Cara Bikin Proposal Bisnis

ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.
Ilustrasi riset ide proposal bisnis.
Penulis: Husen Mulachela
10/8/2021, 09.35 WIB

Pendanaan bisa menjadi gerbang utama bagi para pebisnis pemula untuk mulai mengeksekusi idenya. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk memperoleh dana segar sebagai modal awal bisnis. Salah satunya lewat proposal bisnis. Proposal bisnis yang baik jadi modal utama dalam menggaet para investor untuk mau mendanai suatu konsep usaha.

Suatu proposal harus mampu menggambarkan secara jelas dan detail tentang ide bisnis yang akan dikembangkan. Proposal bisnis yang proporsional juga mampu menjelaskan model serta orientasi bisnis yang akan dijalani. Sehingga membuat para investor yakin untuk memberi suntikan dana.

Terkait isi proposal bisnis, umumnya para pengusaha akan mencantumkan mulai dari nama bisnis beserta produknya, dana yang diperlukan, target dan peluang pasar, hingga analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman). Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa contoh proposal bisnis untuk beberapa bidang usaha yang berbeda.

Proposal Bisnis Kuliner

Kuliner atau makanan menjadi salah satu bidang usaha yang banyak digeluti masyarakat. Lantaran banyak peminat, tak jarang suatu produk kuliner baik dari segi nama, bahan, maupun bentuk, dibikin seunik dan seautentik mungkin agar berbeda dan bisa menyaingi para kompetitor. Untuk membuat proposal bisnis kuliner, mencantumkan informasi secara detail mengenai ide bisnis kuliner yang dirintis bisa menjadi pertimbangan investor dalam mendanai.

Berikut contoh proposal bisnis di bidang kuliner:

1. Nama usaha

Yasmine Mini Cake.

2. Rencana produk

Yasmine Mini Cake merupakan jenis usaha yang bergerak di bidang kuliner dengan menjual kue ulang tahun berukuran kecil dengan bentuk, corak, maupun gambar yang bisa disesuaikan dengan keinginan pelanggan. Kue ini cocok untuk acara-acara ulang tahun, baik yang digelar secara besar-besaran maupun mendadak.

3. Keunggulan produk.

  • Yasmin Mini Cake punya cita rasa yang lezat, khas, dan sehat.
  • Yasmin Mini Cake punya harga yang relatif murah untuk ukuran masyarakat Indonesia.
  • Mudah dibawa karena berukuran mini.
  • Bisa disajikan untuk beragam jenis acara.
  • Bisa didesain sesuai keinginan dan kebutuhan.

4. Bahan dan alat yang dibutuhkan

100 gram tepung

2 butir telur

1 sachet susu kental manis

50 gram coklat bubuk

5 sdm gula pasir

½ sdm baking powder

½ sdm SP

1 Panili

Cerry

White cream

Batang cokelat

5. Langkah pembuatan mini cake

Mixer gula pasir, panili, baking powder, sp dan telur hingga mengembang. Selanjutnya, tambahkan tepung terigu, susu kental manis, dan cokelat bubuk lalu aduk hingga merata. Siapkan loyang dan beri olesan margarin dan tepung terigu.

Selanjutnya, tuang dan ratakan adonan pada loyang dan kukus selama 20 menit hingga matang. Setelah matang, beri whitecream dan tambahkan cokelat batang yang sudah diserut serta potongan cokelat pada pinggiran cake hingga merata. Terakhir, beri cerry sebagai pemanis.

Halaman Selanjutnya
Halaman: