Rekomendasi 8 Model Rambut Pendek Pria untuk Tampil Lebih Stylish

Pexels
Ilustrasi, model rambut pendek pria.
Editor: Agung
3/5/2023, 13.02 WIB

Model rambut merupakan salah satu penunjang penampilan pria. Diantara berbagai rambut yang ada, model rambut pendek masih menjadi pilihan utama.

Hal ini dikarenakan model rambut ini cocok untuk berbagai situasi, baik formal maupun kasual. Selain itu, model rambut ini juga sangat mudah diatur. Cukup dengan menggunakan pomade dan sisir, rambut sudah terlihat rapi dan menarik.

Bila Anda tertarik mencoba gaya rambut ini, berikut ulasan beberapa modelnya di bawah ini yang bisa dijadikan inspirasi. 

Model Rambut Pendek Pria

Berikut ini delapan model rambut pendek pria yang bisa diterapkan agar penampilan terlihat lebih keren dan stylish. 

1. Undercut

Model Rambut Pendek Pria (Pinterest)

Model rambut pendek pertama yang bisa dicoba adalah Undercut yang masih menjadi andalan bagi banyak pria.

Model rambut ini sebenarnya merupakan sebuah teknik memotong rambut yang dilakukan untuk memberikan tampilan dimensi yang tipis pada bagian samping kepala. Sementara itu, rambut bagian atas dibiarkan tebal dengan rambut bagian bawah dipotong hingga pendek.

Oleh karena itu, model rambut Undercut ini  dapat diaplikasikan pada banyak potongan rambut, seperti pada pria yang memiliki gaya rambut cepak.

2. Buzz Cut

Model Rambut Pendek Pria (Pinterest)

Buzz Cut merupakan model rambut pendek pria berikutnya yang bisa Anda coba. Ini merupakan model rambut dengan ciri khas rambut tipis dan memiliki detail potongan rambut cepak yang pendek dengan panjang rambut sekitar 1-2 cm.

Selain itu, Buzz Cut umumnya juga kerap dipakai oleh para anggota militer dikarenakan gaya yang sesuai dengan bentuk wajah dan kepala ini akan membuat pergerakan mobilitas menjadi nyaman.

Meskipun dikenal sebagai potongan militer, namun model rambut ini akan cocok bagi Anda yang mudah berkeringat dengan cuaca panas seperti di Indonesia. 

3. Caesar Fade

Model Rambut Pendek Pria (Haircut Inspiration)

Model rambut pendek berikutnya yang bisa diaplikasikan adalah Caesar Fade yang sangat populer di Amerika Serikat. Pada gaya rambut ini, potongannya menyisakan 5 cm di bagian atas sebagai highlight sedangakn bagian samping dipangkas tipis.

Model rambut ini cocok bagi Anda yang memiliki wajah persegi dan oval. Namun bila memiliki wajah bulat, Anda sebaiknya tidak mengaplikasikan gaya rambut ini karena akan memberikan kesan wajah yang semakin bundar. 

4. French Crop

Model Rambut Pendek Pria (haircutinspiration.com)

Pilihan model rambut pendek lainnya adalah French Crop yang juga sering dikenal sebagai model rambut Paquito.Model rambut ini memiliki detail sangat pendek di bagian samping dan belakang kelapa. 

Sementara itu, bagian atas kepala dipotong cepak dan di-trim menyisakan poni yang tipis.  Biasanya, poni pada model rambut French crop dipotong sekitar 1,5 cm dari atas alis. 

Namun bila tetap ingin mempertahankan panjangnya, Anda bisa memberikan soft layer pada ujung poni rambut untuk kesan messy. Gaya rambut terbaru ini juga bisa diberi aksen garis rambut.

5. High and Tide Cut

Model Rambut Pendek Pria (https://www.aptogentleman.com)

Anda juga bisa mencoba gaya rambut High dan Tide Cut bila ingin terlihat layaknya anggota militer. Potongan rambut ini sendiri cukup populer di kalangan Angkatan Laut Amerika dan kadang disebut dengan potongan high regulation.

Untuk mendapatkan gaya rambut ini, Anda perlu memotong bagian belakang dan samping dengan sangat rapi bahkan nyaris habis.

Model rambut High and Tide Cit ini bisa diaplikasikan bagi Anda yang memiliki rambut keriting. Pasalnya, rambut keriting yang megar saat panjang akan mudah disiasati dengan model rambut ini sehingga terlihat lebih rapi.

6. Comma Hair

Model Rambut Pendek Pria (Shutterstock)

Comma Hair merupakan model rambut stylish berikutnya yang bisa Anda coba. Ini merupakan model rambut andalan para idol pada tahun 2022.

Comma hair ini cocok bagi Anda yang memiliki panjang rambut sedang. Model rambut Korea ini bukan sekedar penataan rambut belah pinggir atau rambut sedang biasa.

Bentuk poninya harus melengkung seperti tanda koma. Untuk mendapatkan gaya rambut ini, kuncinya terletak pada teknik blow dry untuk ciptakan volume saat menyisir rambut. 

Pada rambut Comma Hair, samping kanan dan kiri ditata dengan gaya melengkung. Hal ini membuat rambut terlihat bertekstur dan bervolume.

7. Rambut Pendek Berponi

Model Rambut Pendek Pria (https://www.dkapster.com)

Anda juga bisa mencoba model rambut pendek berponi bila menginginkan kesan muda dan tampak segar. Potongan rambut ini sendiri mulai populer ketika marak munculnya K-Pop dan K-Drama di seluruh dunia.

Model rambut ini cocok bagi pria dengan wajah oval serta memiliki dahi yang lebar karena poni akan menutupinya. Jika ingin menyemir rambut, warnanya juga dapat disesuaikan dengan keinginan serta bisa membuat penampilan semakin trendi dan berkesan. 

8. Two Blocks

Model Rambut Pendek Pria (thetrendspotter.net)

Model rambut pendek terakhir yang bisa dicoba adalah gaya rambut two Blocks yang cukup populer di kalangan pria karena tampak rendi dan modern.

Pada awalnya, Two Block banyak dipakai oleh pria Korea yang kemudian diminati oleh banyak orang di seluruh dunia.

Untuk membuat gaya rambut ini, Anda perlu menata rambut dua bagian ke kanan dan kiri dengan salah satunya lebih panjang agar makin kontras. Anda juga bisa bereksperimen menata nya menjadi berbagai cara yang tampak ideal.