7 Cara Mengatasi Wastafel Mampet yang Praktis dan Mudah

Depositphotos
Ilustrasi, wastafel kotor.
Editor: Agung
19/6/2023, 15.00 WIB

Wastafel umumnya dipakai untuk mencuci tangan dari kran air. Dalam wadah wastafel terdapat sabun cuci, tisu, dan lap untuk mengeringkan tangan. Wastafel umumnya dipakai diluar toilet untuk membersihkan tangan atau mencuci muka. Wastafel banyak dipakai di tempat umum seperti mall, kantor, universitas, tempat ibadah, dan lainnya.

Sekilas bentuk wastafel hampir sama seperti sink cuci piring. Bentuk keduanya hampir mirip karena terdapat kran air dan tempat air mengalir. Tetapi sink menggambarkan tempat mencuci piring di dapur, sedangkan wastafel artinya tempat mencuci tangan. Wastafel mampet menjadi masalah umum di rumah. Berikut cara mengatasi wastafel mampet.

Penyebab Wastafel Mampet

Ilustrasi Westafel Kotor (Pinhome)

Penyebab wastafel mampet karena kotoran yang menumpuk dari sisa-sisa makanan. Beberapa orang di rumah membuang sisa makanan dari piring ke bawah wastafel. Sebenarnya dalam wastafel disediakan wadah untuk membuang sisa makanan. Kotoran yang menumpuk akan membentuk gumpalan, sehingga saluran air tersumbat.

Cara Mengatasi Wastafel Mampet

Secara umum, cara mengatasi wastafel mampet yaitu membuang sampah dari wastafel dan rajin membersihkan saluran air. Anda bisa menggunakan bahan-bahan sederhana untuk mengatasi wastafel mampet. Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Pakai Sabun Cuci Piring

Campuran sabun cuci piring dan air panas dapat mengalirkan lemak dan minyak dalam saluran. Cara mengatasi wastafel cukup mudah, anda perlu mencampur sabun pencuci piring dan air mendidih. Kemudian tuang campuran sabun ke dalam pembuangan air. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas menggunakan air bersih. Lakukan pembersihan saluran secara rutin minimal 1 minggu sekali.

2. Siram Air Panas

Air panas membantu mengatasi wastafel mampet. Umumnya sumbatan disebabkan minyak dan lemak yang menumpuk di saluran. Cara mengatasinya cukup mudah menggunakan air mendidih. Berikut cara mengatasi wastafel mampet menggunakan air mendidih.

  • Panaskan air dalam panci atau ketel
  • Tunggu sampai air mendidih dalam ketel
  • Sambil menunggu bersihkan kotoran dalam saluran wastafel
  • Setelah air mendidih tuang ke dalam saluran wastafel
  • Tunggu selama 5 menit untuk mendinginkan air
  • Menyalakan keran air untuk dialirkan ke bawah wastafel

3. Gunakan Campuran Garam dan Soda Kue

Garam dan soda kue bisa dimanfaatkan untuk membersihkan saluran wastafel. Kedua bahan ini bisa membersihkan air tersumbat lebih lama. Berikut cara menggunakan garam dan soda kue.

  • Siapkan wadah
  • Masukkan garam dan soda kue
  • Tuang air panas dalam wadah
  • Aduk sampai tercampur rata
  • Tuang cairan dalam wastafel yang tersumbat
  • Tunggu sekitar 4 sampai 5 jam
  • Kemudian bilas dengan air mendidih

4. Plunger

Plunger Westafel (Depositphotos)

Plunger adalah alat rumah tangga untuk membersihkan saluran air yang tersumbat. Cara memakai plunger yaitu meletakkan bagian kop ke saluran pembuangan. Ketika plunger menancar, beri air di area sekitar. Tekan dan tarik batang plunger dari atas kebawah dengan cepat. Lakukan sekitar 10 sampai 12 kali tarik plunger. Setelah kotoran terdorong dalam plunger, air di sekitar akan mengalir ke saluran pembuangan.

5. Menyiram Cuka

Campuran cuka apel dan soda kue dapat membersihkan wastafel mampet. Caranya siapkan secangkir soda kue dan cuka apel bersamaan. Tunggu sampai muncul gelembung. Setelah gelembung berkurang, pasang penyumbat dan tunggu sekitar 15 menit. Kemudian alirkan air panas untuk melihat apakah penyumbatannya hilang. Anda bisa mengulangi proses ini jika air belum terserap dalam saluran.

6. Menaburkan Garam

Garam meja dapat membersihkan saluran wastafel mampet. Sebelum menaburkan garam, bersihkan dahulu area sekitar wastafel. Taburkan garam meja ke saluran pembuangan, lalu tuang 1 liter air mendidih. Biarkan selama beberapa menit, kemudian siram lagi menggunakan air panas untuk membersihkan.

7. Cairan Pembersih Pipa

Produk cairan pembersih pip mengandung bahan kimia untuk membersihkan saluran. Tuangkan cairan pembersih dalam saluran yang tersumbat. Kemudian siram dengan air panas. Bahan kimia produk akan menghancurkan lemak dan kotoran di dinding pipa.

Demikian penjelasan cara mengatasi wastafel mampet. Fungsi wastafel di rumah bisa untuk mencuci piring. Sebaiknya anda rutin membuang sampah dan kotoran dalam wastafel.

Lakukan pembersihan menggunakan air perasan lemon, supaya wastafel tidak berbau dan menghilangkan endapan mineral. Supaya wastafel tetap bersih tuang campuran cuka dan soda kue dua kali dalam sebulan. Langkah ini dapat mencegah wastafel mampet dan menghilangkan bau.