Mobil Dinas Presiden RI dari Masa ke Masa

setkab.go.id
5/7/2019, 16.31 WIB

Para Presiden Republik Indonesia memiliki mobil andalannya masing-masing selama menjalankan tugasnya. Saat ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan Mercedes-Benz seri S600 Guard yang telah ada sejak 12 tahun lalu, sebelum dia menjabat Presiden RI.

Berdasarkan pemberitaan sejumlah media, ada wacana pemerintah melakukan peremajaan mobil dinas Presiden. Mobil yang digunakan Jokowi merupakan warisan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Mobil asal Jerman ini pernah mengalami mogok saat Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat pada 2017 dan saat kunjungan ke Pondok Pesantren Gontor Ponorogo.

Menganai wacana ini, sejumlah produsen mobil mewah pun tertarik bisa menyandang status mobil RI 1. Setidaknya ada dua merek yang diisukan telah mengajukan minat, Mercedes dan BMW. Meski begitu, pihak Mercedes Benz saat ini masih enggan berkomentar terlalu banyak. Department Manager Public Relation PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Dennis Kadaruskan mengatakan kabar terbaru mengenai mobil dinas Jokowi akan disampaikan ke publik jika sudah ada kejelasan. 

"Untuk saat ini, kami belum bisa memberi komentar," kata Dennis kepada Katadata.co.id, Kamis (5/7). Sedangkan Head of Corporate Communication BMW Group Indonesia Jodie O'Tania dan Kepala Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara Piping Supriatna juga belum merespons pertanyaan Katadata.co.id. 

Sebenarnya, peremajaan hingga penggantian merk mobil kepresidenan merupakan hal yang lumrah dilakukan sejak awal negara Indonesia berdiri. Meski demikian, Mercedes cukup mendominasi status emasnya sebagai mobil dinas beberapa presiden. Berikut beberapa mobil yang digunakan Presiden RI:

Soekarno 

Mobil pertama yang digunakan sebagai mobil dinas Presiden pertama RI adalah Buick-8 buatan Buick. Mobil ini yang menemani Soekarno, terutama dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia antara 1945-1949.

Mobil ini ditemukan oleh Ketua Barisan Banteng, Sudiro, pada 1945 di belakang kantor Departemen Perhubungan, pada akhir penjajahan Jepang 1945. Meski sudah berumur enam tahun, mobil berkapasitas 5 ribu cc ini merupakan yang terbagus di Jakarta saat itu. Sudiro mendekati sopirnya dan membujuknya pulang ke kampungnya di Kebumen, meminta kunci dan mempersembahkannya kepada Presiden Soekarno.

Selain Mobil Buick-8, Mobil dinas Presiden Soekarno antara lain Cadillac 75, Mercedes-Benz 600, GAZ 13 , Zil 111, Lincoln Cosmopolitan (limosin cabrio) dan Chrysler Imperial.

Salah satu yang paling terkenal adalah Chrysler Imperial yang diproduksi pabrikan asal Amerika Serikat yakni Chrysler. Di masa lalu, Imperial memang menjadi andalan Chrysler. Pabrikan ini mengeluarkan banyak generasi Imperial sejak 1926 (generasi pertama) hingga 1954 (generasi keenam). Bahkan, untuk mengulangi kejayaannya, Chrysler mengeluarkan Imperial generasi ketujuh tahun 1990.

Halaman: