Link Download Logo Hari Pendidikan Nasional 2024 Beserta Maknanya

Kemendikbud
Ilustrasi, logo peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024.
Editor: Agung
29/4/2024, 13.30 WIB

Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas selalu diperingati tanggal 2 Mei setiap tahunnya. Tanggal tersebut dipilih karena merupakan hari kelahiran Ki Hajar Dewantara yang dikenal sebagai Bapak Perintis Pendidikan Nasional,

Selain untuk mengenang jasa beliau dalam dunia pendidikan, Hardiknas juga diperingati sebagai sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme bagi seluruh insan pendidikan.

Pada tahun ini, Hari Pendidikan Nasional akan diperingati pada Kamis, 2 Mei 2024. Untuk mendukung peringatan tahun ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengunggah logo Hardiknas 2024 di situs resminya.

Bagi yang ingin mengunduhnya, berikut di bawah ini informasi mengenai link download nya.

Link Download Logo Hari Pendidikan Nasional 2024

Melalui surat edaran bernomor 11911/MPK.A/TU.02.03/2024 perihal Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 Kemendikburistek RI merilis logo dan tema Hardiknas 2024.

Adapun tema Hardiknas 2024 yang ditetapkan oleh Kemendikbudristek adalah “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar.” Tema ini sendiri ditetapkan bersamaan dengan dicanangkannya bulan Mei 2024, sebagai bulan Merdeka Belajar.

Selain tema, Kemendikbudristek juga telah menetapkan logo peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024. Dikutip dari situs resmi Kemdikbud, berikut link download logo Hardiknas 2024 yang bisa diakses bagi siapapun yang ingin mengunduuhnya.

Link Download Logo Hari Pendidikan Nasional 2024 (Kemendikbud)

Makna Logo Hardiknas

Dilansir dari KSPSTENDIK Kemdikbud RI, logo Hardiknas dibentuk dari tiga elemen yang terdiri dari Bintang, Keceriaan dan Pena. Berikut ini masing-masing maknanya.

  • Bintang, menggambarkan semangat Hardiknas yang selaras dengan visi dan misi pemerintah untuk melahirkan generasi Indonesia yang cerdas berkarakter. Dengan garis luwes menggambarkan semangat adaptif dan tangguh menghadapi perubahan zaman yang sangat dinamis.
  • Keceriaan, menggambarkan suasana pendidikan Indonesia yang menggembirakan, penuh dengan antusiasme, dan gotong royong serta partisipasi publik.
  • Pena, menggambarkan proses pendidikan sebagai sebuah proses penciptaan mahakarya yang memerlukan perpaduan holistik antara kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual dalam pelaksanaan.

Sejarah Singkat Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024

Peringatan Hari Pendidikan Nasional tidak akan ada tanpa jasa dari salah satu pahlawan nasional, Ki Hadjar Dewantara yang juga dikenal sebagai Bapak Pendidikan di Indonesia.

Memiliki nama asli R.M. Suwardi Suryaningrat, beliau lahir pada 2 Mei 1889 di Yogyakarta dari kalangan keluarga ningrat. 

Pada zaman pemerintah Hindia Belanda, pendidikan hanya bisa diakses  anak-anak keluarga Belanda atau kalangan bangsawan. Sebagai seorang yang berpendidikan, Ki Hadjar Dewantara menentang keras hal tersebut.

Namun sikap kritisnya itu lah yang membuatnya diasingkan ke Belanda. Tidak hanya beliau, kedua rekannya, Ernest Douwes Dekker dan Tjipto Mangunkusumo juga turut diasingkan.

Ketiga tokoh inilah yang nantinya akan dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai Tiga Serangkai.

Sepulang dari Belanda, Ki Hadjar Dewantara tetap ingin berkontribusi di bidang pendidikan Indonesia. Oleh karena itu, pada 3 Juli 1922, beliau mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Taman Siswa.

Dalam sepak terjangnya di dunia pendidikan, Ki Hadjar Dewantara terkenal dengan tiga semboyannya, yaitu:

  • Ing Ngarsa Sung Tulada: di depan dapat memberikan contoh. Artinya, seorang pemimpin harus memberi teladan atau contoh yang baik kepada orang di sekitarnya
  • Ing Madya Mangun Karsa: di tengah dapat membangun keinginan/cita-cita atau seorang pemimpin harus mampu membangun semangat swakarsa kepada para anggotanya.
  • Tut Wuri Handayani: dari belakang dapat memberikan dorongan. Artinya, seorang pemimpin harus mampu mendorong orang-orang yang dipimpinnya agar terus bergerak maju.

Atas jasa-jasanya dalam bidang pendidikan, maka tanggal kelahiran beliau yaitu 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional. Penetapan Hardiknas tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 316 tahun 1959 yang disahkan pada tanggal 16 Desember 1959.

Itulah informasi mengenai link download logo Hari Pendidikan Nasional 2024 yang bisa diunduh beserta informasi terkait lainnya yang perlu diketahui.