Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, masuknya TikTok ke lini usaha PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk yakni Tokopedia tidak akan melunturkan komitmen investasi PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) terhadap emiten dengan kode saham GOTO tersebut.

Pria yang akrab disapa Tiko itu menjelaskan jika GOTO merupakan investasi strategis Telkom. Melalui anak usaha TLKM, Telkomsel bersinergi dengan emiten teknologi ini untuk menciptakan outlet untuk penjualan data.

"Jadi kerjasama bisnis mereka untuk menggunakan Telkomsel sebagai data provider. Kemudian menggunakan infrastruktur data dan telekomunikasi Telkom itu sebenarnya sudah menciptakan value," kata Tiko kepada wartawan di Jakarta, Kamis (25/1).

Telkom Indonesia sebelumnya menyatakan yakin sinergi dengan GOTO akan mendorong digitalisasi di seluruh lapisan masyarakat.

“Jadi, kami masih mempertahankan investasi di GOTO dan terus meningkatkan sinergi yang dilakukan antara perseroan dengan GOTO,” kata Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkomsel Mohamad Ramzy dalam Public Expose Live 2023, Kamis (30/11).

Ramzy menyebut beberapa sinergi telah terwujud sejak awal investasi. Hal itu termasuk pemberian layanan yang menarik dan kompetitif bagi para pengemudi Gojek serta pembukaan saluran kerja sama dengan merchant dan outlet-outlet, yang menjadi saluran penjualan produk Telkomsel.

Telkomsel  juga terus memperluas kerja sama ke berbagai area lainnya hingga ke pelosok.  Ramzy mengatakan secara aktif perusahaan turut memantau dan memperluas inisiatif sinergi tersebut dari waktu ke waktu.

Selain itu, Ramzy juga menyebut bahwa konsolidasi antara Gojek dan Tokopedia memberikan peluang pertumbuhan dan potensi sinergi yang lebih besar antara Telkomsel dan GoTo. Telkomsel berupaya memanfaatkan momentum ini untuk meningkatkan sinergi yang dapat menguntungkan keduabelah pihak.



Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail