Tokopedia, salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia, baru-baru ini mengungkapkan produk-produk favorit yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia selama kuartal III 2023. 

Sepanjang kuartal III 2023, fashion, otomotif, elektronik, rumah tangga, dan kebutuhan sehari-hari atau groceries (seperti makanan dan minuman, kesehatan serta perawatan tubuh) menjadi beberapa kategori produk yang paling laris di Tokopedia.

Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Rizky Juanita Azuz mengatakan, memasuki momen menjelang akhir tahun, Tokopedia terus berupaya membantu lebih dari 14 juta penjual di Tokopedia, termasuk UMKM lokal, agar bisa makin memaksimalkan peluang usaha.

"Misalnya, dengan menggencarkan inisiatif Hyperlocal berteknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada, agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia dapat memperluas pasar dan meraja di negeri sendiri," kata Rizky dalam keterangannya dikutip Kamis (5/10).

"Salah satu contoh manifestasi Hyperlocal adalah Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. Ada pula Dilayani Tokopedia, layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi," kata Rizky.

Kemudian, Tokopedia juga terus memberi pendampingan bisnis online bagi UMKM lokal. Contohnya, lewat Pusat Edukasi Seller yang dapat diakses UMKM secara gratis untuk mendapatkan banyak materi tentang pengembangan usaha.

"Tokopedia bersama pemerintah daerah juga rutin mengadakan Kelas Maju Digital untuk UMKM lokal di Jabodetabek, Medan, Bandung, Solo, Surabaya, Semarang, Denpasar dan masih banyak lagi," tambah Rizky.

Produk yang Paling Dicari di Tokopedia Mulai dari Sumatra hingga Papua

Berdasarkan data, tren pencarian masyarakat lewat Tokopedia di berbagai pulau di Indonesia sepanjang kuartal III 2023 dibandingkan kuartal III 2022, yang dapat menjadi referensi UMKM untuk berjualan online jelang akhir tahun.

  • Pulau Sumatra: Sepatu Tenis hingga Mainan Anak

Belakangan ini, olahraga tenis kian digemari banyak masyarakat. "Tokopedia mencatat di wilayah Sumatra Utara, jumlah pencarian terhadap produk sepatu tenis naik hampir 1,5 kali lipat. UMKM pemula bisa memanfaatkan tren olahraga ini sebagai ide jualan online," jelas Rizky.

Sementara di Sumatra Barat, produk sembako seperti sayuran beku mengalami kenaikan jumlah pencarian di Tokopedia hingga lebih dari dua kali lipat. Dan di Sumatra Selatan, Tokopedia mencatat jumlah pencarian terhadap produk mainan dan hobi yang sering dimainkan anak-anak, seperti bola bekel, melonjak lebih dari 3 kali lipat.

"Untuk membantu pelaku usaha mendapatkan panggung lebih luas dalam menjual produk yang berkaitan dengan mainan dan hobi, Tokopedia memiliki kampanye Tokopedia Funstation," tambah Rizky.

  • Pulau Jawa: Kebaya Pengantin hingga Motor Listrik

Jumlah pencarian terhadap kebaya pengantin di Tokopedia, khususnya di Jawa Barat, naik hampir tiga kali lipat. Kemudian di Jawa Tengah, pencarian untuk apple vinegar atau cuka apel mengalami kenaikan hingga tiga kali lipat di Tokopedia. Kendaraan listrik seperti mobil dan motor yang berteknologi ramah lingkungan makin menarik perhatian masyarakat.

  • Pulau Kalimantan: Diecast Mobil hingga Aksesoris Nail Art

Tokopedia mencatat di Kalimantan Barat, pencarian terhadap produk mainan dan hobi seperti diecast mobil mengalami lonjakan hingga hampir 2 kali lipat.

"Tak hanya di Pulau Sumatra, masyarakat di Kalimantan pun ikut merasakan euforia olahraga tenis. Hal tersebut sejalan dengan data Tokopedia, khususnya di Kalimantan Timur, bahwa jumlah pencarian produk tas raket tenis sebagai penunjang olahraga turut meningkat hingga lebih dari 3 kali lipat," ucap Rizky.

  • Pulau Sulawesi: Makanan Muesli hingga Celana Lari Perempuan

Tren pencarian online masyarakat di Sulawesi pun sangat beragam. Misalnya, di Sulawesi Tenggara, jumlah pencarian untuk makanan muesli, yang dikenal sebagai sumber protein dan antioksidan, mengalami kenaikan lebih dari 2,5 kali lipat.

Sedangkan di Sulawesi Tengah, masyarakat cenderung banyak mencari produk kecantikan. Hal ini terbukti dari jumlah pencarian untuk produk eye primer, yang bisa membuat riasan mata menjadi makin tahan lama, meningkat lebih dari 2,5 kali lipat.

  • Pulau Bali: Buku hingga Wortel

Tokopedia mencatat masyarakat di Bali cenderung banyak mencari produk yang dapat menunjang kegiatan hobi, seperti membaca buku. Hal ini terbukti dari kenaikan jumlah pencarian buku hiburan hingga hampir dua kali lipat.

Selain itu, produk fashion perempuan juga masih dicari oleh masyarakat di Bali. Tokopedia mencatat jumlah pencarian baju renang untuk ibu hamil, naik lebih dari 1,5 kali lipat.

  • Kepulauan Nusa Tenggara: Sepeda BMX hingga Scarf

Tokopedia mencatat jumlah pencarian produk olahraga seperti sepeda BMX di Nusa Tenggara Timur, naik hampir 1,5 kali lipat. Selain itu, masyarakat di Nusa Tenggara Timur juga banyak mencari produk jurnal atau diary, yang terbukti dari kenaikan jumlah pencarian produk tersebut hingga hampir 2 kali lipat.

  • Kepulauan Maluku: Crop Top hingga Dekorasi Natal

Sementara di Maluku, berbagai produk fashion kian dicari masyarakat di kuartal III 2023 lewat Tokopedia. Terlihat dari kenaikan jumlah pencarian terhadap produk busana muslim family set yang naik lebih dari tiga kali lipat. Produk fashion perempuan lain seperti crop top juga mengalami kenaikan jumlah pencarian di Tokopedia, khususnya di Maluku, hingga lebih dari lima kali lipat.

Selain itu, masyarakat di Maluku juga mulai mencari produk dekorasi natal untuk akhir tahun. Hal ini terbukti dari jumlah pencarian pohon natal yang naik hingga lebih dari 4 kali lipat.

"Penjual bisa memanfaatkan berbagai fitur di Tokopedia, misalnya 'Flash Sale Toko', 'Diskon Toko' dan 'Kupon Toko', untuk menarik lebih banyak pembeli di momentum belanja masyarakat, seperti saat jelang akhir tahun," tambah Rizky.

  • Pulau Papua: Kursi Goyang hingga Kopi Literan

Tokopedia mencatat pencarian kursi goyang di kategori Rumah Tangga naik lebih dari dua kali lipat. Selain itu, produk fashion anak seperti beanie atau kupluk untuk anak mengalami kenaikan jumlah pencarian di Papua hingga lebih dari 3,5 kali lipat.

Pelaku usaha bisa memanfaatkan peluang ini untuk berjualan kupluk dengan berbagai macam pilihan desain hingga material berkualitas yang dapat digunakan untuk masyarakat Papua yang banyak tinggal di kawasan sejuk atau dingin.

"Tokopedia membuka peluang bagi UMKM lokal dari segala latar belakang dan memenuhi berbagai kriteria untuk bergabung di Tokopedia NYAM!, panggung khusus untuk pelaku usaha makanan dan minuman dari seluruh penjuru di Indonesia," jelas Rizky.