Kontroversi Cara Rizky Billar Pelihara Tortoise Dinilai Menyiksa Hewan

Instagram/rizkybillar
Rizky Billar dan Lesty Kejora
9/12/2021, 14.18 WIB

ZIGI – Rizky Billar jadi bulan-bulanan warganet karena dinilai salah memperlakukan tortoise. Diketahui bahwa tortoise adalah kura-kura sejati yang sepenuhnya hidup di daratan dan berbeda dengan jenis kura-kura lain yang akuatik atau semi-akuatik.

Baru-baru ini, suami Lesti Kejora tersebut mengklarifikasi soal insiden salah memperlakukan tortoise. Lantas, bagaimana kronologi lengkap kontroversi yang ditimbulkan Rizky Billar ini? Yuk kepoin artikel ini sampai akhir!

Baca Juga: Fakta Lirik Lagu Takdir Cinta - Lesti Kejora dan Rizky Billar

Karyawan Rizky Billar Lepas Tortoise ke Kolam Renang

Menurut pengakuan Rizky Billar, karyawannya yang melepaskan tortoise tersebut ke dalam kolam renang tanpa sepengetahuan mereka. Lalu, sang karyawan mengabadikan momen pelepasan tortoise tersebut lewat ponselnya.

"Kebetulan ada asisten kita yang meletakkan kura-kura di dalam kolam, dilakukan tanpa sepengetahuan kita, kemudian asisten saya memfoto,” ucap Rizky Billar yang dikutip Zigi.id dari YouTube Seleb Cam pada Kamis, 9 Desember 2021.

Kemudian, sang asisten mengirim foto tersebut ke Rizky Billar dan Lesti Kejora. Pelantun lagu Kulepas dengan Ikhlas itu gemas melihat tortoise yang berenang lalu memposting ke media sosial miliknya. 

"Asisten saya bilang, bos ngak apa-apa itu (kura-kura) di kolam, lalu dia kirim fotonya," lanjut Billar.

Aksi Rizky Billar Jadi Kontroversi

Tindakan Billar itu mendadak viral dan jadi perbincangan publik ketika pemilik akun Twitter @kittygalisback melayangkan protest karena tak tahu cara merawat tortoise. Sejak itu, jagat maya pun di banjiri komentar-komentar pedas dari warganet yang ditujukan kepada Billar dan Lesti.

Ini Lesti sama Billar banyak duit beli tortoise mahal tapi to**l kagak research dulu tortoise apaan,” ujar @kittygalisback.
Kasihan banget tortoise nya, masa gak research dulu sih sebelum adopsi,” sahut yang lain.

 

Rizky Billar Minta Maaf dan Mengaku Tidak Tahu Memelihara Tortoise

Memelihara tortoise bagi Billar baru pertama kali, sehingga dia mengaku masih awam dalam mengurus hewan yang hidup di darat itu. Dia juga mengatakan tidak sengaja ‘menyiksa’ hewan tersebut. Alhasil, Billar melayangkan permintaan maafnya kepada publik.

"Jujur kita juga awam dalam mengurus hewan khususnya tortoise. Kami mohon maaf sekali, bukan kami sengaja menyiksa hewan. Karena asisten saya bilang nggak apa-apa yaudah," ujar Billar.

Mewakili istri dan asistennya, Rizky Billar lantas meminta maaf karena membuat kegaduhan. Ia pun kini tengah belajar cara yang benar merawat tortoise pada Irfan Hakim.

"Makanya saya mewakili istri dan asisten saya mohon maaf karena itu diluar pengetahuan kami ya mudah-mudahan jadi pembelajaran. Saya juga lagi belajar, sampai telepon temen saya gimana cara ngerawatnya," kata Rizky Billar.

Diketahui bahwa Irfan Hakim lah yang memberi tortoise tersebut sebagai hadiah untuk Billar dan Lesti. Dia juga sempat bertanya tentang cara merawatnya namun masih belum paham sehingga kejadian memasukkan tortoise ke dalam air pun terjadi.

"Kami dikasih (tortoise) saat itu, udah sempet nanya-nanya ke A Irfan Hakim yang ngasih kan, tapi belum lengkap," ujar dia lagi.

Aktor sinetron Cinta Nikita ini mengatakan bahwa dua tortoise tersebut sudah diberi nama yakni Les da Lar. Rizky Billar akan menjadikan ini semua pembelajaran ke depannya.

"Ya mudah-mudahan ini menjadi pembelajaran bagi kita semua," pungkasnya.

Rizky Billar Belajar Mengurus Tortoise

Akibat kegaduhan tersebut Billar pun mengatakan sedang mencari tahu tentang hewan tersebut. Bahkan, dia akan meminta tolong pada temannya yang mengerti mengurus hewan.

“Saya juga lagi observasi juga ya, bagaimana cara ngurus tortoise. Saya sampe ini lho, sampe nelpon teman saya untuk datang nih, karena saya juga senang sama hewan, kami punya kucing, tapi kalo tortoise hal baru bagi kami juga," tutur Billar.

Selain itu, Rizky Billar tengah mempersiapkan kandang hingga pencahayaan untuk hewan pemberian Irfan Hakim tersebut. Akibat salah memperlakukan tortoise, nama Rizky Billar kini berada di jajaran trending Google pada Kamis, 9 Desember 2021.

Baca Juga: 5 Fakta Pernikahan Rizky Billar dan Lesti Kejora, Mahar Rp1,04 M