Warta Ekonomi memberikan penghargaan sebagai Indonesia Best Bank 2024 for Encouraging Innovations to Expand Service Convenience and Accessibility kategori KBMI 2 Bank Pembangunan Daerah kepada Bank DKI.
Ajang penghargaan Indonesia Best Bank Awards 2024 itu berlangsung di Jakarta, Rabu (31/07). Bank DKI juga mendapatkan Indonesia Most Acclaimed Companies Awards 2024, yakni sebagai Outstanding Digital Transformation to Expand Banking Service Accessibility (Category: Regional Bank, KBMI 2).
Direktur Utama Bank DKI Agus H. Widodo mengatakan, pencapaian ini menjadi penyemangat bagi perusahaan untuk terus berinovasi. Penghargaan ini juga mencerminkan komitmen bank dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah melalui layanan perbankan yang inklusif dan berkelanjutan.
“Bank DKI terus berkomitmen untuk memperluas jangkauan intermediasi perbankan dan meningkatkan nilai tambah atas produk dan layanan, termasuk melalui berbagai langkah sinergi,” tuturnya melalui keterangan resmi, Kamis (1/8).
Indonesia Best Bank 2024 diberikan kepada Bank DKI setelah melalui serangkaian proses evaluasi tim juri independen Warta Ekonomi melalui dua metode. Yaitu, desk research dan media monitoring.
Desk research dengan pendekatan kuantitatif yang didasarkan pada annual report 2022 dan 2023 atau laporan keuangan 2023-2024 yang diterbitkan perusahaan. Media monitoring dengan pendekatan kualitatif yang didasarkan kepada hasil analisis pemberitaan positif terkait kinerja perbankan selama 2023 hingga Juni 2024.
Sementara itu, Indonesia Most Acclaimed Companies 2024 didasarkan kepada penilaian sentimen positif atas implementasi keberhasilan inovasi produk/layanan perusahaan, dengan indikator penilaian, meliputi reputasi, manfaat produk/jasa yang diberikan, pola pikir kompetitif, dan pemanfaatan teknologi digital.
Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi menyampaikan, dua penghargaan yang diterima turut mendorong pihaknya dalam mengembangkan produk dan layanan yang inovatif serta memperkuat posisi untuk menjadi bank pilihan bagi masyarakat Jakarta.
“Bank DKI berkomitmen untuk terus berinovasi dalam produk dan layanan perbankan digital yang semakin memudahkan nasabah, mitra bisnis, dan pemangku kepentingan lainnya,” ujar Arie.
Aktif Perluas Layanan Digital
Bank DKI terus menginisiasi pengembangan dan inovasi produk dan layanan berbasis digital untuk perluasan aksesibilitas. Beberapa di antaranya, yaitu pengembangan JakOne Mobile dan pembayaran elektronik berbasis kartu JakCard.
Wujud lain berupa dukungan kepada UMKM dengan sistem keagenan JakOne Abank. Ini termasuk berbagai upaya kolaborasi, misalnya elektronifikasi pembayaran terintegrasi pada moda transportasi, tempat wisata kelolaan Pemprov DKI, digitalisasi pembayaran pasar kelolaan Perumda Pasar Jaya, hingga kolaborasi digital dengan BPD, BUMD dan entitas lain.
Terbaru, Bank DKI juga memperkenalkan Jakarta Tourist Pass sebagai solusi digital berbasis kartu elektronik (JakCard) dan aplikasi (JakOne Pay). Layanan ini dirancang untuk memberikan kemudahan bagi wisatawan, seperti mengakses informasi destinasi populer, transportasi, pembayaran, serta layanan pariwisata lainnya di Jakarta.