PayPal Izinkan Akun Bisnis Beli dan Jual Kripto di Platformnya

Unsplash.com
PayPal meluncurkan layanan baru untuk memungkinkan bisnis (merchant) yang menggunakan platformnya membeli, menyimpan, dan menjual kripto.
Penulis: Hari Widowati
27/9/2024, 11.28 WIB

PayPal meluncurkan layanan baru untuk memungkinkan bisnis (merchant) yang menggunakan platformnya membeli, menyimpan, dan menjual kripto. Sebelumnya, PayPal telah mengizinkan pengguna PayPal dan Venmo dengan akun konsumen untuk menggunakan Bitcoin dan koin virtual lainnya melalui dompet daring (online).

Upaya PayPal ini menandai peran penting dalam memperluas fungsionalitas aset digital untuk bisnis. Hal ini terjadi ketika mata uang kripto telah mendapatkan penerimaan pasar yang lebih luas setelah Komisi Pengawas Pasar Modal Amerika Serikat (SEC) menyetujui dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin pada Januari.

“Pemilik bisnis semakin menyatakan keinginan mereka untuk memiliki kemampuan mata uang kripto yang sama dengan yang dimiliki oleh konsumen,” ujar Jose Fernandez da Ponte, Wakil Presiden Senior PayPal untuk blockchain, mata uang kripto, dan mata uang digital dalam sebuah siaran pers, seperti dikutip Cnet, Kamis (26/9).

Perubahan ini akan membuat kripto tersedia untuk jutaan pedagang di seluruh Amerika Serikat (AS). Namun, fungsionalitas ini tidak akan tersedia untuk bisnis di negara bagian New York.

PayPal mengatakan mereka juga mengizinkan bisnis untuk mentransfer mata uang kripto secara eksternal ke dompet pihak ketiga yang memenuhi syarat.

PayPal Proaktif Tingkatkan Penggunaan Kripto

Menurut laporan The Paypers, PayPal telah proaktif dalam meningkatkan penggunaan mata uang kripto selama beberapa tahun terakhir. Pada 2020, perusahaan ini memperkenalkan kemampuan bagi pelanggan untuk membeli, menyimpan, dan menjual mata uang kripto secara langsung dari akun PayPal dan Venmo mereka.

Pada 2023, mereka meluncurkan stablecoin yang didukung dolar AS, PayPal USD (PYUSD). Selanjutnya, pada April 2024, PayPal mengintegrasikan PYUSD sebagai opsi pendanaan untuk platform Xoom-nya, memungkinkan pengguna untuk mentransfer dana ke teman dan keluarga di luar negeri tanpa dikenakan biaya transaksi saat menggunakan PYUSD.

Selain itu, PYUSD juga tersedia di blockchain Solana, yang menawarkan pilihan opsi blockchain yang lebih luas kepada pengguna untuk meningkatkan fleksibilitas dan kontrol. Ketersediaan PYUSD di blockchain Solana memberi pengguna opsi untuk memilih di antara beberapa blockchain, yang secara signifikan meningkatkan fleksibilitas dan kontrol mereka atas transaksi.

Pejabat dari PayPal mengatakan bahwa selama lebih dari 25 tahun, mereka telah menjadi yang terdepan dalam perdagangan digital. PayPal USD diciptakan dengan tujuan untuk meningkatkan perdagangan dengan menyediakan metode pembayaran yang cepat, mudah, dan murah untuk evolusi ekonomi digital berikutnya.