Modena Resmi Menjadi Anggota UN Global Compact

Katadata
Modena jadi anggota UNGC
14/8/2024, 11.00 WIB

Modena, perusahaan global penyedia home appliances, secara resmi telah terdaftar sebagai anggota UN Global Compact (UNGC) sejak Juli 2024. Keanggotaan perusahaan yang telah berdiri lebih dari 60 tahun itu membuktikan perusahaan fokus dan berkomitmen pada transformasi menuju bisnis yang berkelanjutan.

Executive Vice President Modena sekaligus Chief Advisor Sustainability Taskforce Modena, Nicole Jizhar, mengatakan, Modena mampu menjadi anggota UNGC karena konsisten menerapkan tiga strategi bisnis berkelanjutan mereka. Di antaranya adalah, environmental sustainability, social responsibility, dan tata kelola perusahaan yang baik.

“Dengan keanggotaan ini, Modena siap menunjukkan kesungguhan perusahaan dalam penerapan prinsip environment, social, and governance (ESG) dalam setiap lini bisnis yang juga selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs),” kata Nicole Jizhar.

Modena menjadi perusahaan pertama di Indonesia dalam sektor elektronik dan peralatan rumah tangga yang bergabung dengan UNGC. UNGC merupakan badan internasional di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berkomitmen mendorong perusahaan swasta untuk menyelaraskan strategi dan operasional mereka dengan 10 prinsip yang mencakup hak asasi manusia, lingkungan hidup, anti-korupsi, dan ketenagakerjaan.

UNGC memiliki anggota dari berbagai sektor yang tersebar di 160 negara. Sebagai anggota, Modena kedepannya memiliki kewajiban untuk menyerahkan laporan Communication of Progress (COP) tahunan sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam menerapkan prinsip-prinsip tersebut serta dukungan pencapaian 17 tujuan PBB pada tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Seluruh kegiatan ESG yang telah dan akan terus dilaksanakan oleh perusahaan merupakan turunan dari visi dan misi Modena. Kami berkomitmen untuk memberikan dampak positif, baik di dalam perusahaan maupun di komunitas sekitar wilayah operasi kami," ujar Nicole Jizhar.

Modena juga berkomitmen kuat terhadap isu lingkungan dan berkelanjutan melalui berbagai inisiatif, termasuk pengembangan produk energi baru terbarukan dalam lini bisnis Modena Energy.

Salah satu penerapannya adalah menggunakan eco-friendly packaging berbahan baku corrugated paper sebagai kemasan produk.

Di sisi lain, implementasi prinsip-prinsip UNGC terlihat dalam program-program perusahaan yang berfokus pada peningkatan kesejahteraan dan kapabilitas karyawan melalui pembelajaran dan pengembangan berkelanjutan.

Tak ketinggalan Modena juga melakukan pemberdayaan masyarakat di area operasional Modena lewat program corporate social responsibility (CSR) yang terintegrasi dengan kemitraan dari berbagai pemangku kepentingan.

Usaha Modena dalam memajukan sektor energi terbarukan dan menetapkan standar baru dalam keunggulan lingkungan menunjukkan dedikasinya terhadap prinsip-prinsip UNGC dan keberlanjutan.

“Dengan Modena yang kini juga berfokus di sektor energi terbarukan, kami berharap bisa mendorong transisi menuju energi yang lebih berkelanjutan. Ini bagian dari komitmen kami menciptakan masa depan dengan produk yang tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga didukung oleh energi bersih," kata Nicole.