Tiga Pendiri GOTO Bakal Jual Saham, Ada Apa?

GOTO
Manajemen GOTO
20/10/2023, 10.31 WIB

Para pendiri emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO)  berencana melepas kepemilikan sahamnya di perusahaan tersebut.

Melansir keterangan resmi perusahaan di keeterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Andre Soelistyo memiliki rencana untuk menjual saham GOTO sampai 998,15 juta saham seri A, setara 10% dalam jangka waktu menengah.

Lalu William Tanuwijaya berencana menjual saham GOTO sampai dengan sejumlah 3,09 miliar saham seri A, setara 15% dalam jangka waktu menengah.

Sebelumnya, William sudah melego 32,2 juta sahamnya di perusahaaan teknologi tersebut. Transaksi penjualan saham GOTO tersebut terjadi pada 13 Oktober 2023.

"Melissa Siska Juminto tidak memiliki rencana untuk menjual saham yang dimilikinya di perseroan," tulis manajemen GOTO dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (20/10).

Sementara itu, Kevin Aluwi sudah menjual saham GOTO dalam rangka diversifikasi dan menyeimbangkan kembali portofolio pribadinya. Kevin berencana untuk terus melakukan penjualan atas bagian dari saham seri A yang dimilikinya di GOTO.

Perlu diketahui jika Kevin Aluwi saat ini sudah tidak lagi menjabat sebagai karyawan, pejabat, direktur ataupun komisaris perseroan.

Manajemen GOTO turut menjelaskan soal volatilitas sahan perusahaan. Manajemen GOTO menyebut tidak mengetahui adanya informasi atau fakta material yang dapat mempengaruhi nilai efek perusahaan atau keputusan investasi pemodal yang belum disampaikan oleh perseroan kepada publik atau berada di ranah publik.

Di balik renca penjualan saham oleh para pendiri, CEO GOTO Patrick Walujo justru memborong 148,15 juta saham emiten teknologi dengan kapitalisasi pasar terbesar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sebelumnya, Martha Christina, Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Indonesia,  menyebut aksi borong saham yang dilakukan Patrick secara nilai dan volume tidak berdampak signifikan pada pergerakan harga saham GOTO.

Namun, pembelian saham tersebut dapat membantu GOTO meningkatkan optimisme pasar saham. "Nilainya tidak terlalu besar, tetapi pembelian saham ini membantu GOTO untuk meningkatkan optimisme market," ujar Martha dalam acara bertajuk "The Beauty of Index Investing: Index Fund and Capital Market Insights" di Jakarta, pada Selasa (17/10). 

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail