Bank Mandiri memperkuat solusi layanan trade finance dan cash management bagi nasabah korporasi. Hal ini lantaran transaksi ekspor dan impor oleh eksportir dan importir terus meningkat.
SVP Transaction Banking Wholesale Bank Mandiri Dini Isnarti menyampaikan layanan trade finance menjadi komponen krusial dalam perdagangan domestik maupun global dalam memfasilitasi transaksi dan menyediakan solusi keuangan bagi importir dan eksportir.
Bank Mandiri misalnya, mencatatkan volume transaksi ekspor tumbuh 16,35% secara tahunan atau year on year (yoy) menjadi Rp 617 triliun per Mei. Sementara impor naik 5,96% menjadi Rp 678 triliun.
Transaksi di layanan Bank Mandiri tersebut tumbuh ketika ekspor nasional minus 6,1% dan impor negatif 3,8% pada periode yang sama.
“Melalui Kopra by Mandiri, nasabah Trade Finance dapat mengelola informasi transaksi, laporan secara terpadu, cepat, aman serta nyaman dalam satu platform,” ujar Dini dalam keterangan pers, Jumat (28/7).
Fitur dalam Kopra by Mandiri yakni:
- Penerbitan dan penerimaan Letter of Credit alias L/C
- Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri atau SKBDN
- Standby Letter of Credit atau SBLC
- Bank Garansi termasuk verifikasi warkat Bank Garansi
- Pembiayaan transaksi perdagangan secara online
Bank Mandiri juga mencatatkan pertumbuhan transaksi Cash Management selama Januari – Mei. Rinciannya sebagai berikut:
- Frekuensi meningkat 16,3% yoy menjadi 425,17 juta
- Volume naik 15% yoy dari menjadi Rp 7.626,75 triliun
- Jumlah nasabah tumbuh 48,11% yoy menjadi 690.440
Transaksi tersebut mencakup pada layanan:
- Kopra Cash Management mencapai Rp 6.357,07 triliun atau menyumbang 84% dari total cash management
- Kopra Cash Lite
- Kopra Host to Host Payment
- Kopra Smart Account
- Mandiri Bill Collection
- Mandiri e-Tax
- Mandiri Auto Debit
Bank Mandiri pun meraih penghargaan di ajang Asian Banking & Finance alias ABF Wholesale Banking Awards 2023 sebagai pemenang dalam kategori Best Indonesia Trade Finance Bank of the Year dan Best Indonesia Domestic Cash Management Bank of the Year.
Hal itu karena Bank Mandiri dianggap mampu mengelola dan mengembangkan layanan digital terbaik bagi nasabah.
Bank Mandiri pun bakal berfokus pada strategi Beyond Lending dengan merilis Kopra by Mandiri dengan tiga varian yaitu:
- Kopra Portal
- Kopra Host to Host
- Kopra Partnership
Bank Mandiri juga meluncurkan Kopra Mobile Application guna mengakomodasi kebutuhan approval transaksi dan pengecekan informasi keuangan perusahaan secara fleksibel.
“Pengembangan fitur-fitur dapat mempermudah proses pembayaran, penerimaan, serta pengelolaan likuiditas nasabah,” ujar Dini