PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengatakan, tengah terjadi kendala pada beberapa layanan perbankannya. Nasabah antara lain tak dapat mengakses dan bertransaksi menggunakan layanan mobile banking BCA.
Direktur Utama BCA Jahja Setiatmadja mengatakan, pihaknya tengah berupaya memulihkan beberapa layanan yang sedang mengalami gangguan. Namun, ia tak memberikan penjelasan lebih lanjut terkait penyebab dari gangguan layanan BCA.
"Diusahakan secepatnya pulih. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya," ujar Direktur Utama BCA Jahja Setiatmadja kepada Katadata.co.id, Rabu (2/3).
Jahja mengatakan, nasabah yang ingin melakukan transaksi tarik dan setor tunai, cek saldo, transfer antar BCA ,serta antar bank dapat melakukan transaksi melalui ATM BCA. Selain itu, nasabah juga tetap dapat bertransaksi menggunakan debit dan kartu kredit di mesin EDC BCA.
Adapun nasabah yang mengalami kendala atau membutuhkan informasi, menurut Jahja, dapat menghubungi contact center HaloBCA 1500888, WA Halo BCA 0811 1500 998, twitter @halobca atau webchat www.bca.co.id.
"Berhati-hatilah terhadap berbagai macam modus penipuan. Jaga kerahasiaan data rahasia pribadi kamu dari pihak manapun," kata dia.
Keluhan gangguan layanan muncul di lini massa sempat muncul tadi malam. Nasabah antara lain mengeluhkan tidak dapat mengakses mobile banking BCA. Keluhan tergangguan kembali muncul sore ini. Nasabah kembali mengeluhkan tidak dapat mengakses layanan mobile banking dan internet banking.
Katadata.co.id mencoba mengakses layanan mobile banking BCA pukul 16.24 WIB dan pukul 17.55 WIB. Muncul notifikasi bahwa tengah dilakukan pemeliharaan sistem di mobile BCA sehingga tidak dapat diakses sementara waktu.
Selain layanan mobile banking, gangguan juga terjadi pada internet banking atau klik BCA.
Gangguan juga sebelumnya sempat terjadi pada layanan Bank Mandiri pada Jumat (25/2). Mandiri menjelaskan, ganggun layanan pada aplikasi Livin' by Mandiri terutama terjadi karena tengah terjadi lonjakan transaksi.