[Foto] Kilang Cilacap Dukung Ketahanan Energi Nasional Berkelanjutan

ANTARA FOTO/IDHAD ZAKARIA
Penulis: Antara
21/9/2024, 15.00 WIB

Kilang Cilacap memiliki arti penting dalam menjaga ketahanan energi nasional. Kilang terbesar kedua yang dikelola oleh PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) ini memiliki kapasitas pengolahan 348 ribu barel per hari. KPI adalah anak perusahaan PT Pertamina yang ditugaskan untuk mengelola seluruh kilang minyak dan petrokimia Pertamina.

Produksi Kilang Cilacap terutama ditujukan untuk memenuhi 60 persen kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) di wilayah Pulau Jawa serta 34 persen kebutuhan BBM di Indonesia. Kilang ini  mampu menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi, seperti Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex hingga Pertamina Racing. 

Untuk memastikan produk-produk Kilang Cilacap sesuai standar, produk-produknya telah melalui rangkaian tes pemeriksaan di laboratorium milik KPI. Laboratorium ini dikelola sesuai kaidah-kaidah sistem manajemen mutu laboratorium.

Selain bertugas memastikan ketahanan energi dengan memproduksi BBM berkualitas tinggi, Kilang Cilacap juga terus mengembangkan diri dengan memproduksi BBM yang lebih ramah lingkungan.

Hal ini sejalan dengan langkah pemerintah untuk terus memperkuat komitmen menuju Net Zero Emission (NZE) 2060. Upaya tersebut dilakukan melalui transisi energi bersih yang fokus pada pengurangan intensitas karbon atau dekarbonisasi. KPI menjawab tantangan tersebut dengan mengembangkan produk yang berbahan baku dari sumber lain, selain fosil.

Reporter: Antara