Dakwah Oki Setiana Dewi Soal KDRT dan Aib Suami Tuai Kritik

Instagram/@okisetianadewi
Oki Setiana Dewi
3/2/2022, 09.28 WIB

ZIGI – Nama Oki Setiana Dewi mendadak ramai diperbincangkan publik karena dakwahnya terkait kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Bintang film Merindu Cahaya de Amstel ini dinilai menormalisasi KDRT hingga banjir pro dan kontra.

Akibat hal ini, Oki diminta klarifikasi dan menjelaskan lebih detail terkait menyinggung isu KDRT tersebut. Seperti apa ceramah Oki Setiana Dewi yang viral itu? Yuk simak artikelnya di bawah ini!

Baca Juga: Wasiat Ayah Ria Ricis Sebelum Meninggal

Oki Setiana Dewi Dinilai Normalisasi KDRT

Baru-baru ini viral ceramah Oki Setiana Dewi yang membahas kisah rumah tangga seseorang yang mencoba menutupi aib suaminya. Dalam ceritanya itu, pendakwah sekaligus aktris ini menyinggung pula soal KDRT yang diterima sang istri.

“Ada sebuah kisah nyata di Jeddah, suami istri lagi bertengkar. Kemudian suaminya marah luar biasa pada sang istri, dipukul lah wajah istrinya. Kemudian istrinya menangis,” tutur Oki menyampaikan ceramahnya dikutip Zigi.id dari akun TikTok @okisetianadewi13 pada Kamis, 3 Februari 2022.

Oki melanjutkan, ketika sang istri menangis lalu terdengarlah suara bel pintu yang ternyata ibunya datang. Sang ibu bertanya mengapa anaknya menangis namun istri tersebut mengatakan bahwa rindu pada ibunya. Sang istri tidak menceritakan terkait perilaku suaminya.

“Suaminya dari kejauhan ‘Ya Allah ini istriku’. Padahal bisa loh istrinya ini ngadu sama orang tuanya itu ‘Aku baru dipukul ada KDRT, kekerasan dalam rumah tangga’. Kan kalau perempuan kadang-kadang suka lebay ceritanya, nggak sesuai kenyataan dilebih-lebihkan karena orang lagi marah,” imbuh Oki Setiana Dewi.

 

Reaksi Warganet Soal Ceramah Oki Setiana Dewi

Ceramahnya itu menuai kritikan dari publik. Alhasil, tagar KDRT yang berkaitan dengan ceramah Oki Setiana Dewi itu menjadi trending topic Twitter pada Kamis, 3 Februari 2022. 

Kalau emang dia gak cerita kena KDRT, mbak Oki tahu darimana ya? Apa jangan-jangan si istri ini punya akun anon kosongan buat curhat?” ujar seorang warganet di Twitter.

KDRT itu gak boleh disembunyiin. Lapor ke orang terdekat seenggaknya minta bantuan. Ya Allah mau sampai dijemput ajalkah laki-laki kayak gitu diiyain aja?” tanya yang lain.
Indonesia lagi sulit-sulitnya menghadapi isu sexual abuse, including KDRT ini malah menormalkan. Aku dapat apa yang kamu sampaikan, tapi konteksnya salah,” tutur warganet.

Tak hanya itu, akun Instagram Oki Setiana Dewi juga kini banjir komentar warganet yang meminta klarifikasi dan penjelasan lebih lanjut. Ada pula yang mengatakan bahwa contoh yang diberikan oleh Oki seharusnya tidak menyangkut soal KDRT.

Kak, tolong jelasin dulu itu maksud ceramahnya gimana ya? Yang kalau suami nampar istri gak boleh lapor sama ortu karena itu aib? Mohon penjelasannya ya,” kata warganet.
Mbak Oki, kalau mau kasih contoh menutup aib suami itu banyak contohnya, misal suami lagi nganggur, banyak utang,” imbuh yang lain.

Hingga saat ini, Oki Setiana Dewi belum menanggapi soal dirinya yang viral usai memberikan ceramah dengan menyinggung isu KDRT. Di Instagram Story @okisetianadewi ia aktif membagikan dakwahnya.

Baca Juga: Ria Ricis Tidak Diberi Tahu Ayahnya Meninggal hingga Dimakamkan