Perkembangan teknologi membuat pencarian kerja dapat dilakukan dengan mudah. Lowongan kerja banyak diumumkan melalui berbagai aplikasi, contohnya aplikasi Pintarnya. Dalam aplikasi tersebut, pengguna dapat mencari lowongan kerja dengan cepat dan praktis.
Dengan melimpahnya informasi tentang lowongan kerja, pencari kerja harus membuat resume dan curriculum vitae (CV) yang menarik. Resume dan CV yang baik akan memudahkan pihak human capital perusahaan yang dituju untuk memahami keterampilan (skill) yang dikuasai pencari kerja.
Beberapa skill yang perlu dicantumkan dalam resume maupun CV antara lain computer skill, marketing skill, design skill, writing skill, dan lain-lain.
Skill dibedakan menjadi dua, yakni hard skill dan soft skill. Hard skill merupakan keterampilan teknis tentang pekerjaan spesifik yang dapat diukur kemampuannya dan dipelajari. Contohnya seperti writing skill, reading skill, computer skill, dan sebagainya.
Sementara soft skill merupakan keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain. Skill ini juga menyangkut karakter dan kepribadian seseorang. Etika, komunikasi, kemampuan bekerja sama, dan menyelesaikan masalah adalah beberapa contoh soft skill.
Berikut beberapa soft skill yang wajib dimiliki pencari kerja:
1. Kemampuan bekerja sama dalam tim
Teamwork merupakan salah satu skill terpenting yang harus dimiliki. Sebab, banyak pekerjaan yang mewajibkan karyawan untuk berinteraksi dengan karyawan lainnya. Kemampuan bekerja sama juga akan meningkatkan kenyamanan tim dalam bekerja.
2. Komunikasi
Kemampuan berkomunikasi yang baik akan membantu menciptakan hubungan yang baik antara staf dengan atasan. Skill ini juga memudahkan penyelesaian pekerjaan sesuai standar yang ditetapkan.
3. Kemampuan menyelesaikan masalah
Keterampilan problem solving sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Dengan problem solving yang baik, suatu masalah akan dapat diatasi dengan lebih mudah ketika pencari kerja sudah diterima di perusahaan yang diincarnya.
4. Kepemimpinan
Leadership skill penting dimiliki oleh pencari kerja, meskipun ia tidak sedang melamar posisi pimpinan. Kemampuan ini akan berguna di dunia kerja, terutama saat seseorang harus memutuskan tenggat waktu pekerjaan.
5. Public speaking
Dalam dunia kerja, public speaking sangat penting dimiliki oleh siapa pun, baik staf maupun pimpinan. Dalam dunia kerja, akan banyak sesi rapat dan presentasi yang harus diikuti oleh karyawan. Sesi-sesi tersebut memerlukan kemampuan public speaking yang baik.
Soft skill dalam dunia kerja harus dipelajari sedini mungkin oleh pencari kerja. Kesiapan seseorang dalam menghadapi dunia kerja akan membantu peningkatan karier yang lebih cemerlang pada masa depan.