8 Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah Secara Alami

Siti Nur Aeni
29 Juli 2021, 11:36
8 Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah Secara Alami, cara mengatasi hidung mampet sebelah, cara mengatasi hidung tersumbat, obat alami hidung tersumbat, hidung mampet, hidung mampet sebelah, hidung tersumbat
pixabay.com
Jahe sebagai salah satu obat alami untuk mengatasi hidung tersumbat

Cara mengatasi hidung mampet sebelah ternyata bisa menggunakan bahan alami. Sejauh ini biasanya kita menggunakan obat-obatan dan terapi untuk mengatasi gangguan pernapasan tersebut. Namun siapa sangka jika bahan-bahan alami yang mudah dijumpai bisa dimanfaatkan untuk mengobati hidung tersumbat. Penasaran apa saja bahan alami tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

Obat Alami Hidung Tersumbat

Ada beberapa pilihan bahan alami yang ternyata bisa digunakan sebagai salah satu cara mengatasi hidung mampet sebelah. Berikut penjelasannya.

1. Bawang merah

Kita pasti sudah sangat akrab dengan bawang merah. Bumbu dapur yang satu ini memang menjadi salah satu ciri khas dari makanan Indonesia yang kita konsumsi setiap harinya. Dibalik rasanya yang sedikit pedas, ternyata bawang merah bisa digunakan sebagai obat alami hidung tersumbat. Untuk menggunakan bawang merah, Anda bisa mengupas bawang merah dan menghirup aromanya. Selain mudah dan murah, obat ini juga cukup efektif untuk mengatasi hidung yang tersumbat dan membuat pernapasan menjadi lebih lega.

2. Bawang putih

Saudara dari bawang merah, yakni bawang putih juga tidak mau kalah. Bawang putih yang memiliki tekstur lebih keras dari bawang merah juga berkhasiat untuk menyembuhkan hidung tersumbat secara alami. Jika bawang merah cukup dihirup lalu bisa menyembuhkan, untuk bawang putih Anda bisa membuatnya menjadi minuman yang menyehatkan. Untuk memanfaatkan kebaikan bawang putih, Anda bisa merebus dua sampai tiga siung bawang putih kemudian air rebusannya diminum.

3. Garam

Bumbu masakan lainnya yang ternyata bisa digunakan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat yaitu garam. Rasanya yang asin dan biasa dijadikan sebagai pelengkap bumbu masakan lain mungkin tak pernah terfikir oleh kita jika garam bisa menjadi obat. Cara untuk memanfaatkan garam sebagai obat saat hidung tersumbat yakni dengan mencampurkan garam dengan segelas air hangat. Kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur. Garam bisa mengencerkan cairan lendir, sehingga hidung menjadi lebih lega dan napas menjadi lebih nyaman.

4. Lemon

Lemon merupakan salah satu buah yang banyak digunakan untuk pengobatan, mulai dari perawatan kecantikan hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Buah yang tinggi kandungan vitamin C ini ternyata bisa juga digunakan sebagai pilhan cara mengatasi hidung mampet sebelah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...