7 Ide Bisnis untuk Mahasiswa Agar Uang Saku Bertambah

Freepik
Ilustrasi, ide bisnis untuk mahasiswa.
Editor: Agung
12/9/2023, 09.15 WIB

Dalam dunia perkualiahan, mahasiswa seringkali mengalami masalah finansial. Hal ini dikarenakan mahasiswa umumnya memiliki kebutuhan yang lebih banyak dibandingkan saat masih sekolah. Terlebih lagi jika mereka adalah mahasiswa rantau dan anak kost, tentunya kebutuhan mereka akan semakin banyak.

Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara mencari uang tambahan. Namun masih banyak mahasiswa yang bingung bagaimana cara mencari tambahan uang saku untuk memenuhi semua kebutuhannya.

Bila Anda juga demikian, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menjalankan bisnis. Cara ini sendiri sering dilakukan mahasiswa, terutama bagi mereka yang memiliki jadwal kuliah yang tidak padat.

Ada banyak peluang bisnis yang cocok dijalankan oleh Anda sebagai mahasiswa. Selain fleksibel, ide bisnis tersebut juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan uang saku tambahan. 

Berikut di bawah ini beberapa ide bisnis tersebut.

Ide Bisnis untuk Mahasiswa

Berikut ini tujuh ide bisnis untuk mahasiswa yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang saku tambahan. 

1. Jasa Fotografi, Edit Foto dan Video 

Ide Bisnis untuk Mahasiswa (Pexels) 

Jika Anda memiliki hobi di bidang fotografi, Anda bisa memanfaatkannya dengan membuka jasa di bidang tersebut. Anda dapat menyewa model untuk portofolio awal yang nantinya bisa ditawarkan untuk membuka jasa pre wedding, foto produk, acara kelulusan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, jika Anda tidak memiliki modal dan alat fotografi, Anda juga bisa membuka usaha di bidang edit foto dan video. Untuk bisa menjalankan usaha, Anda hanya perlu memiliki aplikasi edit foto dan video, sepeti Canva, Adobe Photoshop, Adobe Lightroom, Filmora, CapCut, dan masih banyak lagi.

Saat ini, banyak yang membutuhkan jasa tersebut untuk kebutuhan sosial media maupun untuk kebutuhan komersil. Anda dapat menawarkan jasa Anda ke UMKM sebagai awal, atau mungkin Anda dapat mengambil projek melalui website freelance dimana Anda bisa mengerjakannya di mana saja.

2. Jasa Pengetikan dan Print

Ide Bisnis untuk Mahasiswa (Pexels) 

ide bisnis berikutnya yaitu bisnis jasa pengetikan dan print yang tergolong menjanjikan bagi mahasiswa, terutama bagi yang tinggal/indekos di sekitar lingkungan kampus. Kuliah identik dengan berbagai macam tugas yang mesti diberikan dalam bentuk cetakan.

Dibandingkan mencetak tugas sendiri, saat ini masih banyak mahasiswa yang memilih untuk menggunakan jasa pengetikan dan print. Hal ini dikarenakan masih banyak mahasiswa yang tidak mempunyai perangkat cetak serta waktu untuk mengetik serta mencetak tugas tersebut.

Untuk membuka bisnis ini, Anda perlu memilliki kemampuan mengetik yang handal untuk menghasilkan ketikan yang berkualitas. Dengan demikian, pelanggan akan merasa puas sehingga nantinya mereka akan terus menggunakan jasa Anda.

Untuk bisa menjalankan bisnis ini, Anda hanya perlu memiliki laptop/komputer dan printer sebagai modal utama. Untuk menghemat biaya, Anda bisa membeli perangkat bekas yang masih bagus dengan harga yang lebih murah.

3. Jasa Penerjemah

Ide Bisnis untuk Mahasiswa (Pexels) 

Ide bisnis jasa penerjemah ini cocok dilakukan bagi Anda mahasiswa bahasa asing atau yang memiliki kemampuan bahasa asing yang baik. Bisnis ini sendiri banyak dilakukan oleh mahasiswa karena tidak memerlukan banyak modal atau banyak peralatan.

Untuk melakukan bisnis ini, Anda hanya memerlukan kemampuan bahasa asing yang mumpuni serta peralatan untuk mengetik seperti gadget, laptop, atau komputer yang pada umumnya memang sudah dimiliki oleh mahasiswa.

4. Bisnis Jasa Desain Grafis

Ide Bisnis untuk Mahasiswa (Pexels) 

Bila Anda mahasiswa atau memiliki keahlian desain grafis yang mumpuni, Anda bisa memulai bisnis jasa desain grafis dengan menawarkannya kepada mahasiswa lain atau mungkin dosen. Bisnis ini menuntut keterampilan Anda dalam mengoperasikan software semisal Photoshop untuk melakukan desain grafis.

Dengan ketrampilan desain yang dimiliki,  Anda  dapat memperoleh banyak untung dari klien dengan mengerjakan tugas desain grafis teman, jasa desain kaos, jasa desain website, jasa edit foto, dan jasa desain lainnya.

5. Freelance Writer

Ide Bisnis untuk Mahasiswa (Pexels)

Bila  Anda mememiliki skill menulis yang luar biasa, maka menjadi freelance writer adalah salah satu ide bisnis yang menjanjikan. Bisnis ini tegrolong mudah dikerjakan dan bahkan tidak memerlukan modal.

Hal ini dikarenakan bisnis ini hanya membutuhkan kemampuan menulis, kreativitas, dan imajinasi  Anda . Di samping itu, bisnis ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa terikat waktu.

Tulisan yang ditawarkan juga sangat bervariasi mulai dari artikel umum dengan berbagai topik hingga tulisan kreatif semisal seperti cerpen, cerita bersambung, dan puisi.

6. Bisnis Pulsa Elektrik

Ide Bisnis untuk Mahasiswa (Pexels) 

Bila Anda ingin berbisnis tanpa memerlukan modal besar, maka bisnis pulsa elektrik bisa menjadi pilihan Selain mudah dilakukan, bisnis ini dapat mendatangkan keuntungan yang lumayan apabila dikelola dengan baik.

Dalam sekali penjualan pulsa, Anda bisa mendaptkan keuntungan mulai Rp500-Rp1500. Namun, bisnis pulsa elektrik ini juga memiliki risiko.

Hal ini dikarenakan Anda harus siap dengan konsekuensi adanya utang pembayaran pulsa. Terlebih lagi jika pelanggan tersebut adalah kenalan atau teman Anda. Jadi, sebelum memulai bisnis ini, Anda sebaiknya memperhitungkan kemungkinan-kemungkinan terburuknya terlebih dahulu.

7. Shoes Cleaner

Ide Bisnis untuk Mahasiswa (Pexels)

Bisnis shoes cleaner juga bisa Anda jadikan peluang bisnis yang menguntungkan.Pasalnya, bisnis Shoes cleaner saat ini banyak dicari orang-orang karena alasan kepraktisan.

Banyak orang-orang yang tidak sempat mencuci sepatu mereka atau tidak tahu cara mencuci sepatu dengan baik, karena setiap jenis sepatu mungkin memiliki perwatan yang berbeda dan tidak boleh asal dicuci. Untuk itu bisnis sepatu ini sangat menjanjikan.

Untuk bisa menjalankan bisnis ini dengan baik, Anda bisa belajar di shoes cleaning yang lebih dulu sukses, atau bahkan di internet. Selain menyediakan jasa untuk mencuci sepatu, Anda juga bisa menjadi reseller dari produk-produk pembersih tersebut.