7 Ide Jualan Bulan Puasa untuk Menambah Penghasilan

PT Sasa Inti
Es Pisang Ijo
Penulis: Ghina Aulia
Editor: Safrezi
13/3/2024, 12.54 WIB

Bulan Ramadhan sudah datang, seiring dengan kewajiban berpuasa bagi umat Islam. Di Indonesia, suasana bulan puasa diikuti dengan banyaknya pedagang takjil yang bertengger setiap menjelang waktu berbuka puasa.

Tentu saja hal ini dapat dijadikan ladang keuntungan untuk sejumlah pedagang. Tak terkecuali Anda yang mungkin sedang ingin menambah penghasilan.

Berjualan saat bulan puasa bisa jadi peluang bisnis untuk meraup untung. Caranya yaitu dengan menjual makanan dan minuman.

Maka dari itu, kali ini kami ingin membahas lebih lanjut tentang berbagai ide jualan bulan puasa yang layak dipertimbangkan. Berikut lengkapnya.

Ide Jualan Bulan Puasa

1. Es Buah

Es Buah (PT Sasa Inti)

Ide jualan bulan puasa tentu tidak jauh dari yang namanya menu untuk berbuka. Salah satunya adalah es buah, yakni hidangan segar pelepas dahaga.

Es buah dibuat menggunakan potongan buah-buahan yang dicampur dengan sirup dan es batu. Paling mantap disajikan dalam keadaan dingin ketika berbuka.

Anda bisa mematok harga jual yang disesuaikan dengan modal. Hal ini juga bisa mengacu pada perbedaan harga bahan baku di setiap daerah.

Pilihlah buah-buahan segar dan sirup yang aman dikonsumsi. Hindari pemanis buatan secara berlebih. Selain itu, Anda juga bisa memilih kemasan yang bagus dari segi tampilan dan efisiensi agar tidak mudah tumpah dan sobek.

2. Kolak Pisang

Kolak Pisang (Endeus TV)

Kolak pisang merupakan ide jualan bulan puasa yang merupakan jajanan tradisional. Tentu saja menu satu ini jarang ketinggalan saat momentum Ramadhan.

Kolak pisang dapat disajikan dalam keadaan dingin dan hangat. Anda bisa mencampurkan es batu agar semakin segar. Gunakan pisang yang empuk agar ketika digigit cepat hancur.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan potongan singkong sebagai variasi. Gunakan santan yang masih segar untuk menghindari cepat basi.

Penting untuk Anda mengolah kolak di waktu yang tepat. Hal ini mengacu pada sifatnya yang mudah basi karena kandungan santan.

3. Kue Kering

NASTAR (detikFood)

Kue kering merupakan menu Ramadhan yang juga tak boleh ketinggalan. Meski umum disajikan hanya ketika Idul Fitri, tentu kue kering bisa dijadikan ide jualan sebagai ladang keuntungan.

Contoh dari kue kering yang laku di pasaran yaitu, nastar, putri salju, kastengel, kue mawar, kue sagu, kue semprit, kue kacang tanah, dan masih banyak lagi. Di zaman sekarang juga muncul variasi terbaru yang disesuaikan dengan selera pelanggan.

Untuk membuatnya, Anda bisa mengakses berbagai resep di internet yang menjelaskan tentang bahan dan cara memasak. Ada pun alat yang harus disiapkan adalah oven atau pemanggang.

4. Cireng Isi

Cireng isi ayam pedas (Cookpad)

Ide jualan bulan puasa berikutnya adalah cireng isi. Jajanan satu ini memiliki tekstur kenyal dengan isi yang beragam. Termasuk ayam suwir, keju, tetelan, kornet, ikan, dan masih banyak lagi.

Diketahui bahwa modal membuat cireng isi relatif murah. Anda hanya memerlukan tepung aci atau singkong sebagai bahan utama. Sementara isinya disesuaikan dengan keinginan.

Jangan lupa untuk menyajikan sambal sebagai cocolan agar rasa cireng semakin nikmat ketika dimakan dalam satu gigitan. Patok harga sesuai dengan modal dan tenaga yang digunakan.

5. Gorengan

BLT MINYAK GORENG UNTUK MASYARAKAT (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.)

Gorengan merupakan jajanan tradisional yang sangat dekat dengan masyarakat Indonesia. Menggunakan bahan utama tepung terigu, gorengan sifatnya variatif berdasarkan campurannya. Di antaranya yaitu bakwan, tempe, tahu, singkong, pisang, dan lain sebagainya.

Meski mudah ditemukan dan akrab di lidah, gorengan memiliki efek samping berbahaya apabila dikonsumsi berlebihan. Hal ini disebabkan oleh kandungan minyak dan penyedap yang ada di dalamnya.

Walau demikian, Anda masih bisa menjualnya pada momen Ramadhan. Gunakan minyak bersih dan bahan yang terjamin mutunya. Demikian juga dengan pembuatan sambal cocolannya.

6. Risol

Ilustrasi Risol Mayo (Pinterest)

Serupa dengan yang lainnya, risol merupakan jajanan tradisional yang bisa dijadikan ide jualan bulan puasa. Ada pun jenis-jenisnya tergantung pada isian. Contohnya risol sayur, mayonaise, sosis, dan lain-lain.

Proses pembuatan risol relatif memakan waktu. Termasuk ketika membuat kulit risol, memotong sayuran, menumis sayuran, menggulung risol, dan menggorengnya.

Maka dari itu, Anda perlu meluangkan waktu untuk mempersiapkan risol sebelum menjualnya. Jangan lupakan cabai rawit atau sambal cocolan sebagai pelengkap.

7. Es Pisang Ijo

Ide jualan bulan puasa kali ini memiliki rasa manis, asin, dan gurih yang kompleks. Apalagi kalau bulan pisang ijo, yakni santapan segar yang layak dihidangkan untuk berbuka.

Es pisang ijo memiliki beberapa tahap untuk membuatnya. Termasuk membuat dadar gulung dan bubur sumsum. Kemudian, jangan lupakan campuran pelengkap seperti kacang dan sirup.

Gunakan kemasan yang mudah untuk digunakan. Di pasaran, ada yang menggunakan gelas atau mangkok.

Demikian pembahasan mengenai rekomendasi ide jualan bulan puasa yang bisa ditiru. Selain itu, penting untuk Anda menghitung modal, harga jual, dan perkiraan keuntungan selama bulan Ramadhan.