ZIGI – Nama Kanya West menjadi trending topik Twitter dunia pada Jumat sore, 23 Juli 2021. Mantan suami Kim Kardashian ini baru saja menggelar listening party untuk album barunya berjudul Donda di Mercedes Benz Arena, Atlanta, Georgia.

Seluruh tiket terjual habis. Stadium berkapasitas 73 ribu orang tersebut dipenuhi penggemar Kanye West yang ingin mendengarkan album Donda yang belum kunjung dirilis.

Kanye West muncul di tengah stadium tanpa mic, sementara lagu-lagunya di album Donda diputar. Salah satunya lagu Heaven and Hell kolaborasi dengan JayZ yang mengejutkan penggemar. Sebab keduanya selama ini berseteru.

Apa saja fakta-fakta menarik dari album Donda hingga nama Kanye West menjadi trending topik dunia? Yuk simak artikel selengkapnya berikut ini!

Album ke-10 Kanye West

Album Donda merupakan studio album ke-10 Kanye West yang  diantisipasi sejak Juli tahun lalu. Namun hingga acara listening party selesai, Kanye West belum juga merilis seluruh albumnya. Maka dari itu, penggemar di Twitter ramai membahas aksi Kanye ini.

Sebelumnya, Kanye merilis album rohani berjudul Jesus is King di tahun 2019 dan berhasil memenangkan Grammy Awards untuk kategori Best Contemporary Christian Music Album.

Donda adalah Ibu Kanye West

Album Donda diharap akan menjadi album Kanye West yang paling personal karena menggunakan nama almarhum ibunya. Donda West merupakan seorang profesor bahasa Inggris yang meninggal di 2007 saat umur 58 tahun akibat komplikasi operasi plastik.

Sebelum digunakan sebagai nama album ke-10, Kanye West telah merilis lagu berjudul Donda pada Juli tahun lalu, untuk memperingati ulang tahun almarhum ibunya yang ke 72. Klip lagunya berisi kumpulan video warga kulit hitam dari seluruh dunia, dengan pesan mengakhiri ketidakadilan rasial.

Lagu Heaven and Hell feat JayZ

Berdasarkan laporan dari TMZ, acara listening party tertunda selama dua jam. Usut punya usut, hal tersebut diduga karena persiapan kolaborasinya dengan JayZ.

Lagu baru kolaborasi Kanye West dan JayZ berjudul Heaven and Hell diputar di akhir acara dan sontak mengejutkan penggemar. Sebab selama ini kedua musisi tersebut secara terang-terangan bertikai. Padahal dulunya mereka bersahabat dan sempat merilis album bersama, Watch The Throne, tepat 10 tahun lalu.

Produser album Watch the Throne, DJ Young Guru membeberkan di Twitter bahwa JayZ baru merekam bagiannya untuk lagu Kanye West pada pukul 4 sore. Hanya beberapa jam sebelum acara listening party dimulai.

Lirik Lagu Heaven and Hell – Kanye West feat JayZ

Kolaborasi JayZ di album Donda milik Kanye West secara tidak langsung menandakan bahwa hubungan mereka kembali bersahabat. Adapun penggalan lirik lagu Heaven and Hell yang dinyanyikan JayZ adalah sebagai berikut:

“I told him to stop all that red cap, we going home. This might be the return of the Throne. Hova and Yeezus like Moses and Jesus."

Terjemahan:
”Aku berkata padanya untuk selesai dengan topi merah itu, kita pulang. Ini akan menjadi kembalinya tahta. Hova dan Yeezus seperti Musa dan Yesus.”

Melalui ’Red Cap’ atau topi merah, JayZ menyinggung nasihatnya kepada Kanye West yang menggunakan topi merah sebagai pendukung Donald Trump. Keduanya juga akan berkolaborasi kembali seperti nabi Musa dan Yesus.

Kolaborasi lain di Album Donda

Selain JayZ, artis yang ikut berkolaborasi dalam album Donda adalah Pop Smoke, Travis Scott, Lil Baby, Baby Keem, Don Toliver, Vory, dan Playboi Carti.

Dalam acara listening party, totalnya ada 15 lagu yang diperdengarkan. Lagu Kanye West feat JayZ, Heaven and Hell, diputar di akhir acara. Namun hingga kini album Donda belum dirilis dan tidak diketahui lagu mana saja yang masuk ke dalam tracklist resmi.