6 Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Jalan Kaki

Freepik
Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Jalan Kaki
Penulis: Tifani
Editor: Safrezi
14/10/2024, 16.57 WIB

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengecilkan perut buncit, salah satunya dengan jalan kaki. Olahraga dengan berjalan kaki dapat membakar kalori dan membantu tubuh untuk membentuk otot.

Mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan, jalan cepat selama 30 menit ke dalam rutinitas harian dapat membakar sekitar 150 kalori lebih banyak setiap harinya. Selain itu, jalan kaki juga dapat mengecilkan perut buncit. Berikut ulasan lengkap mengenai bagaimana cara mengecilkan perut buncit dengan jalan kaki.

Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Jalan Kaki

Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Jalan Kaki (Freepik)
 

Dikutip dari laman Medical News Today, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar lemak perut terbakar maksimal saat jalan kaki. Berikut cara mengecilkan perut buncit dengan jalan kaki.

1. Cari Jalur Menanjak

Cara mengecilkan perut buncit dengan jalan kaki yang pertama adalah dengan memiliki jalur yang menanjak. Jalur yang menanjak, seperti tangga, dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan dengan lebih maksimal.

Jalur jalan kaki yang menanjak dapat meningkatkan intensitas olahraga, sehingga kalori yang dibakar akan semakin banyak. Selain itu, berjalan kaki dengan jalur yang menanjak dapat membantu untuk menguatkan otot pinggul serta paha.

2. Menjaga Postur tubuh

Jalan kaki yang baik perlu dilakukan dengan postur tubuh yang baik juga. Postur tubuh yang baik tidak hanya akan meningkatkan kekuatan tubuh, namun juga akan mengurangi risiko cedera ketika berjalan kaki.

Untuk melakukannya, kamu bisa fokus untuk mengencangkan otot perut dan pinggul saat berjalan kaki.

3. Kombinasi Interval

Berjalan kaki dengan interval yang berbeda dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar, sehingga pecut buncit dapat segera hilang. Untuk melakukannya, kamu bisa berjalan kaki seperti biasa selama lima hingga 10 menit dan berjalan cepat selama 10 hingga 15 detik sebelum kembali ke kecepatan normal.

Meskipun begitu, kamu yang tidak terbiasa perlu mulai dengan jangka waktu yang lebih singkat untuk menghindari cedera.

4. Jalan dengan Cepat

Cara mengecilkan perut buncit dengan jalan kaki selanjutnya adalah dengan melakukan jalan cepat. Kecepatan ketika berjalan kaki akan memberikan dampak yang berbeda untuk tubuh.

Semakin cepat langkah kaki, semakin besar kalori yang akan dibakar oleh tubuh. Meskipun begitu, kamu perlu menyesuaikan dengan kemampuan dan tidak memaksakan diri untuk menghindari terjadinya cedera.

5. Rompi Pemberat

Rompi pemberat atau weighted vest bisa dikenakan ketika berjalan kaki sehingga jumlah kalori yang dibakar akan semakin besar. Pasalnya, rompi pemberat akan membuat tubuh bekerja lebih keras saat melakukan olahraga jalan kaki, sehingga energi yang dikeluarkan akan lebih besar.

Namun, kamu perlu menghindari penggunaan pemberat di pergelangan kaki atau tangan karena bisa memengaruhi keseimbangan dan meningkatkan risiko cedera.

6. Jangan Hanya Jalan Kaki

Berjalan kaki saja belum tentu dapat membakar lemak dengan baik. Untuk mendapatkan hasil yang signifikan, kamu bisa menggabungkan olahraga jalan kaki yang dilakukan dengan jenis olahraga lainnya, seperti squat, push up, lunges, dan burpees.

Beberapa jenis olahraga tersebut dapat meningkatkan irama denyut jantung dan membantu tubuh untuk membentuk otot.

Durasi Jalan Kaki untuk Mengecilkan Perut Buncit

Jalan kaki adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan lemak perut. Jalan kaki setiap hari yang dilakukan secara teratur dikaitkan dengan penurunan lemak perut.

Dikutip dari Healthline, jalan kaki termasuk olahraga aerobik yang paling efektif untuk mengurangi lemak di perut dan mempertahankan otot tanpa lemak. Penelitian yang dilakukan pada pria dan wanita obesitas dengan lingkar pinggang masing-masing adalah 102 cm dan 88 cm menunjukkan, jalan kaki 50-70 menit 3 kali dalam seminggu selama 12 minggu bisa mengecilkan perut buncit.

Dalam penelitian tersebut, rata-rata personel mengalami penurunan lingkar pinggang. Hal itu karena lemak yang berada tepat di bawah kulit (subkutan) dan lemak yang tersembunyi di dalam rongga perut (visceral) berkurang secara signifikan pada kelompok yang berjalan kaki.

Studi lain menemukan, orang yang menjalani diet dan berjalan kaki selama 1 jam sebanyak 5 kali per minggu selama 12 minggu mengalami penurunan lingkar pinggang beberapa inci dibandingkan dengan mereka yang hanya mengikuti diet saja. Meski demikian, ada durasi minimal agar rutinitas jalan kaki bisa efektif membakar lemak perut.

Jalan kaki dengan cepat selama 2,5 jam dalam seminggu atau 20 menit per hari dapat mengecilkan perut buncit. Jika dilakukan secara konsisten, lemak di perut kamu akan hilang sekitar 1 inci selama 4 minggu.

Demikian ulasan lengkap mengenai enam cara mengecilkan perut buncit dengan jalan kaki.