8 Usaha Rumahan yang Cocok untuk Mahasiswa

Siti Nur Aeni
12 Januari 2022, 07:46
Ilustrasi usaha rumahan buket snack
instagram/@morfie.id
Ilustrasi usaha rumahan buket snack

Berwirausaha bisa dilakukan siapa saja termasuk anak kuliahan. Saat berkuliah aktivitas belajar mengajar berbeda dengan saat masih sekolah. Saat kuliah jadwal tatap muka di kelas relatif lebih longgar dibandingkan saat masih sekolah. Hal tersebut banyak dimanfaatkan mahasiswa untuk membangun usaha rumahan.

Memiliki bisnis saat masih kuliah memberikan banyak manfaat. Pertama, bisa mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan selama kuliah. Kedua, membangun karir. Banyak anak kuliah yang mulai memikirkan karirnya setelah kuliah. Salah satu cara untuk memulai karir tersebut yaitu dengan membangun usaha sedini mungkin. Ketiga, bisa menambah pengalaman dan relasi.

Walaupun ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika berwirausaha sejak masih kuliah, namun perlu dipahami membangun usaha rumahan saat masih kuliah tidaklah mudah. Kita harus bisa berkomitmen pada diri sendiri untuk membagi waktu, tenaga, dan pikiran antara belajar dan berwirausaha.

Jika sudah yakin dengan keinginan berwirausaha sembari kuliah, tak ada salahnya Anda mulai menjalankan bisnis tersebut. Akan tetapi, jika Anda masih bingung memilih ide bisnis yang cocok untuk anak kuliahan, berikut ini kami berikan beberapa referensinya.

Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

1. Jasa Penerjemah

Sebagai mahasiswa, biasanya kita memiliki kemampuan bahasa asing terutama Bahasa Inggris. Kemampuan tersebut ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bisnis. Anda bisa membuka jasa penerjemah, seperti penerjemah jurnal, buku, atau bahkan skripsi.

Customer dari usaha ini cukup luas, mulai dari sesama mahasiswa ataupun anak sekolah. Jika Anda berasal dari jurusan bahasa atau sastra asing, hal tersebut bisa menjadi nilai tambah tersendiri.

2. Jasa Les Privat

Jasa les privat merupakan usaha rumahan yang lagi trend saat ini. Pasalnya di masa pandemi saat ini, banyak anak sekolah yang merasa kesulitan jika hanya belajar online. Hal tersebut bisa menjadi peluang bisnis untuk para mahasiswa.

Anak kuliahan dianggap memiliki kemampuan lebih dan bisa membantu belajar anak sekolah. Anda bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk menambah penghasilan. Terlebih jika Anda merupakan mahasiswa jurusan pendidikan, tentu saja akan banyak orang tua yang tertarik menggunakan jasa Anda untuk membantu anak-anak mereka belajar.

3. Jasa Fotografi dan Videografi

Jasa fotografi dan videografi biasanya banyak dicari dikalangan mahasiswa untuk beberapa keperluan. Misalnya, foto wisuda, foto organisasi, dan lain sebagainya. Untuk memulai usaha ini Anda tidak harus memiliki kamera terbaru, perangkat sederhana juga bisa digunakan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...