Konsisten mendorong minat bisnis di Indonesia, Bank Mandiri kembali menggelar kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2024. Konsisten digelar sejak 2007, perhelatan ini menjadi wujud konsistensi Bank Mandiri dalam menggali potensi pengusaha muda.
Corporate Secretary Bank Mandiri Teuku Ali Usman menjelaskan, memasuki tahun ke-17, Bank Mandiri berharap WMM 2024 dapat kembali mematik semangat para pengusaha di Indonesia untuk berinovasi dan memacu kreativitas.
Ali mengatakan, setiap tahunnya WMM terus berhasil menjaring antusias yang besar dari para pelaku usaha. Pada 2023, ajang ini berhasil menarik peserta pendaftar dari seluruh penjuru Indonesia.
“Melihat tingginya minat ini, Bank Mandiri berkomitmen untuk terus mengembangkan program Wirausaha Muda Mandiri agar tetap,” kata Ali dalam keterangan resminya, Rabu (18/9).
Oleh karena itu, berbeda dari tahun sebelumnya, kriteria bisnis yang dapat mendaftar di WMM 2024 difokuskan pada business existing (bisnis yang berjalan) dengan syarat tertentu di masing-masing kategori. Perinciannya, yaitu kategori Fesyen, Food & Beverages, Beauty & Wellness, hanya bisnis yang berjalan minimal dua tahun dengan omzet tahunan minimal Rp500 juta yang diperbolehkan untuk mendaftar.
Sementara itu, kategori Tech dan Tech-Enabled Startups dibuka untuk bisnis yang beroperasi minimal satu tahun dengan omzet yang sama.
Terkait masa pendaftaran, tepatnya dimulai sejak 13 September hingga 5 Oktober 2024 secara daring melalui website resmi www.wirausahamudamandiri.id.
“Tahun ini, kami ingin memastikan bahwa peserta yang terpilih merupakan wirausaha muda yang sudah memiliki pondasi bisnis yang kuat,” imbuhnya.
Selain itu, WMM 2024 juga menghadirkan konsep Speed Dating untuk Top 20 WMM yang memungkinkan para peserta bertemu secara langsung dengan calon investor. Melalui konsep ini, diharapkan dapat membuka peluang kerjasama dan pendanaan yang lebih luas bagi para peserta.
Bukan ajang kompetisi saja, Bank Mandiri juga memberikan berbagai bentuk dukungan kepada para alumni wirausaha muda melalui berbagai program pemberdayaan dan pameran internasional. Salah satunya kesempatan untuk berpartisipasi dalam pameran internasional bergengsi, seperti Salone del Milano bersama Bell Living Lab, Innovex bersama Crustea, Startup Seoul bersama Tappp, dan SIAL Paris bersama Sila Artisan Tea.
“Melalui partisipasi di pameran internasional ini, kami berharap para wirausaha muda Indonesia dapat memperluas pasar mereka ke tingkat global dan mendapatkan perspektif baru dalam mengembangkan bisnis mereka,” ujar Ali.
Pada WMM tahun ini, Bank Mandiri juga mengajak para Alumni WMM untuk ikut aktif dalam berbagai program pemberdayaan masyarakat. Salah satunya, kolaborasi dengan Tanigo dalam budidaya perikanan di Kabupaten Ciamis, Fish Snack dalam pengolahan hasil perikanan di Kabupaten Bogor, dan Crustea dalam pemberdayaan budidaya perikanan berkelanjutan di Kabupaten Langkat.
“Kami tidak hanya ingin menjadi fasilitator kompetisi, tetapi juga menjadi mitra bagi para wirausaha muda tumbuh sekaligus menjadi akses ke permodalan (access to finance) untuk mengembangkan usaha,” kata Ali.
Untuk informasi lebih detail mengenai Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2024, dapat mengunjungi www.wirausahamudamandiri.id atau ikuti akun Instagram resmi @wrausahamandiri.