Ridwan Kamil Unggah Puisi Haru Kepada Eril

@emmerilkahn/Instagram
Emmeril Kahn Mumtadz
4/6/2022, 12.17 WIB

ZIGI – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunggah puisi haru di akun sosial media miliknya pada Sabtu 4 Juni 2022. Puisi ini ditujukan kepada sang anak, Eril yang telah dinyatakan meninggal dunia oleh pihak keluarga.

Akun sosial media miliknya pun dipenuhi komentar oleh berbagai kalangan masyarakat. Lalu seperti apa puisi yang ditulis oleh Ridwan Kamil tersebut? Berikut selengkapnya.

Ridwan Kamil Unggah Puisi Haru

Untuk mengenang sang anak, Ridwan Kamil menuliskan sebuah puisi di akun sosial medianya. Puisi tersebut menceritakan keikhlasan dari Ridwan Kamil terhadap kepergian putra sulungnya. Sungai Aare pun tak lupa disebut sebagai tempat persemayaman terakhir dari Eril.

“Wahai Sungai Aare, Sebagai sesama mahluk Allah SWT, aku titipkan jasad anak kami kepadamu. Sudah kukumandangkan adzan terbaikku di tepi batasmu.. Bahagiakan dia dalam keindahanmu. Selimuti dia dalam kehangatanmu. Lindungi dia dalam kemegahanmu. Sucikan dia dalam kejernihanmu.” tulisnya di akun IG @ridwankamil pada Sabtu, 4 Juni 2022

Ia juga menuliskan doa kepada Eril agar kelak ditempatkan di tempat terindah.

“Jadikan doa-doa kami menjadi cahaya penerang jasad syahidnya di dasarmu. Engkau sudah ditakdirkan sebagai tempat terindah dan terbaik baginya untuk bertemu dengan pemilik dan pelindung sejatinya, Allah SWT. Berjanjilah padaku, wahai Sungai Aare” ujar Ridwan Kamil di akun @ridwankamil pada Sabtu, 4 Juni 2022.

Unggahan tersebut langsung banjir komentar semangat dan ucapan belasungkawa, yang berharap Gubernur Jawa Barat tersebut mampu melewati masa-masa berat. Nama Eril juga menjadi trending topik di Twitter setelah postingannya.

Baca Juga : 7 Potret Pilu Ridwan Kamil Melepas Kepergian Eril di Sungai Aaree

Sang Ibu Juga Tulis Pesan Perpisahan

 

Tak hanya Ridwan Kamil, sebelumnya sang Istri, Atalia Praratya juga mengunggah pesan haru yang sama. Dalam pesan tersebut, Atalia mengungkapkan pesan perpisahan kepada Eril karena harus kembali ke Indonesia menemani sang suami yang cutinya telah habis pada Jumat 3 Juni 2022.

Ril… mamah pulang dulu ke Indonesia, ya, Mamah titipkan kamu dalam penjagaan dan perlindungan terbaik dari pemilikmu yang sebenarnya, Allah swt, dimana pun kamu berada… Insya Allah kamu tidak akan kedinginan, kelaparan atau kekurangan apapun,” ucap Atalia di akun Instagramnya @ataliapr pada Kamis, 2 Juni 2022.

“Disini, di sungai Aare yang luar biasa indah dan cantik ini, mamah lepaskan kamu, untuk kita bertemu lagi cepat atau lambat. Seperti yang pak walikota sampaikan, “The city of Bern will forever be deeply connected to us…” Doa terbaik mamah dalam setiap helaan nafas,” lanjutnya di akun @ataliapr pada Kamis 2 Juni 2022.

Keluarga Ridwan Kamil sendiri telah tiba di Indonesia pada Jumat, 3 Juni 2022 lalu, dan kini meminta sedikit waktu untuk menenangkan diri terlebih dahulu sebelum dapat bertemu banyak orang.

Eril Dinyatakan Meninggal Dunia

Pada Jumat, 3 Juni 2022, Keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah menyatakan bahwa Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril yang hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss telah dinyatakan meninggal dunia. Shalat ghaib untuk mendoakan almarhum juga telah dilaksanakan oleh pihak keluarga.

KBRI di Swiss juga telah menyampaikan bahwa pihak otoritas setempat sudah mengubah status pencarian Eril, dari status pencarian orang hilang (missing person) menjadi status orang telah tenggelam (drowned person). Perubahan status ini mengisyaratkan bahwa Eril sudah dinyatakan meninggal dunia.

Setibanya di Bandung, keluarga Ridwan Kamil meminta privasi untuk menghabiskan waktu bersama keluarga terlebih dahulu.

Baca Juga : MUI Jabar Sebut Ridwan Kamil Yakini Eril Meninggal karena Tenggelam