BNI Dukung Earth Hour 2021 bersama Greenpreneur Local Heroes

Katadata
Penulis: Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
27/3/2021, 12.59 WIB

Jakarta-- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI turut aktif dalam mengkampanyekan kepedulian terhadap lingkungan melalui beragam aktivitas menarik. Salah satunya dengan mendukung gerakan Earth Hour sejak 2010. Pada tahun ini, dukungan BNI terhadap bumi dielaborasikan dalam rangkaian aktivitas yang dimulai pada 27 Maret 2021.

Rangkaian kegiatan tersebut antara lain Program BNI GO Green. Perseroan bersama Rumah BUMN BNI mengadakan GREENPRENEUR LOCAL HEROES, yaitu Webinar Belajar Bisnis Kreatif dari Daur Ulang Limbah pada 24 Maret 2021. Kemudian melalui IG LIVE, perseroan juga menggelar  Virtual Tour Belajar Membuat Sustainable Fashion Natural Day pada 25 Maret 2021 yang juga dilaksanakan secara daring.

Rangkaian aktivitas ini diikuti oleh UKM dari Rumah BUMN BNI dari berbagai kota di Indonesia. Dalam kelas Webinar Belajar Bisnis Kreatif Dari Daur Ulang Limbah hadir tiga sosok pelaku usaha inspiratif yang berhasil mengubah sampah menjadi produk kreatif bernilai ekonomi tinggi.

Mereka adalah Elsana Bekti Nugroho, Founder dari Arane Batik Ecoprint. Brand lokal asal Yogyakarta yang menggunakan berbagai macam jenis daun sebagai produk fashion ready to wear yang diproduksi dengan cara eco printing dan ramah lingkungan. Kreativitas dan terobosannya dalam membuat pakaian ramah lingkungan ini berhasil mendapatkan penghargaan dari 14 Kementerian dalam ajang Anugerah Bangga Buatan Indonesia untuk kategori produk fashion pada 2020.

Selanjutnya, Suhardi Widayanto, Founder dari Kalani Wood, Brand lokal yang berhasil mengubah limbah kayu skateboard menjadi produk kacamata dan jam tangan cantik yang disukai pasar Indonesia hingga mancanegara. Inovasi dan kreativitasnya ia pelajari secara otodidak melalui youtube.

Lalu, Nurlailatul Aqifah, Founder dari Nur Fashion Art, yang tidak lain adalah seorang ibu rumah tangga asal Tegal yang berhasil mengubah sampah plastik menjadi produk-produk kreatif seperti tas, sepatu hingga baju pengantin.  Dia berhasil memberikan dampak ekonomi bagi ibu-ibu melalui pemberdayaan masyarakat dalam mengelola sampah rumah tangga.

Corporate Secretary BNI Mucharom mengatakan, melalui kegiatan Kelas Online GREENPRENEUR LOCAL   HEROES ini, BNI berharap akan dapat menggerakkan lebih banyak lagi UKM dan entrepreneur yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan,”dan bisnis berkelanjutan sesuai dengan Triple Bottom Line, yakni People, Planet and Profit .”

Virtual Spotlight

Adapun dalam rangka menyambut Earth Hour 2021 yang bertema Virtual Spotlight, BNI akan ikut serta dalam aktivitas mematikan lampu di gedung– gedung BNI, di kantor pusat maupun cabang di setiap wilayah. BNI juga akan mengkampanyekan gerakan mematikan lampu secara bersamaan selama satu jam kepada seluruh karyawan. Aktivitas mematikan lampu ini juga akan berlangsung di Rumah BUMN BNI di 36 kota Indonesia serta UKM yang tergabung di dalamnya.

Pemadaman lampu selama satu tahun ini tercatat memberi manfaat riil pada penghematan listrik. Sebagai contoh, pada pelaksanaan Earth Hour 2019, BNI berhasil menghemat listrik sebesar 11.392 megawatthour (MWh), meningkat dibandingkan jumlah penghematan listrik pada pelaksanaan Earth Hour 2018 yang mencapai 8.001 MWh. Setiap tahunnya, BNI juga memadamkan lampu di kantor – kantor cabang luar negeri secara bersamaan.

Sustainable Fashion

Menguatkan program Earth Hour bulan ini, pada April 2021, BNI akan mendukung Earth Day atau Hari Bumi, yaitu kampanye Internasional  termasuk di antaranya melindungi keanekaragaman hayati, menaikkan zona hijau, membantu manajemen sampah, bergerak untuk zero waste, melindungi Sumber Daya Alam yang berharga dan lainnya. BNI akan mengenalkan UMKM yang khusus bergerak dalam Sustainable Fashion melalui video digital campaign di berbagai akun official di BNI. Bersama BNI, UKM tersebut mampu menciptakan terobosan produk fashion yang ramah lingkungan  dari bahan baku dan proses pembuatannya.

Program Rumah BUMN merupakan inisiasi Kementerian BUMN. Saat ini BNI membina 36 Rumah BUMN di berbagai kota kabupaten di Indonesia melalui program-program pelatihan, pendampingan, dan pembiayaan serta akses promosi dan pemasaran melalui BNI UKM Unggulan (Bunga Nusantara ). BNI juga mendukung UMKM Naik Kelas dan Go Global melalui pameran produk UMKM di tingkat nasional dan internasional.

Program BNI Go Green merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility BNI dalam meningkatkan kepedulian dan tanggungjawab terhadap lingkungan melalui pendekatan empat mata angin keberlanjutan (compass of sustainability) yang diimplementasikan ke unit bisnis dan supporting sebagai acuan dalam menghasilkan produk dan layanan perbankan yang ramah lingkungan.