8 Rekomendasi Obat Gatal untuk Anjing yang Tersedia di Apotek

Pexels
Ilustrasi, anjing.
Editor: Agung
29/5/2023, 13.20 WIB

Anjing peliharaan dapat mengalami gatal-gatal yang disebabkan oleh beragam faktor. Oleh karena itu, pemilik anjing wajib mengetahui obat gatal yang khusus untuk anjing. Terutama obat gatal anjing yang tersedia di apotik.

Sebagai informasi, gatal-gatal  pada anjing disebabkan oleh faktor tertentu. Oleh sebab itu, pemilik hewan peliharaan ini wajib mengetahui penyebabnya agar tidak terjadi lagi. Sama seperti manusia, hewan juga memiliki alergi terhadap benda atau bahan tertentu. Anjing yang mengalami alergi disebut dermatitis atopik.

Ras anjing yang lebih berisiko terkena alergi adalah Bulldog, German Shepherd, atau Labrador Retriever. Alergi terjadi karena sistem kekebalan anjing bereaksi terhadap unsur tertentu secara berlebihan. Alergi pada anjing dapat karena adanya jamur, tungau, tanaman dan makanan.

Terkadang alergi itu bersifat musiman. Ada pula anjing yang alergi terhadap makanan seperti jamur, susu, ayam, dan lain-lain. Agar mampu menangani dan memberikan obat gatal yang tepat untuk anjing peliharaan, simak ulasan singkat berikut ini.

Rekomendasi Obat Gatal untuk Anjing

Obat Gatal untuk Anjing di Apotek (Pexels)

Jika anjing mengalami bersin-bersin dalam jangka waktu yang lama serta menggaruk tubuhnya terus menerus, maka kemungkinan ia mengalami alergi. Alergi pada anjing wajib segera ditangani dengan baik. Pasalnya, jika anjing terlalu sering menggaruk, ia justru akan melukai dirinya sendiri. Berikut ini rekomendasi obat gatal untuk anjing di apotik.

1. Bedak Doris

Obat gatal untuk anjing di apotik yang pertama yakni merek Doris. Penggunaannya cukup ditaburkan ke kulit anjing dan ratakan. Bedak Doris mampu mengurangi rasa gatal, ruam, dan membuat bulu anjing menjadi halus. Bedak Doris dapat digunakan untuk berbagai jenis anjing.

2. Chuchu Virgin Coconut Oil

Chuchu Virgin Coconut Oil juga merupakan obat gatal untuk anjing di apotik yang terjangkau dan efektif. Virgin coconut oil memang dikenal manfaatnya yang banyak.

Selain untuk mengatasi gatal, Chuchu Virgin Coconut Oil juga dapat meningkatkan imunitas. Kemudian Chuchu Virgin Coconut Oil juga mampu merawat kulit dan bulu anjing serta mencegah kerusakan gigi.

3. +HOCL Anti Scabies

Adapun obat gatal untuk anjing di apotik berikutnya adalah +HOCL Anti Scabies. Seperti namanya, +HOCL Anti Scabies mampu menyembuhkan scabies yakni gatal-gatal karena tungau.

+HOCL Anti Scabies mengandung bahan herbal berkualitas yang membantu menenangkan kulit. +HOCL Anti Scabies juga cocok untuk hewan lain seperti kucing.

Cara menggunakannya cukup mudah, yakni dengan menyemprotkannya ke kulit. Sebelum digunakan, pastikan dikocok terlebih dahulu. Semprotkan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Obat Gatal untuk Anjing di Apotek (Pexels)

4. +HOCL Wound and Skin Care

Selain ketiga obat di atas, terdapat obat gatal untuk anjing di apotik yang tak kalah efektif. Obat tersebut yakni +HOCL Wound and Skin Care.

+HOCL Wound and Skin Care mampu mengobati luka hingga infeksi kulit. Jika anjing terluka seperti luka lecet, luka bakar, bisul, dan lain-lain, maka +HOCL Wound and Skin Care mampu menyembuhkannya.

+HOCL Wound and Skin Care tidak mengandung alkohol dan pengawet sehingga aman jika terjilat. Gunakan rutin hingga luka atau kulit yang infeksi sembuh.

5. Doris Dry Groom

Obat gatal untuk anjing di apotik berikutnya adalah Doris Dry Groom. Obat Doris Dry Groom mampu menjaga kesehatan kulit anjing dengan efektif. Doris Dry Groom mengandung Deltametrin 250 miligram, piperonyl butoxide 500 mg, dan salicylic acid 200 mg. Kandungan tersebut mampu menyembuhkan luka dan infeksi karena parasit dengan cepat.

Cara penggunaannya yakni taburkan Doris Dry Groom secara merata. Diamkan bedak itu selama 15 menit. Kemudian bilaslah Doris Dry Groom dengan air. Gunakan rutin setiap hari selama 1 hingga 2 minggu.

Obat Gatal untuk Anjing di Apotek (Pexels)

6. Doris Anti Fleas Powder

Selain itu, terdapat pula obat gatal untuk anjing di apotik yakni Doris Anti Fleas Powder. Doris Anti Fleas Powder merupakan bedak yang diformulasikan membasmi kutu di kulit anjing.

Selain mampu mengatasi gatal-gatal, Doris Antifleas Powder juga membuat bulu anjing lebih indah. Sesuai namanya, Doris Antifleas Powder cukup ditaburkan ke badan anjing secara merata. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

7. Sabun Sulfur

Ada pula obat gatal untuk anjing di apotik yakni sabun sulfur. Sabun sulfur dipercaya menghilangkan jamur pada anjing dengan maksimal dan menyeluruh. Mandikan anjing secara rutin sekitar 1 hingga 2 minggu sekali. Kemudian gunakan pula sabun sulfur dan diamkan selama 5 menit sebelum dibilas.

8. Sampo Anti Bakteri

Sampo anti bakteri juga dapat digunakan sebagai obat gatal untuk anjing. Gunakan sampo ini ketika memandikan anjing dan diamkan selama 5 menit sebelum dibilas.