CPNS Setjen 2023, Link Daftar, Formasi dan Daftar Gaji Secara Lengkap

Katadata
Ilustrasi CPNS Setjen 2023
Penulis: Tifani
Editor: Safrezi
25/9/2023, 10.06 WIB

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (Setjen DPR RI) telah mengumumkan lowongan formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2023. CPNS Setjen 2023 terbuka untuk lulusan D-III hingga S2 atau jenjang magister.

Sebaran formasi CPNS Setjen DPR RI tersebut tercantum dalam Pengumuman Nomor: 01/PANSEL PENGADAAN CPNS/09/2023 yang dikeluarkan oleh Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Berdasarkan pengumuman tersebut, Setjen DPR RI membuka sebanyak 98 formasi untuk beberapa jabatan.

Berikut informasi lengkap mengenai CPNS Setjen DPR RI 2023

CPNS Setjen 2023

Ilustrasi CPNS (Katadata)

Terdapat dua jenis penetapan kebutuhan Aparatur Sipil Negara untuk CPNS Setjen DPR RI 2023, yakni kebutuhkan umum dan khusus. CPNS kebutuhkan khusus Setjen DPR RI diperuntukan untuk lulusan terbaik atau cumlaude, penyandang disabilitas, dan putra/putri Papua/Papua Barat/Papua Pegunungan/Papua Selatan/Papua Tengah/Papua Barat Daya.

Daftar Formasi CPNS Setjen DPR RI 2023 Beserta Gajinya

Seperti informasi di atas, Setjen DPR RI membuka total 98 formasi CPNS 2023 yang akan terbagi ke dalam 4 jabatan. Berikut daftar formasi CPNS Setjen 2023.

Ahli Pertama Sebagai Analis Legislatif

  • Tugas Jabatan: Melakukan kegiatan analisis, asistensi, dan ekspose hasil analisis dalam rangka mendukung pelaksanaan fungsi, tugas, dan wewenang lembaga legislatif.
  • Jumlah alokasi kebutuhan: 35 Formasi
  • Kualifikasi pendidikan: S-2 Ilmu Pertahanan, Ilmu Gender, Ilmu Kesehatan, Teknik Industri, Teknik Sipil, Ilmu Komunikasi, Hukum Internasional, Ilmu Politik, Pengelolaan Sumber Daya Alam, Ilmu Pertanian, Hukum Administrasi Negara, Transportasi, Teknik Lingkungan, Manajemen, Pertambangan, Ilmu Hukum, Keuangan & Perbankan, dan Ilmu Kelautan
  • Rentang gaji: Rp. 2.579.000 - Rp. 5.898.000

Ahli Pertama Sebagai Analis Pemantauan Peraturan Perundang-Undangan

  • Tugas Jabatan: Melaksanakan kegiatan bidang pengkajian evaluasi peraturan perundang-undangan.
  • Jumlah alokasi kebutuhan: 7 Formasi
  • Kualifikasi Pendidikan: S-1 Ilmu Hukum
  • Rentang gaji: Rp. 2.579.000 - Rp. 5.898.000

Ahli Pertama Sebagai Perisalah Legislatif

  • Tugas Jabatan: Melaksanakan kegiatan di bidang risalah legislatif, yang meliputi penyusunan risalah rapat, penyusunan dokumen kelengkapan risalah rapat, penyusunan analisis dan anotasi himpunan risalah rapat, serta pengembangan sistem risalah rapat legislatif
  • Jumlah alokasi kebutuhan : 27 Formasi
  • Kualifikasi pendidikan: S-1 & D-IV Ilmu Pemerintah, Ilmu Manajemen, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hukum, Ilmu Administrasi Public/negara, atau Ilmu Hubungan Internasional, dan D-IV Administrasi Pemerintahan
  • Rentang gaji: Rp. 2.579.000 – Rp. 5.898.000

Terampil Sebagai Asisten Perisalah Legislatif

  • Tugas Jabatan: Melaksanakan kegiatan di bidang persiapan penyusunan risalah legislatif, yang meliputi perekaman, pembuatan transkrip, dan pelaporan hasil transkrip legislatif.
  • Jumlah alokasi kebutuhan: 29 Formasi
  • Kualifikasi pendidikan: D-III Administrasi Perkantoran, Sekretari/Kesekretariatan, Administrasi Publik, Manajemen Informasi dan Dokumen, atau Manajemen Administrasi
  • Rentang gaji: Rp. 2.301.800 – Rp. 5.003.800

Link Pendaftaran CPNS Setjen 2023

TES CPNS DKI JAKARTA (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Kanal informasi CPNS 2023 bisa di cek melalui :
1. https://sscasn.bkn.go.id/
2. https://www.dpr.go.id/cpns

Unit Penempatan CPNS Setjen DPR RI 2023

Adapun CPNS DPR RI yang lolos seleksi akan ditempatkan di beberapa unit berikut ini:

  • Sekretariat Jenderal
  • Badan Keahlian
  • Pusat Analisis Keparlemenan
  • Pusat Pemantauan Pelaksanaan Undang-Undang
  • Deputi Bidang Persidangan
  • Biro Persidangan I
  • Bagian Risalah
  • Subbagian Pelayanan Risalah

Persyaratan Dokumen Seleksi CPNS Setjen 2023

Setiap pelamar wajib mengunggah dokumen persyaratan administrasi pada laman https://sscasn.bkn.go.id. Berikut beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi bagi pelamar dalam seleksi CPNS DPR RI 2023:

1. Surat lamaran yang ditujukan kepada Sekretariat Jenderal DPR RI (format dapat diunduh melalui laman https://www.dpr.go.id/cpns);
2. Hasil unggah pas foto terbaru background merah, berkemeja putih dengan kerah rapi dan formal;
3. Scan asli KTP-el;
4. Surat Pernyataan ditandatangani dengan pena bertinta hitam dan dibubuhi materai elektronik (format dapat diunduh melalui laman https://www.dpr.go.id/cpns);
5. scan ijasah asli;
6. scan asli transkrip nilai;
7. scan akreditasi khusus bagi pelamar lulusan perguruan tinggi dalam negeri (https:banpt.or.id)

Dokumen Persyaratan Kebutuhan Umum CPNS DPR RI

TES CPNS DI BANTEN (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)
 

Pelamar CASN di Setjen DPR RI wajib mengunggah dokumen persyaratan administrasi pada laman https://sscasn.bkn.go.id, sebagai berikut:

1. Surat lamaran ditujukan kepada Sekretaris Jenderal DPR RI c.q. Ketua Pansel Pengadaan CPNS Sekretariat Jenderal DPR RI (format surat lamaran dapat diunduh di laman https://www.dpr.go.id/cpns ditandatangani dengan pena bertinta hitam dan di bubuhi meterai elektronik (e-meterai).

2. Hasil unggah Pasfoto terbaru berlatar belakang merah, berpakaian rapi, berkemeja putih dengan kerah dan sikap formal.

3. Hasil pindai (scan) asli KTP-el atau asli surat keterangan pengganti KTP-el/asli surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

4. Surat Pernyataan ditandatangani dengan pena bertinta hitam dan dibubuhi meterai elektronik (e-meterai). Format surat pernyataan dapat diunduh di laman https://www.dpr.go.id/cpns.

5. Hasil pindai (scan) asli Ijazah sesuai persyaratan jabatan yang dilamar.

6.Hasil pindai (scan) asli Ijazah dan asli surat penyetaraan ijazah luar negeri, dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi sesuai persyaratan formasi yang dilamar bagi Pelamar lulusan perguruan tinggi luar negeri (dijadikan dalam 1 file bertipe pdf).

7. Hasil pindai (scan) asli Transkrip Nilai, sesuai persyaratan jabatan yang dilamar.

8. Hasil pindai (scan) asli Transkrip Nilai dan asli surat penyetaraan Transkip Nilai lulusan luar negeri dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi bagi Pelamar lulusan perguruan tinggi luar negeri (dijadikan dalam 1 file bertipe pdf).

9. Hasil pindai (scan) akreditasi khusus bagi pelamar lulusan perguruan tinggi dalam negeri yang menyatakan.
a) Perguruan Tinggi terakreditasi pada saat kelulusan; dan
b) Program Studi terakreditasi pada saat kelulusan.
Hasil pindai (scan) dapat berupa sertifikat akreditasi atau hasil cetakan tangkapan layar (screen capture) yang memuat status akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), pada laman https://banpt.or.id bagi Pelamar yang pada ijazah/transkrip nilai tidak tercantum akreditasinya.