Aktivitas Pagi untuk Menyehatkan Badan dan Tips Sehat yang Dapat Diikuti

Unsplash
Aktivitas Pagi untuk Menyehatkan Badan
Penulis: Anggi Mardiana
Editor: Safrezi
24/9/2024, 14.35 WIB

Aktivitas pagi untuk menyehatkan badan dapat membuat perasaan, dan kesehatan menjadi lebih baik. Meski begitu, menjalankan kebiasaan baik di pagi hari bagi beberapa orang mungkin akan terasa sulit.

Banyak orang cenderung mematikan alarm saat sedang nikmat tidur, dan memilih melanjutkan tidur kembali. Meski bangun siang tidak menjadi masalah, tetapi akan lebih baik jika mendapatkan sinar Matahari pagi, dan memulai hari dengan semangat.

Manfaat Mengawali Hari dengan Produktif

Orang sukses dan sehat biasanya memiliki kebiasaan tersendiri dalam memulai harinya. Seperti bangun pagi, dan tidak melewatkan sarapan. Berikut manfaat mengawali hari dengan produktif:

• Membuat kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu, dan mengatur tenaga.
• Produktif, mudah diajak kerja sama, dan mampu mengatur waktu.
• Menyelesaikan pekerjaan sesuai jadwal, dan menikmati waktu pada malam hari.

Aktivitas Pagi untuk Menyehatkan Badan

Aktivitas Pagi untuk Menyehatkan Badan (Unsplash)

Melakukan aktivitas pagi untuk menyehatkan badan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa aktivitas pagi untuk menyehatkan badan:

1. Olahraga Pagi

Olahraga pagi merupakan salah satu kebiasaan baik yang dapat dilakukan sebelum berangkat kerja. Saat bangun lebih awal, Anda mempunyai waktu lebih banyak untuk melakukan kebiasaan baik di pagi hari, salah satunya memulai hari dengan kegiatan aerobik, atau latihan otot selama 30 menit. Adapun berikut manfaat yang dapat diperoleh dari olahraga pagi:

• Meningkatkan kesehatan mental, dan konsentrasi.
• Meningkatkan metabolisme tubuh.
• Mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik saat malam hari.

2. Tidak Melewatkan Sarapan

Ketika sarapan, Anda memberikan asupan kalori yang digunakan untuk melakukan aktivitas pada hari tersebut. Namun, meski sarapan memiliki banyak manfaat, tetap perhatikan menu dan porsinya. Bisa mengawali hari dengan oatmeal yang dicampur susu rendah lemak, selai kacang, atau biji chia. Adapun berikut manfaat sarapan setiap hari:

• Memiliki asupan kalsium lebih tinggi dari biasanya.
• Meningkatkan daya ingat, peforma, dan membuat otak lebih sehat.
• Mendapat asupan serat harian lebih banyak.
• Memiliki jadwal makan teratur.

3. Minum Air Putih

Tidur semalaman mungkin akan menguras cairan di dalam tubuh. Karena itu, coba biasakan dengan minum segelas air putih setelah bangun tidur. Tidak hanya menjaga tubuh tetap terhidarasi, minum air putih hangat maupun dingin setelah bangun tidur, dapat menjadi salah satu cara meningkatkan energi di pagi hari.

4. Bejemur

Berjemur merupakan aktivitas pagi untuk menyehatkan badan. Sinar Matahari baik untuk kesehatan tubuh, karena memproduksi vitamin D alami yang dapat menguatkan tulang, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sinar Matahari juga dapat menciptakan hormon serotonin yang mampu memberikan rasa tenang, mengurangi stress, dan memperbaiki suasana hati.

Tips Sehat di Pagi Hari

Memulai hari dengan semangat terkadang sulit bagi sebagian orang, sehingga membuat kita tidak produktif, dan malas. Kondisi ini dapat terjadi karena ngantuk, rasa malas, melewatkan sarapan, dan tidak cukup minum. Berikut tips sehat di pagi hari:

1. Mengurangi Kebiasaan Main HP

Ketika bangun tidur, biasanya hal pertama yang dilakukan ialah memainkan HP. Tanpa sadar, Anda mungkin menghabiskan cukup banyak waktu untuk melakukan aktivitas pasif tersebut. Dampaknya, produktivitas di pagi hari menjadi berkurang. Bahkan mengecek HP setelah bangun tidur, dapat menambah beban pikiran sehingga memicu stress.

2. Bangun Sebelum Matahari Terbit

Bangun sebelum Matahari terbit merupakan tips sehat di pagi hari yang dapat Anda coba. Kebiasaan ini dapat membantu memulai aktivitas lebih awal tanpa tergesa-gesa. Bangun pagi juga dapat membuat kita memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan banyak hal, dibandingkan dengan bangun siang. Namun, pastikan tidak begadang agar memiliki banyak waktu tidur yang lebih baik, dan cukup.

3. Luangkan Waktu dan Membuat Motivasi

Tips sehat di pagi hari berikutnya, meluangkan waktu dan membuat motivasi. Anda bisa menikmati ketenangan pagi sambil melakukan latihan pernapasan selama beberapa saat. Untuk meningkatkan semangat menjalankan hari, bisa buat catatan motivasi terlebih dahulu. Menanamkan motivasi cukup penting agar lebih semangat, dan optimis.

4. Membuka Gorden atau Menyalakan Lampu

Untuk menghilangkan rasa ngantuk, buka gorden dan nyalakan lampu kamar agar sinar Matahari, dan cahaya lampu yang dilihat dapat memberikan sinyal ke otak, bahwa sudah waktunya bergerak dan bangun. Dengan begitu, Anda bisa memulai aktivitas jadi lebih produktif.

Beberapa aktivitas pagi untuk menyehatkan badan di atas dapat dicoba untuk membuat tubuh sehat. Tidak hanya sekedar meningkatkan semangat dan produktivitas, sekaligus dapat menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.