Profil dan Biodata Iman Usman: Pendidikan, Agama, Pacar, Keluarga

@imanusman/Instagram
Iman Usman
Penulis: Yasmin Karnita
29/5/2022, 20.01 WIB

ZIGI – Sosok Iman Usman tengah menjadi sorotan usai digosipkan sebagai pacar baru Prilly Latuconsina. Namanya sendiri sudah tak asing bagi sebagian orang karena dia merupakan salah satu pendiri dari Ruang Guru.

Selain itu, Iman Usman baru saja menyelesaikan program S2 di Harvard University Graduate School of Education. Yuk kita kenalan dengannya lewat artikel profil dan biodata Iman Usman berikut ini!

Baca Juga: Profil dan Biodata Belva Devara: Agama, Keluarga, Pendidikan, Pacar

1. Latar Belakang Iman Usman

Pemilik nama lengkap Muhammad Iman Usman ini lahir di Padang, 21 Desember 1991. Ayahnya diketahui bernama Muhammad Hayan dan sang ibu yakni Yanzimar.

Selama ini, Iman Usman dikenal sebagai penulis, Duta Muda ASEAN, serta pendiri organisasi Indonesian Future Leaders. Pada 2013, Iman mulai merintis perusahaan start-up Ruang Guru atau Ruangguru bersama partnernya, Belva Devara.

2. Pendidikan Iman Usman

Menghabiskan masa mudanya hingga SMA di Padang, Iman Usman kemudian melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia dengan mengambil jurusan Hubungan Internasional.

Setelah meraih gelar sarjana pada 2013, Iman langsung mengambil program S2 di Teachers College, Columbia University konsentrasi International Education Development. Lalu di 2020, dia sempat menuntut ilmu di Massachusetts Institute of Technology (MIT) selama satu tahun.

Iman Usman memang sangat mengedepankan pendidikan. Dia meraih gelar magister kedua dari kampus Harvard University Graduate School of Education pada 2022. 

 

3. Prestasi Iman Usman

Iman Usman juga merupakan sosok berprestasi. Dia sudah mengantongi sederet penghargaan yang membuat namanya semakin bersinar. Iman pernah menjadi peraih nilai UN tertinggi di bidang IPS di kota Padang dan Siswa Berprestasi Utama Provinsi Sumatra Barat tahun 2008.

Selama kuliah di Universitas Indonesia, Iman menyabet gelar Mahasiswa Berprestasi Utama UI 2012 dan Mahasiswa Berprestasi Utama Tingkat Nasional.

Pada 2008, Iman Usman menerima penghargaan Pemimpin Muda Indonesia dari Presiden RI dan United Nations Youth Assembly Recognition on Humanitarian Development 2011 di New York.

Prestasi Iman lainnya juga terukir di tahun 2010 saat terpilih menjadi Duta Muda ASEAN untuk mewakili Indonesia di G20 My Summit di Toronto, Kanada. Lalu sejak 2013, Iman Usman menjabat sebagai Board of Advisor di Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Internasional,. 

4. Iman Usman Sebagai Co-Founder Ruang Guru

Pada tahun 2019, Iman merilis bukunya yang berjudul Masih Belajar, mengisahkan tentang perjalanan hidupnya dari kecil hingga sekarang. 

Ketertarikannya pada bidang pendidikan telah terlihat sejak kecil. Untuk itu, Iman Usman berinisiasi membangun sebuah aplikasi belajar yang bisa diakses oleh anak-anak sekolah di manapun, bernama Ruang Guru.

Didirikan sejak April 2013, Ruang Guru dinobatkan menjadi perusahaan paling inovatif peringkat 25 di dunia dan peringkat 2 dalam kategori pendidikan oleh Fast Company.

5. Pacar Iman Usman

 

Sejak 29 Mei 2022, muncul gosip yang menyebutkan bahwa Iman Usman pacaran dengan artis Prilly Latuconsina. Hal ini bermula dari unggahan Instagram Story Vidi Aldiano, yang tengah menghabiskan waktu liburan bersama sang istri, Sheila Dara Aisha, Iman, dan Prilly, di Bali. 

Dalam foto yang dibagikan, Vidi dan Sheila tampak saling merangkul. Begitu juga Prilly Latuconsina yang dirangkul oleh Iman Usman. Lalu di bagian caption, Vidi Aldiano menuliskan ‘Double date’ yang mana merujuk pada kedua pasangan yang berkencan.

Karena itulah, netizen ramai berspekulasi bahwasannya Iman Usman dan Prilly Latuconsina sedang menjalin hubungan asmara. Terlebih lagi, keduanya masih sama-sama jomblo.

Lantas Iman dan Prilly sudah saling kenal sejak lama. Bahkan, mereka pernah liburan bareng ke luar negeri hingga menikmati malam Tahun Baru 2022 di kota New York, Amerika Serikat.

Hingga artikel ini ditulis, baik Prilly Latuconsina ataupun Iman Usman, belum memberikan klarifikasi terkait status hubungan mereka.

6. Biodata dan Agama Iman Usman

  • Nama lengkap: Muhammad Iman Usman
  • Nama panggun: Iman Usman
  • Tempat, tanggal lahir: Padang, 21 Desember 1991
  • Umur: 30 tahun
  • Agama: Islam
  • Pendidikan: Universitas Indonesia, Teachers College Columbia University, Massachusetts Institute of Technology, Harvard University Graduate School of Education
  • Profesi: Penulis, aktivis, pembicara
  • Akun Instagram: @imanusman
  • Akun Twitter: @imanusman
  • Channel YouTube: Iman Usman 
  • Website: Iman Usman

Baca Juga: 12 Seleb Masuk Forbes 30 Under 30 Asia 2022, Ada Prilly Latuconsina

Itulah profil dan biodata Iman Usman, lengkap latar belakang keluarga, pendidikan, prestasi, hingga profesi. Saat ini, co-founder Ruang Guru itu tengah digosipkan sebagai pacar Prilly Latuconsina.