Aplikasi Livin Terkendala Seharian, Ini Penjelasan Bank Mandiri

Livin' by Mandiri merupakan aplikasi mobile banking resmi dari Bank Mandiri, untuk mempermudah nasabah mendapatkan layanan perbankan secara online.
Image title
26 Februari 2022, 07:36
Bank Mandiri, Livin, SuperApp
Katadata

Aplikasi mobile banking keluaran Bank Mandiri, yakni Livin' by Mandiri mengalami kendala sepanjang Jumat (25/2). Banyak dari nasabah bank berlogo pita kuning tersebut kesulitan melakukan transaksi di SuperApp ini.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, kendala dialami sebagian nasabah pengguna Livin' by Mandiri dengan logo kuning. Jangankan untuk bertransaksi, sekadar login masuk ke aplikasi tersebut pun nasabah dibuat kewalahan, dan itu dialami sejak Jumat (25/2) pagi. Namun, untuk nasabah pengguna Livin'by Mandiri berlogo biru, masih bisa melakukan transaksi seperti biasa.

Bahkan, menjelang pergantian hari tadi malam (25/2), di Twitter, tagar atau hastag "Livin" masih menjadi trending topik urutan tiga teratas di Indonesia. Banyak juga warga net yang menanyakan penyebab aplikasi perbankan tersebut mengalami gangguan sepanjang hari.

Merespons hal tersebut, Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha meminta maaf atas kendala yang dialami nasabah saat mengakses Livin' by Mandiri. Dia menyatakan, tingginya transaksi yang terjadi pada Jumat (25/2), menjadi penyebab sebagian nasabah bank pelat merah kesulitan mengakses layanan di aplikasi Livin'by Mandiri.

Advertisement

Upaya buka tutup akses juga dilakukan oleh perusahaan dengan kode saham BMRI tersebut, untuk mempercepat akses layanan nasabah. Sebagai informasi, Livin' by Mandiri merupakan aplikasi mobile banking resmi dari Bank Mandiri untuk mempermudah nasabah mendapatkan layanan perbankan secara online.

"Karena adanya lonjakan transaksi yang sangat tinggi dan berdampak pada kenaikan antrian di layanan Livin' by Mandiri, saat ini kami sedang mengurai permasalahan tersebut," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (25/2).

Jelang pergantian hari, Bank Mandiri kembali mengonfirmasi dan memastikan kalau layanan Livin' by Mandiri berlogo kuning telah kembali normal dan sudah dapat diakses untuk bertransaksi. Rudi juga menjelaskan, saat ini pihaknya telah menyelesaikan proses penguraian antrian transaksi yang sempat mengalami lonjakan.

"Saat ini proses penguraian antrian transaksi telah selesai. Kami berterima kasih atas kesabaran nasabah," ujar Rudi dalam keterangan tertulis, Jumat (25/2) malam.

Adapun selama terjadi kendala pada aplikasi Livin'by Mandiri, Bank Mandiri juga mengimbau nasabah untuk memanfaatkan layanan e-channel Bank Mandiri. Untuk melakukan transaksi, nasabah masih bisa menggunakan beberapa layanan, seperti:

  • ATM Bank Mandiri
  • SMS Banking
  • Livin’ by Mandiri (berlogo biru)
  • e-Money
  • Mandiri Debit
  • Mandiri Kartu Kredit
  • Kopra by Mandiri (untuk nasabah wholesale)

Untuk informasi lebih lengkap, nasabah bisa menghubungi Mandiri Call 14000, website resmi www.bankmandiri.co.id dengan memilih menu “Contact Us” atau e-mail [email protected]. Bisa juga melalu Whatsapp Resmi Bank Mandiri 0811-84-14000, serta akun resmi media sosial Bank Mandiri bercentang biru. Bank Mandiri juga mengimbau nasabah untuk berhati-hati terhadap akun palsu yang mengatasnamakan Bank Mandiri.

Di sisi lain, pada hari yang sama Bank Mandiri berkolaborasi dengan platform belanja digital produk Korea, istyle.id. Di mana, terdapat juga kerja sama dengan salah satu partner resmi penjualan merchandise idol Kpop, BTS.

Menyambut kolaborasi tersebut, Bank Mandiri menyelenggarakan program diskon setiap pembelian BTS (The Fact Music Awards) TMA 2021 Photobook Special Edition. Di mana, setiap pembelian menggunakan Livin' by Mandiri berlogo kuning, Mandiri Debit, dan Mandiri Kartu Kredit, nasabah akan memperoleh diskon 30 %, gratis biaya kirim dan voucer belanja senilai Rp 50 ribu (khusus untuk member baru) di iStyle.id.

"Kolaborasi menjadi sangat strategis, karena iStyle.id merupakan salah satu pemain utama di platform e-commerce yang secara khusus menawarkan berbagai produk kecantikan dan gaya hidup, terutama merchandise spesial untuk fans setia BTS atau yang biasa disebut ARMY," kata Senior Executive Vice President Micro & Consumer Finance Bank Mandiri Josephus K. Triprakoso dalam keterangan resminya, Rabu (23/2).

BTS-Mandiri
BTS-Mandiri (Bank Mandiri)

 

Tak hanya potongan harga, nasabah Bank Mandiri juga bisa menikmati promo cicilan 0 % tenor maksimal 24 bulan, dengan minimal transaksi Rp 500 ribu menggunakan Mandiri Kartu Kredit. Adapun periode promo tersebut akan berlangsung selama satu bulan penuh, mulai 1 Maret 2022 hingga 31 Maret 2022, dengan memperhitungkan kuota.

BTS TMA 2021 Photobook Special Edition, yang akan dirilis untuk kedua kalinya setelah sebuah album photo yang menampilkan momen-momen spesial dengan The Fact Music Awards 2020 tahun lalu, membahas music (Music), kehidupan (Life), masa muda (Youth), dan kesuksesan (Success) dari BTS dengan hubungan antara ‘kau dan aku’, ‘dunia dan kita’, serta ‘hari ini dan esok’.

Album Photo BTS yang diluncurkan ini terdiri dari 160 halaman, dilengkapi dengan mini bromide, photo card dan poster.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait