Banyak Kasus Viral di Medsos, Ini Pesan Sri Mulyani untuk Bea Cukai

Instagram/Menteri Keuangan Sri Mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Dirjen Bea Cukai Askolani saat rapat pimpinan.
Penulis: Zahwa Madjid
Editor: Agustiyanti
14/5/2024, 12.10 WIB

Menteri Keuangan Sri Mulyani menitipkan pesan kepada Direktorat Jenderal Bea Cukai Askolani ditengah banyaknya kasus viral terkait insititusi tersebut di media sosial yang memunculkan kritik masyarakat.

Melalui akun Instagram pribadi Sri Mulyani, ia menjelaskan, dirinya bersama Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dan para pejabat Bea Cukai lainnya membahas tindak lanjut dari berbagai masukan yang diberikan masyarakat. Ini juga mencakup kritik atas kasus yang terjadi beberapa minggu belakangan dan perlunya perbaikan fundamental dari institusi Bea Cukai.

Ia berpesan kepada para pimpinan yang hadir agar mampu memetakan risiko dari perubahan ekosistem dan dinamika perekonomian saat ini.

“Terus bangun sinergi yang makin kuat bersama APH dan K/L lain untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Sri Mulyani dalam akun Instagramnya dikutip Selasa (14/5).

Bendahara negara ini pun berterima kasih kepada masyarakat yang telah memberi masukan konstruktir untuk mendukung bea cukai agar mampu melayani dan bereformasi lebih baik.

“Terima kasih juga kepada seluruh jajaran Bea dan Cukai yang telah bekerja dengan penuh dedikasi di garda terdepan. Tetap semangat dalam menjaga amanah publik yang luar biasa penting ini. Berikan yang terbaik untuk Indonesia,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Bea Cukai ramai diperbincangkan oleh warganet akibat beberapa kasus yang menjadi viral. Seperti kasus biaya bea masuk yang lebih tinggi dari harga barang yang dibeli, barang impor action figure yang rusak setelah dicek oleh bea cukai, barang untuk sekolah luar biasa yang tertahan di bea cukai selama 2 tahun, hingga yang terbaru, peti beserta jenazah yang dikenakan bea masuk 30% karena dianggap barang mewah.

Reporter: Zahwa Madjid