Penyebab Mata Ikan di Kaki, Gejala, Pencegahan dan Solusinya

Hello Sehat
Ilustrasi, mata ikan di kaki.
Editor: Agung
9/6/2023, 11.27 WIB

Penyakit seperti mata ikan akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mencegah dan meminimalisir risiko menderita penyakit tersebut, menarik membahas tentang penyebab mata ikan di kaki.

Mata ikan memiliki istilah dalam medis yakni clavus. Penyakit mata ikan adalah kondisi penebalan dan pengerasan kulit yang disebabkan oleh beragam hal. Sekilas, penyakit mata ikan seperti kapalan, namun jika dipegang, ukurannya ternyata lebih keras, kecil, dan sangat sakit.

Berikut ini ulasan mengenai penyebab mata ikan di kaki, mulai dari gejala, serta pencegahan dan solusinya.

Penyebab Mata Ikan di Kaki

Penyebab Mata Ikan di Kaki (Alodokter)

Faktor penyebab mata ikan di kaki sangatlah beragam. Mulai dari kebiasaan hingga virus yang menyerang kulit. Untuk memahami faktor penyebabnya dan cara mengatasinya, simak ulasan berikut:

1. Virus

Faktor penyebab mata ikan di kaki yang utama adalah adanya virus Human Papillomavirus atau HPV. HPV adalah virus yang menyebabkan penyakit kelamin, tetapi ternyata virus ini dapat menginfeksi bagian tubuh lainnya.

Virus ini menular melalui kontak langsung dan masuk dalam luka yang terbuka. Tak hanya itu, jika seseorang menggunakan pakaian, sepatu, dan sandal dari orang yang menderita virus ini, maka penularan pun dapat terjadi.

2. Tekanan Berulang dan Konstan Pada Kulit

Penyebab mata ikan di kaki yang umum dan kerap terjadi adalah adanya tekanan berulang dan konstan pada kulit. Umumnya, penebalan pada kulit ini merupakan reaksi perlindungan kulit agar tidak terluka.

Namun, karena gesekan dan tekanan itu berulang, maka kulit dapat mengalami penyakit mata ikan. Gesekan dan tekanan itu dapat terjadi ketika seseorang menggunakan sepatu hak tinggi. Pasalnya, terdapat tekanan pada tumit dan bagian depan kaki.

Tak hanya itu, kondisi tekanan berulang dan konstan itu juga dapat terjadi ketika seseorang menggunakan sepatu yang terlalu kecil. Sepatu yang terlalu kecil membuat kaki tertekan sehingga tidak nyaman dan dapat menyebabkan luka.

Selain itu, ketika menggunakan sepatu, hendaknya seseorang mengenakan kaos kaki. Fungsi utama kaos kaki adalah melindungi kaki dari panas, debu, dan gesekan. Hal ini penting untuk meminimalisir luka pada kaki.

Obesitas atau berat badan berlebih juga dapat menyebabkan tekanan berulang dan konstan pada kulit. Alasannya, kaki harus menopang beban berlebih sehingga dapat memicu terjadinya penekanan secara terus menerus.

3. Kebiasaan Kotor

Selain faktor di atas, terdapat faktor penyebab mata ikan di kaki lainnya yakni kebiasaan kotor. Ketika seseorang keluar dari rumah tanpa mengenakan alas kaki, maka kaki akan lebih mudah terluka.

Kaki yang berjalan tanpa alas juga akan mengalami tekanan lebih banyak secara konstan. Ketika kaki terlalu sering tertekan bahkan mengalami luka, maka virus apapun lebih mudah masuk.

Gejala Mata Ikan

Penyebab Mata Ikan di Kaki (Hello Sehat)
 

Setelah mengetahui penyebab mata ikan di kaki, setiap orang juga wajib memahami gejalanya. Hal ini penting untuk membedakan penyakit mata ikan dengan kondisi kulit lainnya.

1. Area Kulit yang Mengeras

Seperti yang sudah disampaikan dalam tulisan ini, tekanan yang berulang dan konstan akan membuat kulit menjadi mengeras. Hal ini merupakan reaksi perlindungan kulit dari luka.

Salah satu gejala mata ikan adalah adanya kulit yang mengeras. Namun perlu dicek kembali apakah kulit yang mengeras tersebut hanya kapalan pada umumnya atau gejala awal mata ikan.

2. Benjolan Kecil dan Menonjol Serta Terinfeksi

Berikutnya, penyakit mata ikan juga identik dengan kulit yang mengeras berupa benjolan kecil dan menonjol. Benjolan ini kerap disertai dengan kulit yang terinfeksi di sekitarnya.

Benjolan ini akan sangat terasa ketika berjalan dan membuat penderitanya kesakitan. Dampaknya, kegiatan sehari-hari pun dapat terganggu dan membuat tidak nyaman.

Cara Mencegah dan Mengatasi Mata Ikan

Penyebab Mata Ikan di Kaki (Hello Sehat)

Pemahaman penyebab mata ikan di kaki membuat penderita lebih mudah mencegah dan mengatasi penyakit tersebut. Berikut ini penjelasan lebih rinci terkait cara mencegah dan mengatasi mata ikan:

1. Hindari Tekanan Konstan dan Berulang

Selaras dengan penyebab mata ikan di kaki, hindari adanya tekanan konstan dan berulang pada kaki. Gunakan sepatu yang sesuai ukuran, gunakan alas kaki ketika keluar rumah, gunakan kaos kaki untuk melindungi kaki dari gesekan.

2. Pengobatan Alami

Cara mengatasi mata ikan di kaki berikutnya adalah dengan lemon dan bawang merah. Ambil air perasan lemon dan oleskan ke mata ikan tersebut. Kemudian tunggu hingga kering dan ulangi hingga kondisi kulit membaik.

Adapun cara lainnya yakni haluskan bawang merah. Oleskan bawang merah itu dan tutup dengan kain selama 2 hari.

3. Perawatan Medis oleh Dokter

Jika sudah berupaya menyembuhkan mata ikan tetapi tidak ada hasil yang signifikan, maka membawanya ke dokter adalah langkah yang bijaksana. Dokter akan memotong kulit berlebih dengan pisau bedah dan mengambil mata ikan tersebut. Selain itu, dokter juga akan memberikan resep yang mengandung asam salisilat.

Itulah penjelasan mengenai penyebab mata ikan di kaki, gejala, dan cara mengatasinya.