Cara Membuat Website dengan Mudah dan Cepat

Pexels
Cara Membuat Website
Editor: Agung
18/1/2024, 12.15 WIB

Membuat situs secara gratis dapat dilakukan dengan mudah tanpa memerlukan keterampilan pemrograman. Artinya, pemula tidak perlu merasa kesulitan untuk memahami cara membuat website yang menarik dan informatif.

Di era globalisasi saat ini, memiliki situs web yang profesional menjadi kebutuhan esensial bagi hampir semua orang. Sebuah situs web yang berkualitas dapat berfungsi sebagai alat pemasaran, platform toko, showcase untuk karya dan keterampilan, sarana komunikasi, serta sebagai mesin untuk meningkatkan citra merek secara bersamaan.

Berkenaan dengan itu, menarik mengetahui cara membuat website lengkap. Simak penjelasannya sebagai berikut.

Cara Membuat Website

Cara Membuat Website (Pexels) 

Dalam membuat website, pemula perlu memahami istilah-istilah asing dan situs yang dituju untuk membuatnya. Berikut ini langkah-langkah terstruktur dalam cara membuat website yang mudah dan cepat:

1. Penentuan Jenis Website yang Dibuat

Cara membuat website yang pertama adalah menentukan jenis situs yang ingin dibuat. Sebelum mulai membuat situs web, disarankan untuk mencari inspirasi di internet yang dapat membantu mengidentifikasi jenis situs yang sesuai dengan keinginan.

Proses ini akan membantu mempermudah langkah-langkah berikutnya, termasuk dalam pemilihan domain yang terjangkau dan platform website yang akan digunakan. Sebagai referensi, beberapa jenis situs web yang sedang populer yakni web toko online, web edukasi, web pribadi, berita, komunitas online, portofolio, dan lain sebagainya.

2. Menentukan Nama Domain Website

Menentukan nama domain yang sesuai sangat krusial untuk suatu situs web. Hal ini dikarenakan domain berperan sebagai alamat situs dan dapat menjadi identitas merek dari situs tersebut. Selain itu, domain berfungsi sebagai alamat yang memudahkan pengunjung untuk mengakses situs tanpa perlu mengingat serangkaian angka atau alamat IP.

Cara Membuat Website (Pexels) 

3. Tentukan Web Hosting

Setelah memutuskan dan mengidentifikasi jenis situs web yang akan dibuat, langkah berikutnya adalah memperoleh layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan. Hosting web adalah tempat penyimpanan online yang akan menampung semua data situs.

Dalam memilih paket hosting yang sesuai, pastikan menggunakan layanan yang terpercaya dan andal. Hal ini sangat penting karena dapat memengaruhi kinerja keseluruhan situs web yang akan dibuat.

Ada berbagai opsi hosting web yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Dalam pembuatan situs web, terdapat tiga jenis hosting yang dapat dipertimbangkan, yaitu shared hosting, cloud hosting, dan VPS hosting.

Shared hosting merupakan opsi yang sangat tepat jika sedang memulai pembuatan situs web yang bersifat sederhana. Layanan ini merupakan jenis server yang menyediakan tempat bagi banyak pengguna dan ditujukan untuk situs web dengan skala kecil hingga menengah.

Prinsip kerja shared hosting dapat diibaratkan sebagai moda transportasi umum, seperti bus atau kereta. Beberapa situs web menggunakan sumber daya yang sama dari satu server fisik, mirip dengan penumpang yang berbagi transportasi umum.

Kelebihan shared hosting adalah instalasi yang mudah. Pengaturan alat yang populer dapat dilakukan dengan mudah, seperti skrip e-commerce, sistem manajemen konten, platform blogging, perangkat lunak forum, dan banyak lagi.

Berikutnya, cloud hosting merupakan layanan yang sangat sesuai untuk situs web toko online, proyek berskala besar, dan situs berita online yang memiliki kunjungan berkala dari pengunjung yang kembali untuk mengakses informasi. Layanan ini menggabungkan kemudahan shared hosting dengan kecanggihan virtual server.

Laptop (Pexels) 

Cara kerjanya adalah dengan menyimpan salinan website di beberapa server fisik yang bekerja secara bersamaan. Jika demikian, apabila satu server mengalami gangguan, server lain dalam cluster tersebut akan mengambil alih untuk menjaga agar situs web tetap online.

Kelebihan cloud hosting yakni menyediakan sertifikat SSL seumur hidup. SSL adalah protokol HTTPS pada situs Anda, yang sekarang menjadi standar keamanan web terbaru.

Selain itu IP server yang diberikan adalah satu-satunya yang dipesan khusus untuk situs Anda. Bahkan, resource pun terpisah jika dibandingkan shared hosting.

VPS atau virtual private server adalah pilihan yang tepat bagi pengguna yang menginginkan kebebasan dan kendali penuh untuk mengelola platform dan situs web mereka. Namun, untuk menggunakan VPS hosting, pengguna harus memiliki keterampilan dalam manajemen server dan memahami cara mengoperasikan terminal.

Secara singkat, VPS hosting menyediakan tingkat kustomisasi yang tinggi untuk semua opsi yang tersedia. Mulai dari sistem operasi hingga tumpukan perangkat lunak (software stack), semuanya dapat dikelola karena adanya akses root.

Demikian penjelasan mengenai cara membuat website yang dapat diterapkan. Berikutnya dapat dipahami membuat website cukup mudah jika mengetahui polanya.