8 Selebriti Dunia Kecam Perang Rusia-Ukraina, Cardi B hingga Yoko Ono

Berbagai Sumber
Maksim Chmerkovskiy, Cardi B dan Stephen King
25/2/2022, 15.16 WIB

ZIGI – Usai Presiden Rusia, Vladimir Putin mengumumkan perang terhadap Ukraina, sejumlah reaksi muncul dari berbagai pihak termasuk kalangan selebritis.

Bukan hanya selebriti di Rusia maupun Ukraina saja yang menyatakan agar Putin menghentikan peperangan melainkan sejumlah selebriti Hollywood dan berbagai dunia juga menyampaikan pendapatnya di media sosial.

Siapa saja selebriti dunia yang menyuarakan pendapatnya tentang peperangan Rusia-Ukraina? Yuk simak artikelnya di bawah ini!

Baca Juga: Reaksi Turah Parthayana Diminta Bantu Hentikan Perang Rusia-Ukraina

Maksim Chmerkovskiy

Seorang aktor kelahiran Ukraina, Maksim Chmerkovskiy membagikan kisahnya dalam bentuk video di Instagram ketika Rusia telah mengumumkan peperangan terhadap negaranya.

Dalam unggahannya tersebut, Maksim menjelaskan dirinya seperti kembali pada era 90-an bahkan aktor Dancing with the Stars (2006) ini meneteskan air mata ketika mengetikkan caption di Instagramnya tersebut.

“Di 2022, ini bukanlah cara kami melakukan sesuatu. Saya rasa Rusia benar-benar telah bangkit dan mengatakan sesuatu karena tidak seorangpun mendengarkan pendapat. Ini tentang ambisi satu orang terhadap sesuatu dan bagaimana itu kedengarannya nyaman di Moscow,” tulis Maksim Chmerkovskiy yang terlihat sedang menuju tempat perlindungan bom.

Stephen King

Penulis legendaris, Stephen King juga menyuarakan pendapatnya melalui media sosial setelah Rusia mengumumkan peperangan terhadap Ukraina. Stephen menggunakan kalimat satir atas peperangan yang terjadi berupa anak kecil dan anak dewasa.

“Apa yang harus kita pelajari sewaktu kecil saat di taman kanak-kanak: Anda tidak akan berdiam diri saat anak dewasa memukuli anak kecil. Anda mungkin menerima satu atau dua pukulan untuk membuat anak besar itu berhenti, tapi itu hal yang benar untuk dilakukan,” tulis Stephen King 

Cardi B

Rapper Amerika, Cardi B juga memberikan suaranya atas invasi Rusia terhadap Ukraina. Pelantun Please Me ini mengungkapkan bahwa peperangan dan invasi tersebut justru akan memperparah kondisi dunia yang saat ini sedang krisis.

“Berharap para pemimpin dunia berhenti tersandung akan kekuasaan dan memikirkan siapa yang benar-benar terpengaruh (warga sipil). Di samping itu, dunia sedang krisis. Perang, sanksi, invasi harus menjadi hal terakhir yang dikhawatirkan oleh para pemimpin ini,” tulis Cardi B.

 

Annie Lennox

Seorang penyanyi, penulis lagu dan politisi, Annie Lennox mengungkapkan pendapatnya melalui media sosialnya pada 23 Februari 2022. Dalam unggahan tersebut, Annie mengungkapkan rasa empatinya terhadap anak-anak, wanita dan pria warga sipil yang tidak bersalah atas peperangan tersebut.

“Trauma atas penderitaan rasa sakit, kesedihan, dan keputusasaan bagi pria, wanita dan anak-anak yang tidak bersalah. ‘Harga’ macam apa yang harus dibayar orang biasa untuk kegilaan mimpi buruk dan kebrutalan invasi dan peperangan ini?,” tulis Annie Lennox di Instagramnya.

Ia pun melanjutkan bahwa dirinya memiliki hak untuk bersuara mengenai peperangan tersebut sebagai warga yang berhak hidup damai.

“Maaf untuk refleksi ini, tetapi saya memiliki hak istimewa untuk hidup dalam konteks ‘damai’ sejak saya lahir, satu dekade setelah berakhirnya perang dunia 2, total 67 tahun. Saya tidak menerima menerima begitu saja gagasan perang sebagai barbarism,” imbuhnya.

John Cleese

Aktor Inggris, John Cleese termasuk sederet selebriti dunia yang menyuarakan pendapatnya untuk menolak peperangan Rusia-Ukraina. 

“Byline menunjukkan bahwa Ukraina mengancam Putin karena sedang berjuang unuk menjadi negara demokrasi dan juga berusaha memerangi korupsi. Putin tahu bahwa jika ide-ide ini menyebar maka akan berakibat fatal baginya,” tulis John Cleese.

Di waktu yang sama, John Cleese kembali mengunggah kritikan terhadap Inggris yang menerima pencucian uang kotor dari Rusia.

“Saya pikir, sangat disayangkan bahwa kota London menjadi tempat nomor 1 untuk pencucian uang kotor Rusia. Namun, (Partai Politik) Tories telah melakukannya dengan sangat baik,” imbuhnya.

Yoko Ono

Aktris Jepang sekaligus aktivis kedamaian, Yoko Ono juga menyuarakan pendapatnya terhadap perang dan Invasi Rusia-Ukraina. Mantan istri John Lennon ini menyerukan perdamaian karena seluruh manusia adalah keluarga.

 

Ingat, kita adalah keluarga. Berpikir DAMAI. Aksi Perdamaian, Sebarkan kedamaian. Bersama, kita akan menggeser poros dunia menuju PERDAMAIAN,” tulis Yoko Ono di Twitternya pada 25 Februari 2022 waktu setempat.

Jay Kuo

Seorang produser dan penulis turut mengunggah pendapatnya terhadap Rusia yang melakukan invasi pada Ukraina beberapa waktu lalu. Menurut Jay, Rusia akan menerima akibatnya.

“Sanksi akan datang untuk Rusia sebagai tanggapan atas serangganya terhadap Ukraina. Tapi kita harus jelas tentang keterbatasan mereka,” tulis Jay Kuo

George Takei

Seorang aktor Amerika sekaligus aktivis memberikan suaranya terhadap peperangan yang diumumkan oleh Putin dan merasa prihatin bahwa banyak warga yang memprotes peperangan tersebut.

“Protes di Rusia dari warga pemberani negara di sana, mempertaruhkan nyawa dan kebebasan sebenarnya untuk menyuarakan pertentangan mereka terhadap perang Putin dengan Ukraina, membuat ‘konvoi’ protes atas ‘kebebasan’ tampak benar-benar menggelikan,” tulis George Takei

Baca Juga: AnnaLynne McCord Dikritik Usai Buat Puisi untuk Vladimir Putin