Humas Indonesia memberikan tiga penghargaan kepada PT Pupuk Indonesia (Persero) pada gelaran Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) untuk kategori Diversity, Equity & Inclusion (DEI) BUMN non Tbk.
Sekretaris Perusahaan Pupuk Indonesia Wijaya Laksana menyatakan, penghargaan yang diraih berasal dari tiga program strategis perusahaan yang telah diimplementasikan. Selain itu, Pupuk Indonesia harus bersaing dengan banyak BUMN lain.
“IDEAS ini mengadakan dua kategori yang diikuti oleh ratusan instansi mulai dari kementerian/lembaga baik pusat dan daerah, serta perusahaan pelat merah dalam hal ini BUMN,” ujar Wijaya, Jumat (4/8), dalam keterangan tertulis.
Wijaya mengatakan, IDEAS merupakan ajang kompetisi program komunikasi atau kehumasan yang berbasis pada praktik terbaik penerapan komunikasi Diversity, Equity & Inclusion dan Environment, Social, Governance (ESG).
IDEAS juga menjadi barometer pencapaian program komunikasi terkait isu kesetaraan atau bebas diskriminasi dan kebijakan keberlanjutan bagi lingkungan yang saat ini menjadi perhatian dunia.
Adapun ketiga program strategis Pupuk Indonesia yang berhasil meraih penghargaan yaitu program respectful workplace policy (RWP). Program ini berhasil meraih silver pada kategori program kehumasan strategis berbasis praktik DEI pada sub-kategori kesetaraan gender dan keragaman.
Program RWP merupakan kebijakan perusahaan yang bertujuan untuk mengedepankan rasa saling menghargai dan melindungi harkat martabat seluruh karyawan dengan sikap saling menghormati dan menghargai di lingkungan perusahaan.
Selanjutnya, program implementasi virtual walk, run & cycling (Viral) yang berhasil meraih silver pada kategori kehumasan strategis berbasis praktik ESG pada sub-kategori hubungan dengan pegawai.
Viral merupakan program perusahaan yang dijalankan seluruh karyawan dalam membiasakan pola hidup sehat dengan berolahraga (lari, jalan, dan bersepeda) secara rutin ataupun setiap hari.
Kemudian ada program pelestarian wastra nusantara (Wastra) yang berhasil meraih penghargaan bronze pada kategori kehumasan strategis berbasis praktik ESG pada sub-kategori hubungan dengan masyarakat/komunitas.
Wastra merupakan komitmen perusahaan untuk melestarikan serta mengembangkan eksistensi kain tradisional Nusantara melalui promosi, pendampingan serta pendanaan dalam memperluas jangkauan pasar.
Founder dan CEO Humas Indonesia Asmono Wikan mengatakan, insan public relation (PR) atau kehumasan memiliki peran penting dalam mengkomunikasikan program-program strategis perusahaan yang sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung DEI dan ESG.
Selain itu, menurutnya, praktisi humas juga berperan untuk memberikan kepastian terkait keberlanjutan di masa depan. Bahwa penerapan DEI dan ESG yang dijalankan dapat dirasakan manfaatnya, bukan hanya oleh organisasi, tapi juga berbagai aspek mulai dari sosial, kultural, lingkungan, hingga ekonomi.
“Saat ini dunia internasional sedang memotret implementasi DEI dan ESG. Sementara para investor mencermati penerapan ESG untuk mengevaluasi kinerja perusahaan sebagai pertimbangan rencana investasi mereka,” kata Asmono.
Pada ajang IDEAS 2023, anak usaha Pupuk Indonesia yaitu PT REkayasa Industri (Rekind) juga meraih penghargaan silver pada kategori komunikasi strategis berbasis ESG dengan sub-kategori sosia program. Program yang berhasil meraih apresiasi adalah program “Mampir” yang merupakan program komunikasi strategis Rekind di proyek Jambaran Tiung Biru (JTB).