PermataBank kembali memodernisasi kantor cabangnya dengan meluncurkan Model Branch di wilayah Sumatera. Peluncuran Model Branch sebelumnya sudah dilakukan di pulau Jawa dan Bali, dan sekaligus melengkapi ke-19 lokasi yang menjadi fokus utama konsep Model Branch di seluruh Indonesia.
Model Branch yang diluncurkan adalah PermataBank Cabang Zainul Arifin dan Podomoro City (Medan) dan Cabang Palm Spring (Batam). Saat ini, Model Branch PermataBank telah tersebar di Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung, Semarang, Kudus, Surabaya, Madiun, Bali, Batam, dan Medan.
Model Branch memungkinkan nasabah menemukan pengalaman berbeda dibandingkan pada kantor cabang konvensional. Pada konsep ini, layanan online dibuat konsisten, terintegrasi dan terpadu dengan layanan tatap muka di cabang bagi nasabah PermataBank. Model Branch menerapkan transaksi paperless, tetapi tidak menghilangkan human touch.
Meliza M. Rusli, Direktur Utama PermataBank mengatakan, “konsep ini adalah upaya kami untuk terus beradaptasi dan mengubah peran cabang di era digital. Peluncuran Model Branch baru di wilayah Sumatera sekaligus menegaskan komitmen PermataBank untuk memberikan solusi perbankan yang mampu meningkatkan produktivitas, memberi pelayanan terbaik, dan menjangkau semua nasabah secara lebih optimal.”
Bagi perusahaan, Model Branch akan memegang peran esensial dalam strategi distribusi PermataBank dengan memfasilitasi transaksi yang lebih kompleks secara lebih optimal, meskipun terjadi migrasi transaksi yang signifikan dari cabang-cabang ke kanal digital.
Abdy Salimin, Direktur Teknologi dan Operasi PermataBank mengungkap Model Branch menampilkan desain terkini, fun, dan friendly akan memberikan pengalaman interaksi perbankan terpadu dengan seluruh kanal digital PermataBank. Pengembangan Model Branch dibangun di atas teknologi sama seperti mobile banking, internet banking dan API banking.
“Ketika nasabah datang ke cabang, pengalaman yang mereka dapatkan sama seperti saat menggunakan layanan digital kami. Nasabah dapat merasakan pengalaman yang konsisten dan paperless, serta menampilkan pengalaman banking yang simple, fast, dan reliable,” katanya.
Medan merupakan kota dengan aktivitas perdagangan dan bisnis tinggi serta pertumbuhan teknologi yang pesat. Modernisasi PermataBank Cabang Zainul Arifin dan Podomoro City diharapkan dapat mendukung kebutuhan perbankan nasabah dan pelaku usaha mengingat keduanya berkontribusi aktif dalam mendukung perekonomian kota Medan.
Sementara, berdasarkan data Badan Pengusahaan (BP) Batam, saat ini tercatat lebih dari 20 jenis industri yang beroperasi di Kota Batam. PermataBank Cabang Palm Spring hadir untuk mengintegrasikan seluruh kebutuhan layanan dan produk perbankan bagi nasabah serta mendukung berbagai proses bisnis dan transaksi secara efektif dan efisien.
Beberapa contoh layanan di Model Branch adalah sistem antrian di semua Cabang telah terintegrasi penuh dengan platform CRM sehingga Customer Experience (CX) PermataBank bisa langsung mengetahui kehadiran nasabah dengan informasi yang lengkap. Nasabah juga dapat menggunakan Mobile PIN PermataMobile X, PIN Kartu Debit atau PIN Kartu Kredit untuk melakukan otorisasi sehingga semua transaksi bisa dilakukan secara paperless.