Nasabah BCA Kebobolan Rp 68,5 Juta, Ini Penjelasan Manajemen

bca.co.id
Ilustrasi, buku tabungan dan mobile banking BCA.
14/11/2023, 13.57 WIB

Salah satu nasabah PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) mengaku telah kebobolan sejumlah uang Rp 68,5 juta dari rekeningnya. Nasabah BCA ini bernama Evita yang berasal dari Salatiga, Jawa Tengah.

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn menyampaikan jika perusahaan sedang mengumpulkan fakta-fakta terkait dengan kejadian tersebut.

"Sehubungan dengan kejadian yang menimpa salah satu nasabah di Salatiga, saat ini kami masih melakukan investigasi lebih lanjut," kata Hera, dalam keterangannya kepada Katadata.co.id, Selasa (14/11).

Hera juga menghimbau kepada para nasabah BCA untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan atau penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. BCA senantiasa mengimbau nasabah setia untuk menjaga kerahasiaan. 

Kronologi Raibnya Uang Nasabah

Hilangnya uang nasabah BCA Evita terkuak dalam obrolan di kanal YouTube Mr. Bert. Dalam kanal itu, dijelaskan kronologi raibnya uang dari rekening nasabah bank blue chip tersebut.

Evita menjelaskan jika uangnya telah hilang pada 26 September, bulan lalu saat melakukan transaksi QRIS. Transaksi yang dilakukan Evita gagal sebab ada pemberitahuan jika saldo di rekeningnya tidak cukup.

Kemudian, Evita mengecek saldonya di rekening yang ketika di cek terdapat Rp 10 juta. Lalu nasabah ini juga melakukan pengecekan dari mutasi rekening dan hasilnya terdapat transaksi QRIS Rp 4 juta di pagi hari.

Lalu Evita pun segera menghubungi Halo BCA dan meminta pihak perusahaan untuk memblokir akunnya. Setelah diperiksa lagi, ternyata terdapat transaksi QR senilai Rp 1 juta pada 23 September hingga 26 September.

Namun, pihak Halo BCA justru menyuruh Evita untuk mencari orang yang kemungkinan menggunakan telepon selulernya untuk melakukan transaksi tanpa izin.

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail