Nilai Ambang Batas SKD CPNS 2023 dan Tips Mengerjakannya

ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
Ilustrasi, panitia seleksi dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengawasi peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
Penulis: Anggi Mardiana
Editor: Agung
26/9/2023, 12.10 WIB

Nilai ambang batas SKD CPNS 2023 telah dirilis secara resmi. Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 651 Tahun 2023 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan PNS Tahun Anggaran 2023.

Nilai ambang batas atau passing grade harus dicapai oleh peserta CPNS 2023. Untuk tesnya sendiri terdiri atas tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU) dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Ilustrasi, tes CPNS (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko/foc.)

Nilai Ambang Batas SKD CPNS 2023

Seperti diketahui, tes SKD CPNS 2023 terdiri dari tiga. Pertama, TWK, yakni yang diberikan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan yang mengimplementasikan bela negara, nasionalisme, integritas, pilar negara dan bahasa. Tes TWK memiliki nilai ambang batas 65.

Kedua, TIU, yakni tes yang bertujuan untuk menilai penguasaan kemampuan dan pengetahuan dalam mengimplementasikan kemampuan numerik, figural dan verbal. Tes TIU memiliki nilai ambang batas 80.

Terakhir, TKP, yakni tes menilai penguasaan terhadap pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan numerik, figural dan verbal. Tes ini bertujuan menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan sosial budaya, pelayanan publik, jejaring kerja, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalime serta anti radikalisme. Nilai ambang batas atau passing grade TKP, adalah 166

Passing grade atau nilai ambang batas itu dikecualikan untuk peserta yang daftar pada penetapan kebutuhan khusus, diaspora, lulusan cumlaude, penyandang disabilitas dan putra/putri wilayah Papua. Lebih lanjut, penetapan nilai ambang batas bagi peserta untuk penetapan kebutuhan khusus yaitu sebagai berikut:

  • Lulusan cumlaude dengan nilai kumulatif SKD terendah 311 dan nilai TIU paling rendah yaitu 85.
  • Bagi penyandang disabilitas, nilai kumulatif SKD paling rendah 286 dan TIU paling rendah 60.
  • Putra-putri wilayah Papua mencapai nilai kumulatif SKD paling rendah yaitu 286 dan TIU paling rendah 60.

Tips Mengerjakan Soal SKD CPNS 2023

Agar lulus CPNS 2023 memerlukan strategi tertentu. Pada tahun 2021, tes SKD CPNS terdiri atas 30 soal TWK, 35 soal TIU dan 45 soal TKP. Dari total 110 soal tes itu harus selesai dalam waktu 100 menit dan wajib memenuhui passing grade. Berikut tips mengerjakannya:

1. Mulai dari Soal TKP

TKP memiliki tingkat kesulitan lebih rendah daripada tes TIU dan TWK. Untuk mengerjakan soalnya tidak memerlukan rumus tertentu, cukup menggunakan nalar dan perbandingan. Dalam soal ini tidak ada benar salah melainkan skor nilai 1-5.

2. Kerjakan 1 Soal 1 Menit

Durasi waktu tes SKD CPNS 2023 yaitu 100 menit dengan total soal 110. Artinya Anda perlu menjawab 1 soal paling lama 1 menit. Usahakan kerjakan soal dari yang paling mudah.

3. Catat Nomor Soal yang Sulit

Jika Anda menemukan soal yang sulit sebaiknya cotot nomor tersebut di kertas coretan yang telah disediakan. Cara ini berguna untuk mempersingkat waktu saat mencari soal mana saja yang masih kosong.

4. Menjawab Seluruh Soal

Tips lolos SKD CPNS 2023 berikutnya menjawab seluruh latihan soal SKD. Jangan sampai Anda mengosongkan satu soal pun karena jawaban salah tidak akan mengurangi nilai.

Ilustrasi, proses verifikasi peserta tes SKD CPNS (Katadata)

5. Latihan Simulasi CAT

Tes seleksi CPNS 2023 menggunakan sistem komputerisasi atau CAT. Sebelum menghadapi tes SKD CPNS 2023 sebaiknya perbanyak berlatih mengerjakan soal dengan menggunakan simulasi CAT.

6. Perbanyak Latihan Soal

Cara cepat mengerjakan soal SKD CPNS 2023 yaitu sering mengerjakan latihan soal. Anda bisa mengerjakan soal CPNS dari kursus, website, buku atau media sosial.

Itulah nilai ambang batas CPNS 2023 yang harus Anda capai. Untuk mencapai nilai ambang batas saat tes CPNS bisa mencoba mengisi soal dari soal yang paling mudah dan sering mengerjakan latihan soal sebelumnya.