendalikan bisa mampu bertahan lama dan meraup keuntungan yang sangat besar, di antaranya:

1. Memaksimalkan Operasional Bisnis

Cara pertama yaitu dengan selalu memastikan bahwa operasional perusahaan bisa berjalan dengan seefisien dan seefektif mungkin. Tanamkan bahwa sumber daya yang digunakan dalam bisnis merupakan sesuatu yang terbatas sehingga bisa habis kapan saja.

Jika sumber daya sudah habis, operasional perusahaan akan menjadi terganggu bahkan berhenti. 

Maka dari itu, tanamkan di pikiran bahwa Anda akan memanfaatkan sumber daya yang ada semaksimal mungkin dan sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh, Anda bisa mengurangi kegiatan yang tidak penting saat malam hari supaya listrik yang digunakan tidak berlebihan.

Contoh lain adalah mengurangi adanya kertas dengan beralih ke platform digital atau aplikasi yang dapat digunakan untuk mengelola administrasi. Beberapa contoh semacam ini tanpa disadari termasuk dalam efisiensi, dimana bisnis mampu bertahan lebih lama.

Efisiensi ini juga bisa memperbesar hasil margin keuntungan. Hal ini dikarenakan biaya yang dikeluarkan dalam proses produksi sudah dipangkas karena memang tidak begitu penting.

Apa Itu Sustainability? (Freepik)

2. Membangun Reputasi Bisnis

Langkah berikutnya yang dapat dilakukan yaitu dengan membangun reputasi bisnis sebaik mungkin. Jika bisnis yang dikelola memiliki reputasi yang baik, maka pelanggan akan terus datang untuk melakukan pembelian sehingga bisnis pun akan semakin mudah bertahan di tengah persaingan yang semakin sengit.

Meningkatkan kualitas produk dan layanan yang diberikan kepada pelanggan secara berkala dapat dilakukan agar reputasi bisnis semakin baik. Cobalah untuk membuat survei kepuasan pelanggan untuk mengetahui produk atau jasa seperti apa yang sebenarnya mereka butuhkan sehingga pengembangan bisnis pun dapat dilakukan dengan terarah.

3. Membangkitkan Kepedulian Terhadap Lingkungan

Sebagai pemilik usaha, Anda juga harus membangkitkan rasa kepedulian terhadap lingkungan. Kepedulian ini bukan hanya pada staf atau karyawan yang terlibat dalam perusahaan, namun juga pelanggan yang datang.

Operasional bisnis sendiri sangat ditentukan oleh keinginan pasar. Jadi meskipun Anda sudah berusaha untuk menerapkan konsep business sustainability, upaya ini kemungkinan besar bisa gagal jika konsumen masih belum teredukasi.

Konsumen yang belum teredukasi biasanya selalu menuntut untuk mendapatkan layanan lebih yang sebenarnya kebalikan dari konsep bisnis berkelanjutan. Oleh karena itu, berikan edukasi penting seperti kantong plastik yang harus diganti dengan kemasan lain seperti paper bag yang ramah lingkungan.

Pelaku bisnis sudah banyak yang mencoba menerapkan langkah ini untuk menciptakan nilai plus pada bisnisnya. Apalagi kesadaran masyarakat sebenarnya juga sudah mengalami peningkatan secara perlahan.