Belanja di Thailand Bisa Gunakan QRIS BCA, Tak Harus Tukar Uang

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Ilustrasi. BCA Mobile kini memfasilitasi fitur pembayaran QRIS di Thailand.
1/9/2022, 12.23 WIB

PT Bank Central Asia Tbk (BCA)  mengapresiasi Bank Indonesia atau BI yang telah resmi mengimplementasikan secara penuh transaksi QRIS di Thailand guna mempermudah transaksi pembayaran masyarakat Indonesia. Selain itu, sebagai salah satu inisiatif dalam pengembangan digitalisasi keuangan. 

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn, mengatakan BCA sebagai perbankan nasional mendukung kebijakan regulator dalam upaya mendorong digitalisasi di kancah global melalui penerapan QRIS.

Dirinya mengatakan sejak Senin (29/8) lalu, fitur QRIS cross border Indonesia-Thailand telah tersedia di BCA mobile versi terbaru 2.9.5 dan dapat digunakan oleh nasabah dalam transaksi finansialnya. “BCA berpartisipasi sebagai issuer dan acquirer,” kata Hera saat dihubungi Katadata, dikutip Kamis (1/9).

Lebih lanjut, Hera mengatakan fitur QRIS cross border Indonesia-Thailand diimplementasikan sebab kondisi pariwisata kedua negara yang meningkat pesat setelah pelonggaran mobilisasi di masa pandemi. “Kami melihat potensinya sangat besar karena ini akan memudahkan nasabah dari kedua negara untuk bertransaksi,”ungkapnya. 

Perseroan mengharapkan inisiatif tersebut dapat mendongkrak pertumbuhan pariwisata, mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sekaligus mendukung ekonomi keuangan digital secara nasional. 

Adapun, pada semester I/2022, transaksi QRIS yang diproses melalui sistem BCA tercatat mencapai Rp 10 triliun, melesat 8 kali lipat dibandingkan tahun lalu

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan, peluncuran layanan tersebut menjadi bukti Indonesia mengikuti kecepatan perkembangan teknologi digital.

"Artinya kita ini tidak ketinggalan amat," kata Jokowi di kantor Bank Indonesia, Jakarta, Senin (29/8).

Menurutnya, perkembangan teknologi digital sangat cepat. Bahkan, pembuat kebijakan kerap kebingungan dalam mengikuti perkembangan teknologi terkini. Kondisi serupa juga terjadi di seluruh negara. Untuk itu, ia mengapresiasi penerbitan KKP domestik dan QRIS antarnegara.

Terkait QRIS, ia meminta BI untuk memperluas koneksi QRIS antarnegara. Hal ini untuk mempermudah UMKM maupun pelaku pariwisata lokal untuk bertransaksi dengan penduduk mancanegara.

BI bersama BoT telah bekerja sama untuk uji coba pembayaran QR lintas negara sejak Agustus tahun lalu, namun baru diimplementasikan pada tahun ini.

Kepala Departemen Sistem Pembayaran Filianingsih Hendarta menjelaskan, saat ini baru terdapat tujuh bank dan satu fintech yang dapat melakukan transaksi pembayaran menggunakan QRIS di Thailand. Mereka terdiri dari BCA, BSI, Bank Mega, CIMB Niaga, Bank Sinarmas, Permatabank, Bank BPD Bali, dan Dana.

"Jumlah penyelenggara ini akan terus ditambah dan diperluas," ujar Filianingsih dalam konferensi pers, Selasa (30/8). 

Adapun penyelenggara jasa pembayaran di Thailand yang dapat menerima transaksi QRIS, yakni Bangkok Bank dan Bank of Ayudhya Namun, Filianingsih menyebut, akan ada tambahan lima bank penyelenggara pada September 2022. Sementara itu, aplikasi yang dapat digunakan untuk scan QRIS di Indonesia, yakni Bangkok Bank, Bank of Ayudhya, dan CIMB Thai.

 

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail