8 Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah Secara Alami

Cara mengatasi hidung mampet sebelah ternyata bisa menggunakan bahan alami. Penasaran apa saja bahan alami tersebut? Simak penjelasan berikut ini.
Image title
29 Juli 2021, 11:36
8 Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah Secara Alami, cara mengatasi hidung mampet sebelah, cara mengatasi hidung tersumbat, obat alami hidung tersumbat, hidung mampet, hidung mampet sebelah, hidung tersumbat
pixabay.com
Jahe sebagai salah satu obat alami untuk mengatasi hidung tersumbat

Cara mengatasi hidung mampet sebelah ternyata bisa menggunakan bahan alami. Sejauh ini biasanya kita menggunakan obat-obatan dan terapi untuk mengatasi gangguan pernapasan tersebut. Namun siapa sangka jika bahan-bahan alami yang mudah dijumpai bisa dimanfaatkan untuk mengobati hidung tersumbat. Penasaran apa saja bahan alami tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

Obat Alami Hidung Tersumbat

Ada beberapa pilihan bahan alami yang ternyata bisa digunakan sebagai salah satu cara mengatasi hidung mampet sebelah. Berikut penjelasannya.

1. Bawang merah

Kita pasti sudah sangat akrab dengan bawang merah. Bumbu dapur yang satu ini memang menjadi salah satu ciri khas dari makanan Indonesia yang kita konsumsi setiap harinya. Dibalik rasanya yang sedikit pedas, ternyata bawang merah bisa digunakan sebagai obat alami hidung tersumbat. Untuk menggunakan bawang merah, Anda bisa mengupas bawang merah dan menghirup aromanya. Selain mudah dan murah, obat ini juga cukup efektif untuk mengatasi hidung yang tersumbat dan membuat pernapasan menjadi lebih lega.

2. Bawang putih

Saudara dari bawang merah, yakni bawang putih juga tidak mau kalah. Bawang putih yang memiliki tekstur lebih keras dari bawang merah juga berkhasiat untuk menyembuhkan hidung tersumbat secara alami. Jika bawang merah cukup dihirup lalu bisa menyembuhkan, untuk bawang putih Anda bisa membuatnya menjadi minuman yang menyehatkan. Untuk memanfaatkan kebaikan bawang putih, Anda bisa merebus dua sampai tiga siung bawang putih kemudian air rebusannya diminum.

Advertisement

3. Garam

Bumbu masakan lainnya yang ternyata bisa digunakan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat yaitu garam. Rasanya yang asin dan biasa dijadikan sebagai pelengkap bumbu masakan lain mungkin tak pernah terfikir oleh kita jika garam bisa menjadi obat. Cara untuk memanfaatkan garam sebagai obat saat hidung tersumbat yakni dengan mencampurkan garam dengan segelas air hangat. Kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur. Garam bisa mengencerkan cairan lendir, sehingga hidung menjadi lebih lega dan napas menjadi lebih nyaman.

4. Lemon

Lemon merupakan salah satu buah yang banyak digunakan untuk pengobatan, mulai dari perawatan kecantikan hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Buah yang tinggi kandungan vitamin C ini ternyata bisa juga digunakan sebagai pilhan cara mengatasi hidung mampet sebelah.

Cara mengobati hidung tersumbat dengan menggunakan buah ini bisa dilakukan dengan Anda bisa memanfaatkan lemon dengan cara mencampurkan air lemon sekitar 2 sendok makan, lalu tambahkan setengah sendok teh lada hitam dan sedikit garam. Anda bisa menghirup campuran tersebut selama beberapa menit. Lakukan dengan rutin hingga hidung Anda sudah tidak tersumbat lagi.

5. Cuka apel

Cuka apel sejauh ini terkenal untuk mengobati jerawat ataupun bekas jerawat. Namun, cuka apel juga bisa digunakan untuk obat alami hidung tersumbat. Anda bisa mencampurkan cuka apel sebanyak 2 sendok teh dalam segelas air hangat. Lalu minum campuran tersebut setidaknya tiga kali sehari. Jika dirasa terlalu masam, Anda bisa menambahkan madu. Lakukan secara rutin hingga gangguan hidung tersumbat Anda hilang.

6. Jus buah tomat

Buah tomat juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi hidung mampet sebelah secara alami. Senyawa yang dimiliki tomat ternyata memiliki sifat anti peradangan yang bisa membantu menyembuhkan hidung tersumbat. Selain meminum jus tomat utuh, Anda juga bisa mencampurkan jus tomat dengan bawang putih dan garam. Kemudian minum campuran jus tersebut setidaknya dua kali sehari.

7. Teh herbal

Bahan alami lainnya yang bisa Anda pilih sebagai cara mengatasi hidung tersumbat yaitu teh herbal. Teh herbal yang diseduh kemudian ditambahkan madu dan lemon ternyata bisa menjadi obat untuk hidung tesumbat. Anti bakteri yang di dalam madu dan kandungan vitamin c dalam lemon bisa mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, teh yang memiliki aroma wangi ini akan membuat Anda lebih rileks dan nyaman.

8. Jahe dan kunyit

Jahe dan kunyit bisa menjadi pilihan cara mengatasi hidung mampir sebelah berikutnya. Mengkonsumsi jahe akan membuat tubuh Anda menjadi hangat sehingga produksi lendir di hidung akan lebih banyak. Dengan jumlah yang banyak, maka lendir-lendir tersebut akan lebih mudah keluar, dan hidung menjadi tidak tersumbat lagi. Sedangkan senyawa yang ada di dalam kunyit terbukti memiliki sifat anti inflamasi yang bisa menyehatkan tubuh. Kedua rempah tersebut juga dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terkena penyakit.

Demikian beberapa cara mengatasi hidung mampet sebelah menggunakan bahan alami yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Meskipun dari bahan alami yang aman, Anda tetap harus bijak dalam melakukan pengobatan alami tersebut, sehingga tidak memberikan efek samping yang berisiko untuk tubuh. Jika cara-cara di atas sudah dilakukan, tapi hidung tetap mampet, sebaiknya Anda segera ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan mendapatkan pengobatan yang lebih tepat.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait