Mobilitas Membaik, Home Credit Genjot Pembiayaan Beragam Kebutuhan

Home Credit
Penulis: Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
30/6/2022, 10.29 WIB

Seiring pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), tren mobilitas masyarakat meningkat drastis pada awal kuartal II-2022.

Berdasarkan data Google Mobility Indeks, tren mobilitas menuju tempat retail dan rekreasi meningkat 24% pada akhir April 2022 dibandingkan dengan minus 8% pada akhir April 2021.  

Peningkatan tren mobilitas tersebut yang disertai oleh pemulihan daya beli masyarakat Indonesia ikut mengakselerasi penjualan ritel pada April 2022.

Survei Penjualan Eceran (SPE) April 2022 yang dirilis oleh Bank Indonesia pada Mei 2022 menunjukkan kinerja penjualan ritel cenderung meningkat.

Hal itu ditunjukkan oleh Indeks Penjualan Riil (IPR) yang meningkat 6,8% secara bulanan pada April 2022 dibandingkan dengan 2,6% pada Maret 2022. Salah satu penyebabnya adanya peningkatan aktivitas ekonomi pada bulan Ramadan serta menjelang Idul Fitri.

Sylvia Lazuarni, Chief Financial Officer PT Home Credit Indonesia (Home Credit) mengatakan, mengacu kepada data SPE April 2022 dari Bank Indonesia tersebut, peningkatan penjualan eceran terjadi pada sejumlah kelompok barang, di antaranya peralatan informasi dan komunikasi (meningkat 5,15%) serta subkelompok sandang (10,7%).

Kinerja positif itu turut memacu pembiayaan yang disalurkan oleh Home Credit, perusahaan pembiayaan berbasis teknologi, sepanjang bulan Ramadan 2022.

“Pada periode itu, perseroan membukukan pertumbuhan pembiayaan barang yang disalurkan sebesar 5,2% menjadi Rp710 miliar dibandingkan dengan Ramadan 2021,” ujarnya

Lebih lanjut Sylvia menjelaskan bahwa Home Credit menyalurkan pembiayaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin beragam.

Hal itu sebagai bagian dari komitmen Home Credit dalam menyediakan layanan keuangan yang tepat dan terjangkau sesuai kebutuhan pelanggan.

Dalam menyalurkan layanan keuangannya, kata dia, Home Credit senantiasa memberikan pemahaman menyeluruh terkait layanan yang digunakan pelanggan.

Tujuannya agar sesuai dengan kapasitas mereka dalam mengelola keuangan, termasuk juga edukasi akan literasi keuangan yang sedang digalakkan.

Pembiayaan untuk Beragam Kebutuhan
Adapun Home Credit senantiasa mendukung kebutuhan para pelanggannya dalam membangun dan mengembangkan usaha melalui pembiayaan modal kerja.

Dari Januari hingga April 2022, Home Credit telah mendukung lebih dari 48 ribu usaha kecil dan menengah (UKM), dengan total penyaluran pembiayaan Rp560 miliar.

Untuk pembiayaan barang, Home Credit menyediakan layanan pembiayaan yang tidak hanya digunakan untuk membeli smartphone, tapi juga beragam barang impian lainnya. Misalnya, fesyen, yaitu tas, jam, kaca mata, pakaian, sepatu, dan lainnya.

Pembiayaan untuk kelompok barang ini meningkat hampir enam kali lipat selama periode Ramadan 2022 dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Peningkatan volume pembiayaan yang signifikan juga dialami oleh berbagai barang lainnya, seperti perlengkapan bayi (tempat tidur bayi, kursi bayi untuk mobil, pompa menyusui, kereta bayi) serta alat kesehatan (kursi pijat elektrik, alat pemurni air, alat pemurni udara).

Pelanggan mengakses pembiayaan untuk beragam kebutuhan melalui lebih dari 22 ribu toko milik mitra usaha Home Credit di seluruh Indonesia.

Jumlah tersebut meningkat hingga lebih dari 40% dibandingkan pada akhir April 2021.  Adapun jumlah pelanggan Home Credit secara keseluruhan kini telah mencapai lebih dari 5,5 juta orang.

Hadir di Jakarta Fair Kemayoran
Kemudahan akses untuk memiliki berbagai barang dengan menggunakan layanan Home Credit terus berlanjut dan kini dapat ditemui di event Jakarta Fair Kemayoran (JFK).

Dalam event yang berlangsung selama 9 Juni hingga 17 Juli 2022 tersebut, masyarakat dapat menikmati berbagai promo Home Credit.

Misalnya, Pesta Belanja Hepi Promo 0, yaitu berbagai jenis barang dapat dibeli dengan bunga 0%, gratis biaya admin hingga bunga bisa 0% di mitra-mitra terpilih Home Credit di JFK seperti Urban Republic, iBox, Erafone, Samsung by NASA--bagian dari Erajaya Group.

Selain itu ada juga mitra lain, yaitu GARMIN, Optik Melawai, B Fit, OB Fit, Rodalink, Perfect Health, Electronic City, Sleep Center, Selis, Advance dan sebagainya.

Hasan Aula, Deputy CEO Erajaya Group mengatakan, perseroan sangat antusias dengan geliat aktivitas masyarakat yang semakin membaik, termasuk makin ramainya pusat-pusat perbelanjaan dan makin maraknya acara-acara offline.

Di perhelatan Jakarta Fair 2022, Erajaya Group melalui brand ritel Erafone, iBox, Samsung by NASA, dan Urban Republic hadir secara all out dengan menghadirkan rangkaian produk teknologi terbaik, terkini dan terlengkap, termasuk koleksi produk Internet of Things (IoT) beserta ekosistemnya.

“Promo menarik yang kami hadirkan menjadi lengkap dengan adanya pilihan pembayaran dan pembiayaan yang beragam,” kata Hasan.

“Kerja sama dengan mitra pembiayaan, seperti Home Credit Indonesia, memfasilitasi pelanggan kami membeli produk idaman-nya dengan mudah dan cepat,” ujarnya melanjutkan.

Selain di Jakarta Fair Kemayoran, Home Credit juga menawarkan promo yang dapat digunakan oleh para pelanggan di seluruh Indonesia dimana daftarnya dapat diakses melalui https://bit.ly/ PromoHomeCreditJuni2022.