Indonesia Fintech Summit & Expo 2023 Jadi Puncak Acara BFN

BFN
Bulan Fintech Nasional
21/11/2023, 17.30 WIB

Indonesia Fintech Summit & Expo (IFSE) 2023 ke-5 akan menjadi acara puncak dari gelaran Bulan Fintech Nasional (BFN) 2023 yang berlangsung pada 23-24 November mendatang.

Acara ini merupakan kolaborasi antara Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH), Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI), dan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), berlokasi di The Kasablanka Hall, Mall Kota Kasablanka Lantai 3, Jakarta.

Adapun, kegiatan Summit ini berfokus untuk mempertemukan pelaku industri fintech, regulator, think tank, akademisi, dan pemangku kepentingan lainnya.

Nantinya, para stakeholder mendiskusikan peran strategis industri fintech dalam meningkatkan inklusi keuangan sekaligus menguatkan sinergi dan kolaborasi lintas sektor dalam memajukan ekonomi digital di Indonesia.

Selain itu, IFSE 2023 juga dikemas dalam kegiatan pameran dan mini stage edutainment yang dapat dikunjungi oleh masyarakat umum untuk dapat bertemu dengan para pelaku industri fintech tanah air serta mengenal ragam produk dan layanan dari berbagai bisnis model fintech secara langsung.

IFSE 2023 mengambil tema “Accelerating Growth: Promoting Sustainable Integration and Collaboration for A Stronger Digital Economy.”

Tema ini sejalan dengan komitmen industri fintech untuk meningkatkan edukasi dan literasi keuangan publik sekaligus membangun kolaborasi bersama dalam memajukan sektor ekonomi digital di Indonesia.

Pada kegiatan IFSE 2023 ini terdapat 25 Sesi pada Main Conference atau Plenary Session, dengan lebih dari 70 pembicara nasional dan internasional yang menghadirkan para pelaku industri fintech, perwakilan regulator dan Kementerian/Lembaga terkait, serta asosiasi.

Kegiatan Summit yang berlangsung selama dua hari ini akan mengangkat berbagai topik menarik antara lain terkait inklusi keuangan, talenta digital, tren pasar modal, transformasi perbankan digital, perkembangan aset kripto di Asia Tenggara, dan Cyber Security & Personal Data Protection (PDP).

Selain itu, akan dibahas juga mengenai digitalisasi UMKM, penguatan digital public infrastructure, kolaborasi fintech dengan industri perasuransian, potensi kepemimpinan perempuan dan kesetaraan gender di industri Fintech, outlook fintech industry 2024.

Tak kalah menarik, terdapat lebih dari 36 booth dari pelaku industri fintech, UMKM, dan juga media pendukung. 

Ketua Umum AFTECH, Pandu Sjahrir, mengungkapkan bahwa 5th IFSE 2023 merupakan acara puncak yang memiliki peran strategis bagi pelaku industri fintech, regulator, dan juga masyarakat umum.

“Di dalam berbagai acara pada gelaran IFSE 2023, seluruh pihak baik industri maupun regulator akan membahas berbagai isu strategis dalam menentukan masa depan sektor fintech di Indonesia,” jelas Pandu.

Adapun, kata Pandu, dalam meningkatkan edukasi dan literasi keuangan publik serta membangun sinergi bersama supaya fintech dapat semakin banyak menjangkau masyarakat yang masih unbankable.

Lebih lanjut, Pandu mengutip hasil kajian Google, Temasek, Bain & Company tahun 2023 menunjukkan bahwa nilai ekonomi digital Indonesia pada tahun 2023 sebesar US$82 miliar, dan diperkirakan mampu mencapai US$109 miliar pada tahun 2025.

Pertumbuhan ekosistem ini juga masih mencapai rata-rata 15 persen per tahun, antara lain didorong digitalisasi sistem pembayaran, pinjaman, dan asuransi.

“Dengan demikian, berbagai inovasi yang akan dilakukan oleh pelaku industri fintech dalam layanan yang dimiliki diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap masyarakat Indonesia sehingga akan inklusi keuangan dapat terus meningkat dan tentunya ini akan semakin memudahkan masyarakat dalam menjangkau layanan keuangan digital,” paparnya.

Acara IFSE 2023 tentunya dapat berlangsung atas kolaborasi dan kerjasama yang telah berjalan erat antara AFTECH, para anggota, regulator, dan asosiasi fintech lainnya. Oleh karena itu, Pandu mengapresiasi seluruh dukungan yang telah diberikan terhadap penyelenggaraan IFSE 2023 dan juga BFN 2023.

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung dapat melakukan registrasi melalui laman www.bulanfintechnasional.com, dan ikuti perkembangan kegiatannya melalui sosial media AFTECH, pada Instagram @fintechid dan @indonesiafintechsummit dengan tagar #SiPalingFintech.