Pasca Stock Split, Harga Saham Baru ISAT Berlaku Pekan Depan

Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Nilai nominal lama saham PT Indosat Tbk (ISAT) akan berakhir pada Jumat (11/10) di seluruh pasar setelah perusahaan melaksanakan pemecahan saham (stock split).
10/10/2024, 15.10 WIB

Nilai nominal lama saham PT Indosat Tbk (ISAT) akan berakhir pada Jumat (11/10) di seluruh pasar setelah perusahaan melaksanakan pemecahan saham (stock split). Harga saham yang baru akan berlaku efektif pada Senin (14/10) di pasar reguler maupun pasar negosiasi.

Berdasarkan pengumuman ISAT di situs keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia atau BEI, peniadaan perdagangan di pasar tunai  untuk saham perusahaan berlangsung pada 14 Oktober sampai dengan 15 Oktober 2024.

"Tanggal terakhir penyelesaian transaksi saham dengan nilai nominal lama yaitu 15 Oktober 2024," tulis manajemen Indosat dalam keterangannya, dikutip Kamis (10/10). Tanggal pencatatan atau recording date jatuh pada Selasa, 15 Oktober 2024.

Perlu dicatat, tanggal mulai perdagangan saham dengan nilai nominal baru di pasar tunai adalah Rabu, 16 Oktober 2024.

Sebagai informasi, ISAT melakukan pemecahan nilai saham atau stock split dengan alasan rendahnya likuiditas atas saham perusahaan. Pemecahan nilai saham dilaksanakan dengan rasio 1:4 atas seluruh saham seri B perseroan yang saat ini berjumlah 8,06 juta saham.

Manajemen Indosat mengatakan pemecahan saham tersebut diharapkan dapat meningkatkan likuiditas saham. ''Selain itu, stock split  dapat menarik minat investor retail,” tulis manajemen ISAT dalam keterangan resmi.

Jika pemecahan saham dilaksanakan, harga saham ISAT akan lebih murah. Pada Senin (12/8) sebelum pembukaan perdagangan, harga saham ISAT berada di level Rp 10.200. Jika dipecah dengan rasio 1:4, harga baru saham ISAT akan menjadi Rp 2.550 per saham.

Stock Split Membuat Saham Lebih Menarik

Senior Investment Information Mirae Asset Nafan Aji Gusta menilai, secara otomatis price to book value (PBV) saham ISAT dapat lebih menarik lagi dengan harga Rp 3.000. PBV adalah salah satu indikator yang digunakan untuk menilai harga saham apakah murah atau mahal.

Nafan menyebut tujuan dari stock split ini untuk meningkatkan minat investor retail. Dengan begitu, keputusan perusahaan untuk melakukan langkah stock split sudah tepat.

''Jadi, nanti likuiditas pada pergerakan harga saham secara otomatis akan terangkat, apalagi kinerja saham ISAT secara fundamental juga bagus,'' kata Nafan kepada Katadata.co.id, Senin (12/8).

Jadwal pelaksanaan pemecaham saham ISAT sebagai berikut:
- Tanggal akhir perdagangan saham dengan nilai nominal lama di seluruh pasar: 11 Oktober 2024
- Tanggal efektif pelaksanaan Pemecahan Saham: 14 Oktober 2024
- Tanggal mulai perdagangan saham dengan nilai nominal baru di Pasar Reguler dan Pasar Negosiasi: 14 Oktober 2024
- Tanggal peniadaan perdagangan di Pasar Tunai: 14 - 15 Oktober 2024
- Tanggal terakhir penyelesaian transaksi saham dengan nilai nominal lama: 15 Oktober 2024
- Tanggal Pencatatan (Recording Date): 15 Oktober 2024
- Tanggal mulai perdagangan saham dengan nilai nominal baru di Pasar Tunai: 16 Oktober 2024

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail