8 Usaha Rumahan yang Cocok untuk Mahasiswa

Kini banyak mahasiswa yang merintis usaha rumahan. Selain untuk mendapat penghasilan, berwirausaha juga bisa menambah pengalaman dan relasi. Berikut ini beberapa ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa.
Image title
12 Januari 2022, 07:46
Ilustrasi usaha rumahan buket snack
instagram/@morfie.id
Ilustrasi usaha rumahan buket snack

Berwirausaha bisa dilakukan siapa saja termasuk anak kuliahan. Saat berkuliah aktivitas belajar mengajar berbeda dengan saat masih sekolah. Saat kuliah jadwal tatap muka di kelas relatif lebih longgar dibandingkan saat masih sekolah. Hal tersebut banyak dimanfaatkan mahasiswa untuk membangun usaha rumahan.

Memiliki bisnis saat masih kuliah memberikan banyak manfaat. Pertama, bisa mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan selama kuliah. Kedua, membangun karir. Banyak anak kuliah yang mulai memikirkan karirnya setelah kuliah. Salah satu cara untuk memulai karir tersebut yaitu dengan membangun usaha sedini mungkin. Ketiga, bisa menambah pengalaman dan relasi.

Walaupun ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika berwirausaha sejak masih kuliah, namun perlu dipahami membangun usaha rumahan saat masih kuliah tidaklah mudah. Kita harus bisa berkomitmen pada diri sendiri untuk membagi waktu, tenaga, dan pikiran antara belajar dan berwirausaha.

Jika sudah yakin dengan keinginan berwirausaha sembari kuliah, tak ada salahnya Anda mulai menjalankan bisnis tersebut. Akan tetapi, jika Anda masih bingung memilih ide bisnis yang cocok untuk anak kuliahan, berikut ini kami berikan beberapa referensinya.

Advertisement

Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

1. Jasa Penerjemah

Sebagai mahasiswa, biasanya kita memiliki kemampuan bahasa asing terutama Bahasa Inggris. Kemampuan tersebut ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bisnis. Anda bisa membuka jasa penerjemah, seperti penerjemah jurnal, buku, atau bahkan skripsi.

Customer dari usaha ini cukup luas, mulai dari sesama mahasiswa ataupun anak sekolah. Jika Anda berasal dari jurusan bahasa atau sastra asing, hal tersebut bisa menjadi nilai tambah tersendiri.

2. Jasa Les Privat

Jasa les privat merupakan usaha rumahan yang lagi trend saat ini. Pasalnya di masa pandemi saat ini, banyak anak sekolah yang merasa kesulitan jika hanya belajar online. Hal tersebut bisa menjadi peluang bisnis untuk para mahasiswa.

Anak kuliahan dianggap memiliki kemampuan lebih dan bisa membantu belajar anak sekolah. Anda bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk menambah penghasilan. Terlebih jika Anda merupakan mahasiswa jurusan pendidikan, tentu saja akan banyak orang tua yang tertarik menggunakan jasa Anda untuk membantu anak-anak mereka belajar.

3. Jasa Fotografi dan Videografi

Jasa fotografi dan videografi biasanya banyak dicari dikalangan mahasiswa untuk beberapa keperluan. Misalnya, foto wisuda, foto organisasi, dan lain sebagainya. Untuk memulai usaha ini Anda tidak harus memiliki kamera terbaru, perangkat sederhana juga bisa digunakan.

Kuncinya yaitu pada kreativitas terutama proses editing. Anda bisa menggunakan beberapa software untuk mengedit foto dan video agar nampak lebih estetik.

4. Jasa Desain Grafis

Selain jasa fotografi dan videografi, usaha rumahan yang cocok untuk mahasiswa lainnya yaitu jasa desain grafis. Kemampuan untuk membuat desain, bisa dimanfaatkan untuk membangun usaha. Saat ini kebutuhan desain grafis mulai banyak dibutuhkan. Jika bisa memanfaatkan peluang ini, maka Anda bisa mendapat banyak keuntungan.

5. Menjual Makanan Kekinian

Usaha jajanan rumahan modal kecil juga bisa menjadi pilihan para mahasiswa yang ingin mulai berwirusaha. Ada banyak makanan kekinian dengan modal yang relatif ringan, seperti churros, corn dog, craffle, donat aneka rasa, dan snack ringan yang inovatif. Produk-produk tersebut bisa Anda jual lewat sosial media.

6. Usaha Buket dan Gift Box

Di waktu-waktu tertentu kebutuhan buket dan gift box di kalangan mahasiswa sangat tinggi. Misalnya saat musim wisuda. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis untuk Anda. Ada banyak jenis buket yang bisa dikembangkan sebagai usaha, misalnya buket bunga, buket snack, buket uang, dan lain sebagainya.

Tak hanya buket, gift box juga bisa menjadi pilihan usaha rumahan modal 50 ribu bagi para mahasiswa. Dengan sentuhan kreativitas dan marketing yang menarik, maka usaha Anda bisa berkembang dengan optimal.

7. Online Shop

Usaha rumahan lainnya yang juga bisa dilakukan anak muda, khususnya mahasiswa yaitu membuka online shop. Memiliki online shop bukan berarti Anda harus memproduksi barang tersebut sendiri. Sebab kini, Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper dari produsen berbagai produk.

Bisanya barang-barang yang dijual mahasiswa di online shop-nya yaitu barang fashion seperti tas, sepatu, baju, celana, kerudung, dan aksesoris. Selain itu, Anda juga bisa menjadi reseller atau dropshipper untuk produk-produk kecantikan baik skincare atau make up.  

8. Agen Pulsa dan Kuota Internet

Kebutuhan pulsa dan kuota internet di kalangan mahasiswa memang cukup tinggi. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai ide bisnis rumahan yang menghasilkan. Dengan modal yang relatif kecil, Anda bisa mendapat keuntungan yang melimpah.

Itulah beberapa usaha rumahan yang cocok untuk mahasiswa. Agar bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut, jangan lupa untuk menyusun model bisnis yang jelas dan menerapkan strategi pemasaran dengan baik.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait