Kopra Beyond Borders Bank Mandiri Mudahkan Transaksi di Luar Negeri

Bank Mandiri
Penulis: Shabrina Paramacitra - Tim Publikasi Katadata
10/10/2023, 14.13 WIB

Bank Mandiri terus memberikan solusi secara end-to-end untuk nasabah beserta value chain-nya melalui wholesale digital super platform, Kopra by Mandiri.

Kopra by Mandiri yang telah diluncurkan sejak tahun 2021 merupakan layanan single-sign-on yang memudahkan nasabah bertransaksi dalam satu portal, seperti cash management, trade finance, supply chain management, foreign exchange, custody, dan berbagai layanan lainnya.

Pada 2022, Bank Mandiri merilis Kopra Mobile Application untuk makin memudahkan nasabah.

Menginjak usia yang ke-25 tahun, kali ini Bank Mandiri menghadirkan terobosan dalam memberikan seamless experience melalui Kopra Beyond Borders. Inovasi ini hadir untuk menjawab kebutuhan nasabah korporasi di Indonesia dan luar negeri akan layanan keuangan digital yang terintegrasi sebagai perluasan ekosistem bisnis nasabah.

Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri Eka Fitria mengatakan, Kopra Beyond Borders merupakan bagian dari pengembangan Kopra by Mandiri yang meningkatkan user experience. Layanan ini menjadi penghubung bagi nasabah korporasi untuk bertransaksi di luar negeri.

Kopra Beyond Borders dihadirkan untuk memberikan kenyamanan bagi nasabah korporasi di Indonesia maupun nasabah korporasi Bank Mandiri cabang luar negeri dalam melakukan monitoring dan aktivitas transaksi finansial perusahaan secara mudah dan cepat dalam satu portal konsolidasi,” ujar Eka dalam siaran pers, Selasa (10/10).

Kopra Beyond Borders dilengkapi dua fitur unggulan, yaitu Global Access dan Consolidated Financial Dashboard. Fitur-fitur ini memudahkan nasabah dalam memantau cash flow dan transaksi keuangannya.

Kopra by Mandiri memiliki peran besar terhadap pertumbuhan transaksi wholesale Bank Mandiri secara keseluruhan. Per Agustus 2023, Kopra by Mandiri telah mengelola 677 juta transaksi senilai Rp12,446 triliun. Dalam kurun satu tahun terakhir, pertumbuhan pengguna Kopra by Mandiri meningkat 133 persen hingga mencapai lebih dari 146 ribu pengguna.

Tahun ini, berbagai penghargaan telah diraih Bank Mandiri berkat inovasi Kopra by Mandiri.

Prestasi itu di antaranya Best Corporate Mobile App pada Global Transaction Banking Innovation Awards, Best Bank for Digital Solution in Indonesia dari Asiamoney, Best Cash Management Bank dari Alpha Southeast Asia, serta Best Indonesia Trade Finance Bank of The Year pada Asian Banking & Finance Award.

Eka mengungkapkan, sebagai bank dengan core business pada segmen wholesale, Bank Mandiri mengoptimalkan peluang bisnis turunan dari ekosistem nasabah secara holistik. “Serta, mengedepankan potensi bisnis unggulan berbasis kewilayahan, baik dalam negeri maupun luar negeri yang diikuti dengan transformasi digital secara konsisten,” pungkasnya.