10 Cara Menghilangkan Lemak di Leher dan Pipi secara Alami

Women Best
Ilustrasi Lemak di Leher
Editor: Intan
3/5/2023, 08.30 WIB

Lemak di wajah dan leher dapat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri. Beberapa orang rela melakukan perawatan supaya pipi tirus sehingga bagian wajah lebih tajam. Wajah tirus ini memperlihatkan garis rahang terlihat menari.

Lemak juga muncul di bagian leher dan lengan. Padahal dagu termasuk bagian wajah yang mempengaruhi penampilan. Tumpukan lemak di leher ini membuat dagu berlipat atau double chin. Timbulnya dagu berlipat karena lapisan lemak yang terbentuk di bawah dagu. Penyebab double chin dan pipi tembem karena penambahan berat badan (obesitas).

Lemak di pipi dan leher disebabkan berbagai faktor seperti postur tubuh, genetik, penuaan, hingga penumpukan cairan tubuh yang disebabkan penyakit tertentu. Berikut cara menghilangkan lemak di pipi dan leher secara alami.

Cara Menghilangkan Lemak di Leher

Ilustrasi Olahraga Leher (www.emedihealth.com)

1. Latihan Menggerakkan Leher

Kamu bisa rutin olahraga mengecilkan lemak di leher. Latihan ini bisa dilakukan 10 sampai 15 kali setiap hari. Cara latihan senam wajah yaitu menggerakkan leher dari sisi kanan ke kiri selama beberapa kali. Kemudian lanjut ke gerakan dari bawah ke atas. Kamu juga bisa melakukan peregangan leher untuk merilekskan otot leher.

2. Diet Sehat

Diet sehat bisa dilakukan dengan konsumsi makanan sehat. Kamu bisa konsumsi lemak sehat, rutin minum air putih, konsumsi gandum, makan 4 porsi sayur setiap hari, dan konsumsi 3 porsi buah tiap hari.

3. Olahraga Kardio

Olahraga kardio bermanfaat untuk kesehatan jantung dan membakar lemak. Kamu bisa rutin berlari, bersepeda, berjalan kaki, mendaki gunung, dan berjalan cepat. Olahraga kardio ini membuat tubuh terus bergerak hingga menghasilkan keringat.

4. Cek Asupan Kalori Harian

Mengutip dari Sehatq.com, cara mengurangi lemak di leher yaitu menghitung asupan kalori harian. Terlihat melelahkan tetapi cara ini efektif. Misalnya anda ingin menurunkan berat badan sampai 0,5 kg per minggu maka jumlah anda butuh 500 kalori harian.

5. Latihan Postur Tubuh

Langkah kelima menghilangkan lemak di leher yaitu menerapkan postur tubuh yang baik. Misalnya, jangan membungkuk terlalu lama ketika bermain ponsel atau menonton televisi. Membungkuk dapat mempengaruhi posisi leher menonjol ke depan.

Jika dibiasakan menyebabkan nyeri leher. Cara melatih postur tubuh yaitu duduk tegak. Latihan duduk tegak dapat menghilangkan ketegangan di leher dan membentuk otot penyangga di leher.

Cara Menghilangkan Lemak di Pipi

Olahraga Senam Pipi (Pinterest)

1. Rutin Olahraga Gerakan Wajah

Senam wajah dapat mengencangkan otot wajah, membuat pipi lebih tirus, dan menyamarkan tanda penuaan. Mengutip dari Alodokter.com, senam wajah bisa dilakukan menggunakan gerakan mulut. Gerakkan mulut membentuk huruf U dan O selama beberapa menit. Kemudian dilanjutkan dengan gerakan menarik dan menurunkan kedua sudut mulut. Kamu bisa mengulangi gerakan ini selama 20 sampai 30 menit.

2. Minum Air Putih

Air putih membantu menghilangkan lemak di wajah. Sebelum konsumsi makanan sebaiknya konsumsi air putih terlebih dahulu. Air putih dapat mengurangi rasa kenyang berlebih di perut.

3. Konsumsi Makanan Berserat

Makanan berserat ada dalam kacang polong, pisang, pepaya, brokoli, pr, jagung, kubis, dan alpukat. Kamu bisa konsumsi makanan kaya serat dalam bentuk minuman jus atau salad. Misalnya membuat oat dengan susu rendah lemak.

4. Tidur Cukup

Ilustrasi tidur (Freepik)

Tidur selama tujuh hingga sembilan jam dapat menghilangkan lemak di tubuh. Sedangkan kekurangan tidur dapat meningkatkan hormon kortisol pada tubuh. Hormon ini dapat meningkatkan nafsu makan dan mengubah metabolisme tubuh.

5. Batasi Gula dan Garam

Selain diet dan konsumsi makanan sehat, cara menghilangkan lemak di pipi selanjutnya adalah dengan mengurangi tambahan gula garam. Makanan manis dan gurih menyebabkan penumpukan air di wajah. Makanan manis dan gurih ini banyak ditemukan dalam produk olahan dan makanan cepat saji.