Tokopedia Ungkap Produk Favorit untuk Ide Jualan Online Akhir Tahun

Nadhira Shafa
6 Oktober 2023, 15:36
Ide jualan online, ide bisnis, produk favorit tokopedia, tokopedia
Tokopedia
Tokopedia

Tokopedia, salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia, baru-baru ini mengungkapkan produk-produk favorit yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia selama kuartal III 2023. 

Sepanjang kuartal III 2023, fashion, otomotif, elektronik, rumah tangga, dan kebutuhan sehari-hari atau groceries (seperti makanan dan minuman, kesehatan serta perawatan tubuh) menjadi beberapa kategori produk yang paling laris di Tokopedia.

Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Rizky Juanita Azuz mengatakan, memasuki momen menjelang akhir tahun, Tokopedia terus berupaya membantu lebih dari 14 juta penjual di Tokopedia, termasuk UMKM lokal, agar bisa makin memaksimalkan peluang usaha.

"Misalnya, dengan menggencarkan inisiatif Hyperlocal berteknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada, agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia dapat memperluas pasar dan meraja di negeri sendiri," kata Rizky dalam keterangannya dikutip Kamis (5/10).

"Salah satu contoh manifestasi Hyperlocal adalah Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. Ada pula Dilayani Tokopedia, layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi," kata Rizky.

Kemudian, Tokopedia juga terus memberi pendampingan bisnis online bagi UMKM lokal. Contohnya, lewat Pusat Edukasi Seller yang dapat diakses UMKM secara gratis untuk mendapatkan banyak materi tentang pengembangan usaha.

"Tokopedia bersama pemerintah daerah juga rutin mengadakan Kelas Maju Digital untuk UMKM lokal di Jabodetabek, Medan, Bandung, Solo, Surabaya, Semarang, Denpasar dan masih banyak lagi," tambah Rizky.

Produk yang Paling Dicari di Tokopedia Mulai dari Sumatra hingga Papua

Berdasarkan data, tren pencarian masyarakat lewat Tokopedia di berbagai pulau di Indonesia sepanjang kuartal III 2023 dibandingkan kuartal III 2022, yang dapat menjadi referensi UMKM untuk berjualan online jelang akhir tahun.

  • Pulau Sumatra: Sepatu Tenis hingga Mainan Anak

Belakangan ini, olahraga tenis kian digemari banyak masyarakat. "Tokopedia mencatat di wilayah Sumatra Utara, jumlah pencarian terhadap produk sepatu tenis naik hampir 1,5 kali lipat. UMKM pemula bisa memanfaatkan tren olahraga ini sebagai ide jualan online," jelas Rizky.

Sementara di Sumatra Barat, produk sembako seperti sayuran beku mengalami kenaikan jumlah pencarian di Tokopedia hingga lebih dari dua kali lipat. Dan di Sumatra Selatan, Tokopedia mencatat jumlah pencarian terhadap produk mainan dan hobi yang sering dimainkan anak-anak, seperti bola bekel, melonjak lebih dari 3 kali lipat.

"Untuk membantu pelaku usaha mendapatkan panggung lebih luas dalam menjual produk yang berkaitan dengan mainan dan hobi, Tokopedia memiliki kampanye Tokopedia Funstation," tambah Rizky.

  • Pulau Jawa: Kebaya Pengantin hingga Motor Listrik

Jumlah pencarian terhadap kebaya pengantin di Tokopedia, khususnya di Jawa Barat, naik hampir tiga kali lipat. Kemudian di Jawa Tengah, pencarian untuk apple vinegar atau cuka apel mengalami kenaikan hingga tiga kali lipat di Tokopedia. Kendaraan listrik seperti mobil dan motor yang berteknologi ramah lingkungan makin menarik perhatian masyarakat.

  • Pulau Kalimantan: Diecast Mobil hingga Aksesoris Nail Art

Tokopedia mencatat di Kalimantan Barat, pencarian terhadap produk mainan dan hobi seperti diecast mobil mengalami lonjakan hingga hampir 2 kali lipat.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement